Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nando Rifky

Tips Fresh Graduate Untuk Menghadapi Interview Kerja

Olahraga | Tuesday, 05 Apr 2022, 04:20 WIB

Interview bisa menjadi proses yang menakutkan, terutama bagi fresh graduate atau lulusan baru. Bahkan kesalahan terkecil pun bisa mengakhiri peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan entry-level impian Anda.

Namun, dengan sedikit bimbingan, lulusan baru dapat memberikan diri mereka kesempatan sebanyak mungkin untuk memenuhi wawancara mereka sebagai profesional berpengalaman.

Melansir Jooble, berikut adalah lima tips interview kerja terbaik untuk lulusan baru yang bisa Anda terapkan.

1. Berpenampilan Menarik

Cara Anda berpenampilan memiliki peran besar dalam membuat kesan pertama saat wawancara kerja.

Berbagai studi menunjukkan berkali-kali bahwa mencari peran memiliki dampak signifikan pada keberhasilan orang yang diwawancarai. Mayoritas (76,4%) profesional percaya bahwa penampilan fisik kandidat memengaruhi keputusan perekrutan.

2. Datang Tepat Waktu

Ketepatan waktu merupakan salah satu cara untuk menunjukkan bahwa Anda serius dalam mendapatkan pekerjaan. Dengan pemikiran ini, sangat penting untuk memastikan bahwa Anda mencapai tujuan wawancara Anda tepat waktu.

Pilih alat transportasi tercepat yang Anda inginkan, terutama jika perjalanan Anda kemungkinan akan memakan waktu lebih dari 30 menit. Idealnya, Anda harus memiliki gagasan yang baik tentang lokasi wawancara sebelum Anda berangkat.

3. Lakukan Riset

Anda perlu meluangkan banyak waktu untuk meneliti calon atasan Anda. Kunjungi situs web perusahaan atau cukup periksa profil perusahaan di situs pekerjaan terkemuka. Setiap detail penting, jadi pastikan Anda membaca semua yang dapat membantu Anda menjawab pertanyaan pewawancara secara lebih komprehensif.

Misalnya, jika Anda melamar posisi marketing di pakaian kontruksi, Anda harus tahu tentang proyek atau layanan unggulan perusahaan. Tinjauan singkat tentang pesaing perusahaan mungkin juga memberi Anda keunggulan atas kandidat lain. Atau, jika mewawancarai posisi sumber daya manusia, teliti undang-undang tenaga kerja pasar lokal, dan bacalah tentang isu-isu pelatihan dan pengembangan.

4. Singkirkan Ponsel Anda

Merupakan kecenderungan alami untuk mengeluarkan ponsel setiap kali Anda harus menunggu.

Namun, jika Anda menunggu di area resepsionis perusahaan, jangan sesekali menggunakan ponsel Anda. Sebaiknya, luangkan waktu untuk melihat CV Anda dan pikirkan apa yang ingin Anda sampaikan selama interview. Dengan cara ini, ketika pewawancara muncul, Anda tidak akan lengah.

5. Buatlah Tentang Mereka, Bukan Anda

Seringkali, calon pekerja berbicara banyak tentang diri mereka sendiri tanpa pernah menyebutkan bagaimana mereka dapat menambah nilai bagi perusahaan tempat mereka diwawancarai.

Cobalah untuk mengurangi penggunaan kata 'saya' selama interview kerja Anda, dan lebih fokus pada 'Anda'. Ajukan pertanyaan cerdas untuk melibatkan pewawancara Anda, dan tunjukkan kepada mereka bagaimana Anda bisa menjadi anggota dan aset yang berharga bagi perusahaan mereka.

Sumber: Jooble

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image