Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image maalik ikraam madany

Ramadhan saatnya meraup banyak pahala

Agama | Thursday, 31 Mar 2022, 15:26 WIB

Tak terasa tamu istimewa sebentar lagi kan tiba, tinggal menunggu keputusan sidang isbat yang akan berlangsung tak lama lagi. Kedatangannya membawa kegembiraan dan keberkahan bagi seluruh ummat, semua meridukannya, bahkan sang Rasul dan para sahabat dahulu menunggunya sejak jauh-jauh hari mereka berdo`a “Allâhumma bârik lanâ fî rajaba wasya‘bâna waballighnâ ramadlânâ” yang artinya ”Yaa Allah berkahilah kami dibulan Sya`ban dan sampaikanlah kami ke bulan Ramadhan , Nabi Muhammad SAW bersabda” “Seandainya umatku mengetahui keutamaan di bulan Ramadhan, maka sungguh mereka akan berharap setahun penuh Ramadhan.” (HR Ibnu Khuzaimah)”. Dari hadits tersebut dapat kita Tarik kesimpulan bahwa betapa banyak keutamaan dan keistimewaan yang ada pada bulan mulia ini.

Adapun diantara keutamaan-keutamaan yang ada dibulan Ramadhan adalah:

1. Bulan penuh ampunan

Allah SWT membuka pintu ampunan seluas-luasnya kepada hamba-hambaNya yang serius dan sungguh-sungguh dalam melaksanakan puasa Ramadhan, sebagaimana yang Rasulullah sabdakan dalam haditsnya “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Dilipatgandakannya pahala

Dengan kasih sayangNya Allah melipatgandakan pahala dari setiap amal yang kita kerjakan dibulan mulia ini, sebagaimana yang disabdakan oleh nabi Muhammad SAW, “Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.” (HR. Muslim).

3. Malam yang lebih baik dari seribu bulan

Akan ada satu malam diantara sepuluh malam-malam terakhir dibulan Ramadhan yang mana malam tersebut lebih baik daripada seribu bulan, sebagaimana yang Allah firmankan dalam Al-qur`an “ Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan” (QS. Al-qadr:3).

4. Bulan diturunkannya Al-qur`an

Bulan Ramadhan disebut juga syahrul qur`an atau bulan Al-qur`an, karena pada bulan ini Allah SWT menurunkan Al-qur`an sebagai petunjuk bagi manusia, sebagaimana yang Ia firmankan dalam Al-qur`an "Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Alquran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil)". (QS. Al-Baqarah: 185).

Kaum muslimin sekalian ada banyak sekali keutamaan yang Allah berikan dalam bulan Ramadhan, maka seyogyanya kita sebagai orang beriman menyambut bulan ini dengan kebahagiaan dan semangat yang menggebu-gebu. Dan sepatutnya pula lah kita meningkatkan iman dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT dibulan ini. Jangan sampai kita menjadi orang-orang yang malah merugi dan melalui bulan ini dengan tangan hampa. Kita dapat mencontoh Rasulullah, para sahabat dan para ulama yang betul-betul memaksimalkan ibadah mereka dalam bulan Ramadhan ini dan merasa sedih ketika Ramadhan telah berlalu pergi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image