Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image adi kriyo widodo

Puasa Ramadhan Penuh Rahmat

Agama | Tuesday, 05 Apr 2022, 09:32 WIB

Puasa merupakan kegiatan ibadah yang wajib kita lakukan. Hal ini dikarenakan puasa merupakan rukun Islam yang ketiga. Kegiatan puasa tidak hanya menahan lapar dan minum, tetapi kita juga harus mencegah dari perbuatan-perbuatan yang dapat membatalkan puasa. Kegiatan-kegiatan yang dapat membatalkan puasa diantaranya adalah berhubungan suami istri, haid, berjimak, gila, murtad saat puasa, muntah disengaja dan keluar air mani.

Dalam kegiatan berpuasa kita juga diharuskan untuk melakukan rutinitas setiap hari, seperti bekerja, sholat, ngaji atau tadarus, beramal, serta kegiatan positif lainnya. Hal ini dikarenakan ketika kita dalam berpuasa tidak boleh bermalas-malasan sehingga puasa kita mengakibatkan tidak bermanfaat bagi kita. Terdapat hadist yang menguatkan kita untuk kita agar tidak bermalas-malasan yaitu sebagai berikut : "Sesungguhnya aku mengharamkan diriku untuk menyia-nyiakan waktu dari umurku, hingga apabila lisanku tidak difungsikan untuk diskusi, dan pandanganku untuk menelaah, akupun menggunakan akalku ketika istirahat sedangkan aku sedang berbaring, maka tidaklah aku bangkit melainkan sesuatu yang telah aku rencanakan akan muncul dalam pikiran. Dan mendapati diriku lebih rakus terhadap ilmu ketika usiaku 80 dibanding ketika 20 tahun. (Imam al-Harits al-Muhasibi, Risalah al-Murtarsyidin, Dar el-Salam, Halaman 144)

Jika kita melaksanakan puasa dengan baik, maka banyak sekali berkah dan rahmat yang kita dapatkan. Beberapa rahmat yang bisa kita dapatkan adalah tubuh kita semakin sehat, pikiran kita menjadi puasa, kita akan terjauhkan dari kegiatan-kegiatan maksiat dan sekaligus kita mampu menjaga tutur kata kita dan emosional kita. Selain itu berpuasa juga memberikan kita semangat untuk terus berkarya dan melatih kita untuk selalu ingat kepada Allah atas rahmat dan karuniannya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image