Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image taufik sentana

Ramadan Bulan Keluarga

Eduaksi | Saturday, 02 Apr 2022, 17:57 WIB
Dok. Pixabay

Ramadan Bulan Keluarga

=====

Banyak sebutan untuk bulan ramadan. selain bulan tarbiyah, maghfirah dan bulan Alquran. Ramadan juga dianggap bulan keluarga.

Ya, bulan yang di dalamnya hati setiap anggota keluarga tertaut, mengarah ke yang Maha Esa, hal itu karena khususnya puasa membawa pada suasana ketaatan.

Ketaatan itulah yang menautkan hati setiap anggota keluarga, dan membakar semua keburukan jiwa: seperti dengki, hasad, dusta dan amarah.

Maka dianjurkan untuk saling memaafkan sebelum ramadan tiba, agar setiap kita dapat memaksimalkan rangkaian ibadah di dalamnya.

Selain karena unsur ketaatan dalam puasa, sisi kebersamaan yang tumbuh dalam ramadan juga penting untuk menguatkan antaranggota keluarga.

Setiap anggota mesti merasakan suasana keakraban ini. membandingkannya dengan keluarga lain yang tak sempat bersama, oleh jarak, atau karena konflik, seperti Palestina dan wilayah lainnya.

Sungguh, betapa besar nikmat kebersamaan ini. apa lagi kebersamaan yang dilandasi oleh iman dan ketaatan. sehingga kita bisa berharap, seperti dalam potongan surar Ar Ra'du, bahwa kita akan dikumpulkan dengan seluruh keluarga kita yang salih, yang terdahulu atau yang datang kemudian.

Di antara yang paling minimal untuk membangun kebersamaan ini adalah dengan saling berkumpul/berhalaqah dalam tilwah quran, tadarus, qiyam lail dan saling mendoakan. Bukan hanya bersama dalam bersahur dan berbuka, atau berlebaran saja.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image