Puasa Ramadhan Penuh Rahmat

Image
adi kriyo widodo
Agama | Tuesday, 05 Apr 2022, 09:32 WIB

Puasa merupakan kegiatan ibadah yang wajib kita lakukan. Hal ini dikarenakan puasa merupakan rukun Islam yang ketiga. Kegiatan puasa tidak hanya menahan lapar dan minum, tetapi kita juga harus mencegah dari perbuatan-perbuatan yang dapat membatalkan puasa. Kegiatan-kegiatan yang dapat membatalkan puasa diantaranya adalah berhubungan suami istri, haid, berjimak, gila, murtad saat puasa, muntah disengaja dan keluar air mani.

Dalam kegiatan berpuasa kita juga diharuskan untuk melakukan rutinitas setiap hari, seperti bekerja, sholat, ngaji atau tadarus, beramal, serta kegiatan positif lainnya. Hal ini dikarenakan ketika kita dalam berpuasa tidak boleh bermalas-malasan sehingga puasa kita mengakibatkan tidak bermanfaat bagi kita. Terdapat hadist yang menguatkan kita untuk kita agar tidak bermalas-malasan yaitu sebagai berikut : "Sesungguhnya aku mengharamkan diriku untuk menyia-nyiakan waktu dari umurku, hingga apabila lisanku tidak difungsikan untuk diskusi, dan pandanganku untuk menelaah, akupun menggunakan akalku ketika istirahat sedangkan aku sedang berbaring, maka tidaklah aku bangkit melainkan sesuatu yang telah aku rencanakan akan muncul dalam pikiran. Dan mendapati diriku lebih rakus terhadap ilmu ketika usiaku 80 dibanding ketika 20 tahun. (Imam al-Harits al-Muhasibi, Risalah al-Murtarsyidin, Dar el-Salam, Halaman 144)

Jika kita melaksanakan puasa dengan baik, maka banyak sekali berkah dan rahmat yang kita dapatkan. Beberapa rahmat yang bisa kita dapatkan adalah tubuh kita semakin sehat, pikiran kita menjadi puasa, kita akan terjauhkan dari kegiatan-kegiatan maksiat dan sekaligus kita mampu menjaga tutur kata kita dan emosional kita. Selain itu berpuasa juga memberikan kita semangat untuk terus berkarya dan melatih kita untuk selalu ingat kepada Allah atas rahmat dan karuniannya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Puasa Ramadhan Penuh Rahmat

Puasa Ramadhan Penuh Berkah

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Komitmen Kemudahan Pelayanan, Imigrasi Semarang Tanda Tangani Nota Kesepahaman MPP Kota Semarang

Image

Kemenkumham Jateng Sosialisasikan RKUHP melalui Siaran Televisi

Image

Kuliah Tamu Pendidikan Fisika Unismuh Bahas Pentingnya Keterampilan Abad 21

Image

Kunjungi UMS, SMK Muhammadiyah 01 Keling Tambah Wawasan Tentang Kampus

Image

Tips Jitu Dapatkan Hasil Maksimal Perawatan Wajah dari Vitamin C

Image

Perlindungan Sosial Masih Menjadi Strategi Pemerintah Dorong Ketahanan Sosial

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image