Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image adi kriyo widodo

Puasa Ramadhan Penuh Berkah

Agama | Wednesday, 06 Apr 2022, 09:58 WIB
Bulan Puasa merupakan bulan yang banyak dinantikan oleh umat muslim, khususnya di Negara kita. Banyak para umat muslim memaknai bulan Puasa Ramadhan sebagai bulan yang banyak berkahnya. Hal ini bisa kita rasakan dan temui pada saat sore hari sebelum berbuka puasa. Pada saat itu banyak para penjual takjil, makanan, dan es yang menjual daganganya di sepanjang pinggir jalan. Dagangan tersebut ternyata laris di kunjungi dan di beli oleh banyak orang. Banyaknya dagangan makanan dan minuman yang laris menunjukan perputaran dari segi ekonomi itu berjalan. Hal ini juga mengakibatkan pemasukan para pedagang makanan dan minuman tersebut semakin meningkat.

Orang-orang ketika pulang kerja sore banyak membeli makanan dan di bungkus ke rumah. Hal ini dikarenakan mereka ketika pulang sore banyak yang tidak sempat untuk memasak makanan untuk berbuka. Waktu mereka sudah habis di jalan dan untuk bekerja dari pagi sampai sore. Mereka memilih jalan praktis dengan membeli makanan yang sudah siap saji, sehingga banyak penjual makanan yang laris dibeli daganganya. Selain orang-orang yang pulang kerja, orang-orang juga memiliki kebiasaan jajan dan ngabuburi pada jam tersebut yang mengakibatkan dagangan laku dan laris.

Berkah Ramadhan tidak hanya dirasakan pada penjual makanan dan takjil saja, akan tetapi orang-orang yang berlomba dalam mendapatkan kebaikan, salah satunya adalah berbagi makanan dan takjil. Orang-orang tersebut tidak hanya membagikan makanan dan takjil kepada orang-orang yang kurang mampu, tetapi mereka juga membagikan ke masjid, mushola dan bahkan sampai di pinggir jalan. Kegiatan inilah yang membangun rasa saling meghargai, menolong, dan mampu mencegah kemiskinan di negara kita.

Kita juga bisa merasakan berkah Ramadhan dengan berbuka puasa bersama teman, kerabat, dan sanak saudara. Walaupun ada aturan ketika berbuka puasa bersama tidak boleh berbicara, dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Mereka berbuka puasa bersama terlihat sangat bahagia dan menikmati makanan yang mereka santap. Hal ini dikarenakan mereka dapat melepas rindu sekian lamanya karena jarang bertemu. Mereka juga beranggapan bahwa dengan berbuka puasa bersama-sama dapat meningkatkan tali silahturahmi, persahabatan dan persaudaraan serta meningkatkan imun tubuh.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image