Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hari Purwaka Setyawan

Bergerak Cepat Beradaptasi Menghadapi Digitalisasi Pendidikan di Tengah Segala Keterbatasan

Guru Menulis | Thursday, 31 Mar 2022, 08:30 WIB

Guru merupakan sebuah profesi yang selalu dituntut untuk mengikuti setiap perkembangan zaman. Perubahan yang terjadi di dunia pendidikan menjadikan guru harus selalu meningkatkan kemampuan diri, baik untuk diri sendiri maupun dalam tugas profesi sebagai guru. Di dunia pendidikan, guru merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan maju tidaknya pendidikan suatu negara. Banyaknya guru yang berkualitas akan berbanding lurus dengan kemajuan pendidikan yang akan dicapai.

Kemajuan teknologi yang begitu cepat juga berimbas ke dunia pendidikan. Perkembangan teknologi harus dimanfaatkan dengan baik demi meningkatkan kualitas pendidikan, sehingga diharapkan akan menghasilkan manusia-manusia hebat yang berguna bagi kemajuan bangsa. Demi mewujudkan hal tersebut, dibutukan sosok guru hebat yang siap untuk selalu belajar dan beradaptasi dengan kemajuan dan perkembangan teknologi.

Pemanfaatan teknologi di dunia pendidikan tidak terlepas dari adanya pandemi yang melanda dunia akhir-akhir ini. Keterbatasan ruang gerak yang awalnya menghambat proses belajar mengajar dan interaksi langsung antara guru dengan siswa secara perlahan sudah teratasi dengan munculnya fitur-fitur atau aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk menjalankan kegiatan belajar mengajar. Tidak ada lagi halangan untuk melakukan kegiatan belajar antara guru dan siswa. Perubahan ini tentu saja membutuhkan tekad kuat dan komitmen guru untuk belajar dan beradaptasi dengan kondisi yang ada, bukan hanya mengeluh dengan segala keterbatasan yang ada.

Digitalisasi dunia pendidikan tidak dapat dihindari lagi.. Arus informasi yang begitu cepat berubah dan kemudahan akses informasi membutuhkan kemampuan guru untuk cepat beradaptasi dengan segala perubahan yang ada. Keterabatasan perangkat atau media jangan dijadikan halangan bagi seorang guru untuk terus belajar dan mengembangkan kemampuan diri. Seorang guru harus selalu bergerak untuk mencari informasi-informasi terkini terkait perubahan yang ada di dunia pendidikan, salah satunya dalam bidang teknologi yang bermanfaat bagi pendidikan.

Kemajuan teknologi yang begitu cepat menjadikan kegiatan belajar bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Jika selama ini kegiatan belajar hanya terjadi di dalam kelas dan di waktu-waktu tertentu, sudah saatnya mengalami perubahan. Keterbatasan jarak tidak akan menghalangi terjadinya proses belajar mengajar antara guru dan siswa. Kegiatan belajar tetap dapat dilakukan walaupun guru dan siswa berada di tempat yang berbeda. Guru harus siap menjadi sosok pembimbing bagi siswa dalam segala keterbatasan yang ada demi menyiapkan dan membimbing siswa menjadi tunas masa depan bangsa.

Mewujudkan digitalisasi di dunia pendidikan membutuhkan waktu dan proses panjang. Banyak hal yang harus dipersiapkan, mulai dari sarana dan prasarana yang memadai, serta pelatihan-pelatihan untuk membekali guru dengan keterampilan yang akan bermanfaat dalam menjalankan program digitalisasi di dunia pendidikan. Diharapkan jika semua ini dapat terpenuhi, maka dunia pendidikan tidak ketinggalan zaman dan terus berkembang.

Semangat dan kerja keras guru dalam beradaptasi dengan segala perubahan merupakan faktor penting untuk meningkatkan kemampuan diri supaya tidak ketinggalan informasi dan perkembangan yang ada. Tentu tidak mudah melakukan hal ini dengan segala keterbatasan yang ada. Bagi seorang guru yang berada di daerah perkotaan bukan menjadi penghalang berarti untuk selalu mengikuti perkembangan dan kemajuan yang ada. Beda cerita jika guru tersebut berada di daerah pedesaan atau yang jauh dari kelengkapan sarana dan prasarana. Perjuangan yang harus dilakukan oleh guru juga berbeda tergantung lokasi guru tersebut berada.

Setiap waktu yang tersedia sangat penting bagi seorang guru. Ketika seorang guru ketinggalan satu informasi, tentu akan berakibat tidak sampainya pesan yang seharusnya diterima oleh seorang guru. Jika hal ini terjadi, tentu diperlukan komitmen dan tekad kuat dari seorang guru untuk cepat beradaptasi dengan perkembangan yang ada dengan harapan guru tersebut dapat mengikuti setiap perubahan dan perkembangan yang terjadi dalam dunia pendidikan. Sikap untuk cepat beradaptasi inilah yang harus dimiliki oleh semua guru. Cepat lambatnya guru dalam menyikapi dan beradaptasi dengan kemajuan teknologi akan berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran yang terjadi.

Tugas seorang guru di zaman sekarang tentu saja berbeda dengan guru di masa lalu. Seorang guru di zaman sekarang dituntut tidak hanya pandai mengajar dan menyampaikan ilmu, melainkan guru zaman sekarang harus selalu mengetahui segala perubahan yang ada. Perkembangan yang terjadi di dunia luar harus diketahui juga oleh seorang guru. Keterbatasan yang ada baik dari sisi sarana maupun kemampuan jangan dijadikan penghalang bagi seorang guru untuk maju dan berkembang. Selalu belajar dan mempunyai tekad kuat untuk cepat beradaptasi akan menjadikan seorang guru mampu menghadapi setiap perubahan dan kemajuan teknologi di dunia pendidikan dengan segala kekurangan dan keterbatasan yang ada.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image