Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image ai novianti

Manusia Adalah Ciptaan Terbaik Allah SWT

Agama | Sunday, 03 Apr 2022, 12:17 WIB

Allah Taala berfirman dalam Al- Quran ( Al- Quran 95: 4) : yang artinya

" Kami sudah menciptakan manusia dalam bentuknterbaik."

Allah sudah menciptakan manusia yang sangat indah dari seluruh ciptaan- Nya. Ibn Arab: menegaskan kalau tidak terdapat makhluk Allah yang lebih indah dari manusia, sebab Allah, tidak hanya memberinya kehidupan, ia memberinya pengetahuan, kekuatan, perkataan, rungu, penglihatan, perencanaan, serta kebijaksanaan...

Cerita Indah tentang Kecantikan Manusia

Imam Qurtubi, pada peluang ini, mengutip cerita Isa Ibn Musa Hashimi. Ia merupakan seseorang perwira besar di istana Khalifah Abu Jafar Mansur. Petugas itu sangat menyayangi istrinya. Sesuatu kala ia lagi duduk dengan istrinya di malam yang diterangi sinar bulan serta seketika berteriak:

Kalian berpisah 3 kali bila kalian tidak lebih menawan dari bulan.

Lekas sehabis si istri mendengar perihal ini, ia berangkat mengasingkan diri serta bertudung, dengan alibi kalau si suami sudah mengumumkan 3 talak secara tegas atas dirinya. Itu dikatakan dalam candaan. Hendak namun, hukum talak tegas merupakan berlaku efisien baik diucapkan dengan bercanda ataupun sungguh- sungguh.

Isa Ibn Musa menghabiskan malam itu dengan risau serta pilu. Keesokan paginya, ia mendatangi Khalifah Abu Jafar Mansur serta menggambarkan kepadanya segala cerita. Khalifah Abu Jafar Mansur mengundang seluruh pakar hukum( Fuqaha) kota itu serta mengajukan permasalahan tersebut ke hadapan mereka. Seluruh pakar hukum setuju kalau perceraian sudah jadi efisien, sebab tidak terdapat manusia yang lebih indah dari bulan.

Tetapi terdapat seseorang ulama, murid Imam Abu Hanifah, yang bungkam. Mansur bertanya kepadanya:" Kenapa kalian begitu diam?" Ia membaca Bismillah hingga akhir serta setelah itu membaca Surah Tin(وَالتِّينِالزَّيْتُونِ) serta menarangkan:

" Wahai penguasa orang- orang beriman( Ameerul Mumeneen)! Allah berfirman kalau Ia sudah menghasilkan manusia dalam komposisi terbaik ataupun dalam wujud terbaik. Tidak terdapat yang lebih indah dari manusia." Sehabis mendengar ini, seluruh ulama serta pakar hukum bimbang. Tidak satu juga dari mereka yang menentangnya. Mansur memerintahkan supaya perceraian itu tidak efisien( ia tidak berpisah sebab manusia lebih menawan dari bulan). sebagaimana dijelaskan di indek-news juga seputaran hal itu.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image