Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image lbi

Cara Mengatasi Stres dan Cemas Berlebihan

Gaya Hidup | Friday, 01 Apr 2022, 16:14 WIB

Meskipun stres dan cemas berlebihan sudah umum dialami masyarakat sehari-hari, kenyataannya itu adalah kondisi nyata yang jika tidak ditangani dapat menyebabkan masalah yang lebih serius. Tak semua orang tahu cara mengatasi stres dan cemas berlebihan dengan benar.

Mengenal Stres dan Cemas Berlebihan

Stres adalah respon yang diaktifkan tubuh ketika harus menghadapi situasi yang sulit. Mekanisme ini, yang memungkinkan nenek moyang kita untuk bertahan hidup, misalnya, serangan hewan, memungkinkan kita untuk memiliki energi tambahan dan oleh karena itu dapat meningkatkan kinerja dalam jangka waktu tertentu.

Oleh karena itu kita dapat mengatakan bahwa stres adalah reaksi kimia organisme yang menginduksi reaksi fisik, dengan tujuan mengatasi hambatan sesaat. Ketika kita sedang stres, misalnya karena kecemasan kinerja dalam menyelesaikan proyek kerja, jantung menjadi lebih cepat, tekanan darah meningkat seperti halnya pernapasan dan kita mulai berkeringat.

Jenis stres ini sebenarnya baik. Jika Anda harus memberikan presentasi bisnis dan berbicara di depan umum dan tangan Anda mulai berkeringat, itu normal. Tubuh, yang mengalami tekanan emosional, mendesak tubuh untuk meningkatkan tingkat perhatian, untuk berkonsentrasi lebih baik.

Namun, stres tidak sama untuk semua orang dan mungkin berbicara di depan umum, yang bagi sebagian manajer merupakan bagian dari rutinitas sehari-hari, bagi Anda malah merupakan hambatan yang dianggap hampir tidak dapat diatasi. Meskipun stres tidak sama untuk semua orang, namun tidak dapat disangkal bahwa ada peristiwa-peristiwa yang secara objektif membuat stres dan cemas berlebihan. Misalnya: kematian anggota keluarga, kehilangan pekerjaan, masalah keuangan, perceraian, beban kerja dan komitmen yang berlebihan. Ketahui juga narkoba bisa bikin cemas berlebihan

Beban kerja dan komitmen yang berlebihan adalah kondisi yang umum bagi kebanyakan orang saat ini. Kehidupan modern sangat sibuk, diselingi oleh ritme yang mengganggu dan dengan beban tugas yang membuat hari-hari semakin penuh dengan hal-hal yang harus dilakukan (menghadapi beberapa jam yang harus selalu sama. Jam hari kita mengikuti satu sama lain tanpa jeda, antara bekerja, mengurus rumah, sekolah dan komitmen ekstra-sekolah dari anak-anak, lalu lintas di kota dan antrian di kasir supermarket sebelum bergegas pulang untuk makan malam. Itu adalah kondisi yang berisiko membuat stres kronis dan karena itu berbahaya bagi kesehatan.

Stres yang menjadi kronis dan permanen dalam jangka menengah hingga panjang menjadi berbahaya karena menyebabkan perubahan dalam tubuh, pada tingkat metabolisme, hormonal, pernapasan, juga berdampak negatif pada sistem sirkulasi jantung. Sementara secara psikologis akan menyebabkan beberapa gejala berikut : perasaan tidak mampu melakukan sesuatu, perasaan sedang buruk, kecemasan, kegelisahan, kurang motivasi, sifat lekas marah, kesedihan, serangan panik, dan kekhawatiran terus-menerus.

Cara Mengatasi Stres dan Cemas Berlebihan

Mengelola stres sangat mungkin dilakukan. Anda bisa belajar bagaimana melakukannya dan Anda dapat menjalani kehidupan yang lebih bahagia, lebih sehat, dan jauh lebih baik dalam hubungan sosial dan keluarga. Berikut hal-hal yang harus dilakukan dalam mengatasi stress dan cemas berlebihan :

· Jangan terjebak dalam hal negatif dan putus asa : memang stres dan cemas berlebihan adalah reaksi spontan tetapi tidak disadari. Ini adalah saat di mana Anda harus menghadapi situasi dan berusaha mempertahankan suasana hati yang positif. Ini tidak mudah atau langsung tetapi merupakan langkah paling penting untuk mencegah hal-hal negatif mengambil alih. Penting untuk mencoba meningkatkan momen positif di hari anda, untuk menyeimbangkan dan mengatasi yang negatif. Oleh karena itu penting untuk melakukan sesuatu yang kita sukai, mungkin mendengarkan lagu favorit kita dalam perjalanan pulang atau mendedikasikan satu jam di dapur untuk menyiapkan makan malam yang lezat, jika ini adalah aktivitas yang Anda sukai. Bermain dengan ponsel dan menghabiskan berjam-jam di media sosial tidak kondusif untuk mengatasi stres dan cemas berlebihan. Otak teroksigenasi berkat meditasi, membaca, kreativitas, aktivitas fisik dan tentu saja tidak dengan penggunaan smartphone yang pasif dan kompulsif.

· Kita tidak dapat mengendalikan segalanya : Kewaspadaan yang berlebihan itu menyakitkan. Ada peristiwa-peristiwa yang tidak dapat kita kendalikan. Jika ada peristiwa yang dapat Anda kelola maka wajib untuk mengambil tindakan dengan cara yang paling efisien untuk menyelesaikan masalah atau mengoptimalkan situasi. Namun jika peristiwa terjadi di luar jangkauan kita, tidak masuk akal untuk khawatir mencoba menyelesaikannya.

· Berolahraga : cara menangani stres dan cemas berlebihan yang cukup efektif adalah dengan berolahraga. Aktivitas fisik sangat penting untuk meningkatkan kinerja tubuh dan ini juga membuatnya lebih kuat dalam melawan efek negatif dari stres dan kecemasan. Selain itu, makan makanan sehat dan mengembangkan hobi membantu menjaga diri dan dapat meningkatkan respons positif terhadap peristiwa kehidupan yang penuh tekanan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image