Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dewi Kurniawati Sumarni

Cara Memasukkan Soal Pilihan Ganda (Multiple Choice) ke Testmoz

Guru Menulis | Monday, 04 Apr 2022, 00:11 WIB

(Bagian 2 artikel “Tes Online Menarik Dengan Testmoz)

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika akan membuat atau memasukkan soal adalah masuk ke website https://testmoz.com/build. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Tulis nama tes dan password, lalu klik create test. Lihat gambar berikut.

testmoz.com

2. Setelah itu akan muncul dashboard admin seperti gambar berikut.

testmoz.com

3. Sebelum membuat atau memasukkan soal, sebaiknya di-setting terlebih dahulu. Oleh karena itu, pilih fitur settings.

4. Setelah selesai settings, lanjut ke fitur pertanyaan. Sebaiknya guru sudah menyiapkan pertanyaan yang akan dijadikan tes daring. Jika langsung membuat pertanyaan saat online, khawatir terkendala jaringan. Pada fitur pertanyaan ini ada beragam bentuk soal seperti gambar berikut.

testmoz.com

Multiple Choice untuk soal berbentuk pilihan ganda. Biasanya opsi (pilihan jawaban) tiap jenjang berbeda. Untuk SD 3 opsi, SMP 4 opsi, dan SMA/SMK 5 opsi.

Jika ingin menambahkan opsi, klik another choice. Kemudian, bila ingin mengurangi opsi, klik kotak di sebelah kanan opsi, lalu pilih gambar tong sampah. Jika ingin memberikan poin, tulis di sebelah kanan pertanyaan. Jika ingin menghapus soal, klik titik tiga pada kotak merah.

Jika pertanyaan sudah dibuat atau dimasukkan, jangan lupa memberikan kunci jawaban dengan memilih opsi jawaban yang benar dan di-save. Add explanation digunakan untuk pembahasan soal. Perhatikan gambar berikut!

testmoz.com

(Bersambung)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image