Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Endar Julian

Anti Ribet, Begini Cara Membuat Sushi Roll yang Nikmat dan Istimewa!

Kuliner | Tuesday, 05 Apr 2022, 13:15 WIB
Sumber gambar: pexels.com/Mart-Production - Diedit oleh Endar Julian

Cara membuat sushi roll tidak jarang masih dianggap rumit dan membutuhkan banyak bahan. Padahal, Anda dapat membuatnya dengan praktis dan murah dengan topping yang beragam. Mau tahu bagaimana tahapan pembuatan sushi roll yang benar supaya tidak menghabiskan banyak biaya? Berikut adalah informasi lengkapnya.

Cara Membuat Sushi Roll Isi Jamur dan Sayur

Sekarang, Anda tidak perlu lagi keluar rumah untuk mencicipi sushi yang spesial. Hanya dari rumah dan menggunakan peralatan yang benar, Anda dapat membuat sushi yang tidak kalah enak. Ikuti langkah-langkah menurut beberapa poin berikut ini.

- Siapkan talenan di atas meja, kemudian potong-potong satu buah timun dan wortel secara memanjang. Pastikan ukurannya seragam agar nantinya lebih mudah digulung dan dinikmati. Potong juga jamur sampai ukurannya menjadi kecil-kecil dan rebus bersama wortel maupun timun.

- Panaskan minyak pada wajan untuk membuat telur dadar. Kalau sudah matang, segera angkat dan tiriskan.

- Cuci 350 gram beras dan 50 gram beras ketan sampai bersih. Masukkan ke dalam rice cooker yang diikuti dengan air secukupnya. Setelah itu, masak selama kurang lebih 20 menit dan tiriskan untuk didiamkan sampai agak dingin.

- Tuang masing-masing 1 sendok teh garam, cuka, dan gula ke dalam mangkuk untuk diaduk sampai rata. Masukkan bahan campurannya ke dalam nasi dan aduk sampai nasinya menempel.

- Kalau sudah bahan sudah siap, Anda dapat segera mengambil sushi mat dan selembar nori kering. Letakkan nasi di atasnya untuk diratakan dan ambil isinya yang berupa, telur, jamur, wortel, dan juga timun.

- Gulung nasi bersama isiannya dengan sushi mat sampai rapi. Guna memadatkan isiannya, jangan lupa untuk menekannya sedikit-sedikit. Anda memotong dan menyajikannya bersama soy sauce.

Cara Membuat Sushi Roll Alpukat dan Crab Stick

Resep yang selanjutnya ini akan menghadirkan rasa yang berbeda dan istimewa karena adanya alpukat. Bagi Anda yang sudah pernah mencobanya, tidak ada salahnya untuk mengkreasikan resep sushi ini dengan crab stick. Begini langkah-langkah pembuatan resep sushi roll alpukat yang mudah.

- Masak 150 gram beras Jepang import dan 200 ml air. Kalau sudah matang, sisihkan dan biarkan terlebih dahulu sampai nasi hangat.

- Campurkan setengah sendok teh garam, satu sendok teh gula pasir, dan setengah sendok makan rice vinegar. Tuangkan pada nasi dan aduk-aduk hingga nasi menjadi lengket. Tutup menggunakan kain lap basah.

- Guna mencetak sushinya, ambil 120 gram nasi dan kepal-kepal. Setelah itu, letakkan di atas selembar nori dan ratakan. Jangan lupa untuk menyisakan 1 cm di ujungnya.

- Tabur bagian tengahnya dengan wijen hitam dan wijen putih. Sebaiknya, gunakan makisu atau anyaman bambu supaya bentuknya rapi.

- Letakkan alpukat, crab stick, dan ketimun yang sudah dipotong memanjang. Gulung dan juga padatkan. Potong-potong dan Anda dapat menyajikannya dengan kecap asin ataupun bubuk cabe.

Cara Membuat Chicken Futomaki Sushi

Resep yang satu ini tidak boleh ketinggalan dan harus dicoba. Seperti namanya, sushi roll chicken futomaki akan menggunakan chicken stick yang sudah digoreng. Penasaran? Ini resep lengkapnya.

- Campurkan nasi yang sudah matang dengan air acar, kemudian aduk.

- Bagi menjadi tiga bagian dan siapkan alas yang biasa Anda gunakan untuk membuat sushi.

- Letakkan selembar nori dan ambil sebagian nasi untuk diratakan di atasnya. Sisakan sedikit bagian nori agar dapat menempel saat digulung.

- Susun isian berupa potongan timun, wortel, telur, sawi, dan chicken stick yang sudah digoreng. Ratakan dan padatkan kembali agar bentuknya rapi.

- Iris sushi gulung dengan ukuran kurang lebih sekitar 3-4 cm.

- Sushi roll chicken futomaki sudah siap dinikmati dengan soy sauce dan bubuk cabai andalan Anda.

Itulah beberapa cara membuat sushi roll yang mudah dan nikmat. Anda dapat mengkreasikannya dengan berbagai topping, bahkan menggunakan nasi merah sebagai inovasi baru.

Sushi Roll sendiri adalah salah satu jenis menu sushi matang yang tersedia di banyak resto Jepang di Indonesia. Jika anda sedang dalam mode berhemat, namun ingin menikmati sushi. Resep yang saya bagikan di atas dapat menjadi alternatif untuk anda.

Bagaimana? Apakah tertarik untuk mencobanya?

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image