Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Bahar Sungkowo MPd

Anda Guru Masa Kini?: Cek dulu 9 Karakter GMK Anda.

Guru Menulis | Thursday, 31 Mar 2022, 19:46 WIB

Guru Masa kini adalah predikat terhormat dengan segala kelebihan dan ketrampilan yang dimilikinya. Namun apakah anda termasuk guru masa kini?. Penulis yakin yaa. Tapi jangan senang dulu, karena guru masa kini, memiliki 9 karakter yang harus ada dalam pribadi seorang guru masa kini. Apakah kesembilan karakter tersebut? . Penulis akan paparkan berikut ini:

1. Karakter Cepat dalam beradaptasi. Adaptasi adalah menyesuaikan dengan keadaan yang baru. Adaptasi menurut Wallace adaptasi adalah cara makhluk hidup mempertahankan hidupnya dengan menyesuaikan dengan keadaan sekelilingnya. Seorang guru masa kini harus cepat dalam beradaptasi terhadap perubahan jaman. Termasuk beradaptasi dalam perkembangan teknologi dan komunikasi.

2. Karakter bersinergi dan berkolaborasi. Besinergi adalah melakukan kegiatan bersama untuk mencapai tujuan bersama. Sedangkan berkolaborasi adalah proses bekerja sama atau kerja tim dalam mewujudkan target kerja ataupun tujuan besar. Guru bersinergi dan berkolaborasi adalah wajib serta memiliki kebermanfatan yang banyak. Dengan bersinergi dan berkolaborasi, sisi lemah kita dapat ditutup dengan kelebihan rekan kita.

3. Karakter Mampu meneropong masa depan. Karakter ini dinamakan karakter intuitif. Guru masa kini dengan karakter intuitif adalh guru yang dapat melihat tantangan masa depan dan bagaimana caranya untuk dapat menyiapkan untuk eksis dan beradaptasi situasi dan kondisi masa depan. Bagaimana Dinosaurus musnah karena tidak mampu melihat kondisi masa depan dan tidak cepat beradaptasi. Gurupun demikian, jika tidak mampu intuitif dan adaptasi maka guru ini akan tergilas dan hilang dari dunia perguruan. Wallahu alam.

4. Karakter berbagi (sharing). Bukan guru masa kini menyimpan kesuksesan sendiri saja. Guru Masa kini adalah rajin berbagi apa yang dimilikinya, hatta resep rahasia kesuksesannya. Guru lain dengan pedangan makanan yang menyembunyikan resep rahasia agar tidak tersaingi, tapi guru adalah pribadi yang ringan berbagi. Berbagi file, berbagi kesuksesan, berbagi e-book dan lain sebagainya. Karena niatnya adalah amal jariah untuk pahala yang mengalir saat wafat nanti.

5. Karakter Haus ilmu dan pengalaman. Guru masa kini harus haus ilmu dan pengalaman. Guru masa kini tidak guru yang stagnan. Guru masa kini haus ilmu dan menambah ilmu sebanyak-banyaknya untuk peningkatan kompetensi dirinya dalam mengajar.

6. Karakter guru teladan. Guru masa kini adalah pribadi yang bermakna Cermin. Karakternya adalah Cermin bagi guru lainnya, karakternya adalah cermin bagi peserta didiknya. Dengan keteladanan, guru masa kini adalah Agent of Character di lingkungan sekolahnya.

7. Karakter guru melek Internet dan Digital Learning Tecnology. Guru masa kini senjatanya adalah menguasai internet dan digital learning technology. Guru masa kini tidak gaptek dan buta internet. Guru masa kini dapat mengimbangi pengetahuan berkait dengan internet dan teknologi digital dengan peserta didiknya. Justru peserta didiknya segan karena kepandaian gurunya dalam penguasaan digital teknologi.

8. Karakter guru 3I : Inspiratif, Inner Beauty dan Ikhlas. Guru masa kini adalah guru yang inspiratif sehingga menjadi inspirasi terhadap peserta didiknya, inner beauty sehingga peserta didik senang berdekatan dengannya, dan ikhlas mengajar dan mendidik karena Allah SWT. Karakter 3I akan menjadikan guru diidolakan peserta didiknya.

9. Karakter mencintai tugas dan pekerjaannya. Guru masa kini adalah guru yang mencintai pekerjaannya. Karakter profesionalisme ini menjadi karakter penutup dan merangkun semua karakter-karakter sebelumnya. Pribadi profesional akan totalitas, komitemen, integritas dalam menjalankan tugasnya. dijiwanya hanya tiga tujuan pokoknya : 1. Lilahi karena Allah SWT, 2. Mewujudkan tujuan pendidikan, 3. Menjadi guru masa kini. Wallahu alam.

Demikian 9 karakter guru masa kini. Apakah anda memiliki sembilan karakter diatas?. Selamat anda menjadi guru masa kini.

Sukabumi 31 Maret 2022

Bahar Sungkowo SPd MPd

Guru IPS Kewirausahaan SMP Internat AlKausar Kabupaten Sukabumi

Wa 087820994093

#Lombamenulisgurudigital

#Gurumasakini

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image