Putri Thailand Promosikan Budaya Indonesia

Image
Fergi Nadira Bachruddin
Info Terkini | Wednesday, 30 Mar 2022, 06:12 WIB
KBRI Bangkok

BANGKOK - Putri Thailand, Yang Mulia Putri Maha Chakri Sirindhorn mempomosikan budaya Indonesia di Thailand dalam memimpin langsung tarian pada puncak peringatan Dies Natalis Universitas Chulalongkorn. Peringatkan ke-105 itu menampilkan pagelaran khusus konser besar musik klasik the Pipaht Duekdamban pada Sabtu pekan lalu di Auditorium Universitas Chulangkorn, Bangkok.

Konser musik tradisional Thailand ini mengadaptasi genre musik Indonesia khususnya gamelan Jawa dan angklung. Pagelaran yang memakan waktu hampir dua jam tersebut, seluruhnya bercerita tentang Indonesia, khususnya kenangan Sang Putri Maha Chakri Sirindhron pada saat melakukan beberapa kali perjalanan ke tanah Pulau Jawa.

Dalam rilis pers KBRI Bangkok, Senin (28/3) mencatat, bahwa alur pagelaran musik menggambarkan tentang pengalaman dan catatan pribadi Putri Maha Chakri Sirindhorn mengenai keindahan alam Pulau Jawa seperti gunung berapi, sawah yang membentang, sungai Bengawan Solo, sejarah manusia purba, keagungan Buddha Jataka, pada Candi Borobudur dongeng Roro Jonggrang dan Tangkuban Perahu, seni wayang kulit, alat musik gamelan hingga bunga melati, burung perkutut dan makanan tradisional Indonesia.

KBRI Bangkok

Secara khusus, Duta Besar dan pengunjung lainnya datang menghampiri Duta Besar RI untuk menyampaikan selamat dan apresiasi atas kesuksesan pagelaran dimaksud. Kegiatan yang dikelola sepenuhnya oleh pihak Universitas Chulalongkorn seolah menjelma menjadi kegiatan promosi budaya Indonesia yang dilakukan oleh KBRI Bangkok.

"Kegiatan peringatan Dies Natalis Universitas Chulalongkorn yang bertemakan budaya dari luar Thailand baru pertama kali dilakukan dan merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi Indonesia untuk terpilih sebagai proyek pertama," tulis KBRI Bangkok.

Kehormatan ini semakin terasa khusus dan istimewa dengan pagelaran musik yang menampilkan karya puisi dan komposisi musik dari Putri Maha Chakri Sirindhorn tentang Indonesia. Dalam kesempatan ini pula, ia turut menjadi penampil utama dengan memainkan alat musik Ranat (Gambang).

Gamelan yang dimainkan juga memiliki arti khusus karena merupakan gamelan hadiah dari Paku Buwono X kepada Raja Rama VII dalam kunjungannya ke Surakarta pada 1929. Paku Buwono X menghadiahkan satu set gamelan lengkap berlaras pelog dan slendro yang selanjutnya disimpan secara terpisah masing-masing di National Museum Bangkok dan National Theater Bangkok.

KBRI Bangkok

Gamelan yang disimpan di National Theater Bangkok ini mengalami penyesuaian nada ke dalam musik tradisional Thailand dan selama ini digunakan untuk mengiringi pertunjukan budaya tradisional Thailand. Untuk pertama kalinya gamelan berusia hampir satu abad ini dikeluarkan dari National Theater dan memeriahkan pagelaran musik klasik tersebut.

Dalam percakapan dengan Duta Besar RI, Putri Maha Chakri Sirindhorn mengungkapkan kecintaannya yang sangat besar kepada Indonesia. Sang Putri juga menyampaikan keinginannya untuk selalu berkunjung kembali ke Indonesia. Putri Maha Chakri Sirindhorn berharap bahwa kunjungan tersebut dapat dilakukan segera setelah pandemi usai.

KBRI Bangkok
Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

be here now

Doa Bapak Ibu

Lebih Dekat dari Urat Leher

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Senyum Hangat sambut Kalapas Polewali, Bupati Polman akan Hadir Berikan Remisi 17 Agustus

Image

DPRK Gelar Paripurna Laporan Penyampaian Reses II Masa Persidangan III Tahun 2022

Image

Kembangkan Instrumen yang Tepat di Setiap Lembaga, LPM Uhamka Laksanakan RTM

Image

MAJU! Bahas IKN, HI UMKT Gelar Seminar Moving Capital Geopolitics of Indonesia

Image

KKN Tematik UPI 2022 : Sosialisasi Parenting dalam Membingkai Ulang Pola Asuh Anak Di Desa Dayeuhkol

Image

Grup Astern Music Hibur Warga Ceme

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image