Indonesia Ajak Pebisnis Giat Ekspor Produk Halal ke Kanada

Image
Fergi Nadira Bachruddin
Bisnis | Wednesday, 18 May 2022, 17:37 WIB
Sr: KJRI Toronto

OTTAWA - Paviliun Indonesia mengisi kegiatan Halal Expo Canada 2022 di Mississauga, Kanada belum lama ini. Dalam sambutan pada pembukaannya, Duta Besar RI untuk Kanada, Daniel Tumpal Simanjuntak mengajak pelaku usaha Indonesia untuk terus menggiatkan ekspor produk halal Indonesia ke Kanada.

Dubes Daniel menjelaskan bahwa Kanada dikenal sebagai negara yang multikultur dan terbuka terhadap imigran, termasuk di antaranya imigran yang beragama Islam. Ia mencatat saat ini, Kanada memiliki populasi Muslim sebesar 1,3 juta jiwa.

"Indonesia memiliki peluang yang besar mengingat pasar produk halal Kanada mencapai 1 miliar dolar AS dan nilai industri halal Indonesia mencapai USD 6 miliar," ujar Dubes Daniel Tumpal dalam keterangan pers KJRI Toronto, Selasa (17/5/2022).

Partisipasi Indonesia pada Halal Expo Canada 2022 ini merupakan yang pertama kalinya selama pandemi. Indonesia menampilkan berbagai produk kopi, teh, mie instan kering, beras porang, serta berbagai penganan (dry food).

Statistics Canada mencatat bahwa ekspor Indonesia ke Kanada meningkat 31,8 persen pada 2021 atau mencapai 1,57 miliar dolar AS dibandingkan tahun sebelumnya dengan nilai 1,2 miliar dolar AS. Di tahun yang sama, perdagangan kedua negara juga mengalami peningkatan sebesar 32,94 persen.

Sementara itu, pada segmen produk halal, belum banyak produk halal Indonesia yang menembus pasar Kanada. Dengan market size sebesar 1 miliar dolar AS, Indonesia perlu menggiatkan ekspor produk halal untuk memanfaatkan potensi pasar produk halal di Kanada.

Selain Indonesia, Halal Expo Canada 2022 diikuti oleh sekitar 70 exhibitor dari sejumlah negara seperti Malaysia, Turki, Bosnia Herzegovina, Amerika Serikat (AS), Pakistan dan lain-lain. Menurut Direktur Pameran Halal Expo Canada 2022, Naseer Deeb salah satu tujuan pameran tersebut adalah untuk memberikan pengetahuan kepada pengunjung maupun masyarakat Kanada mengenai gaya hidup halal dan hidup dengan halal di Kanada, sekaligus mempromosikan produk halal dari berbagai negara.

Sr: KJRI Toronto
Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

be here now

Doa Bapak Ibu

Lebih Dekat dari Urat Leher

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Kepercayaan Inggris Terhadap Indonesia, Bukti Pemerintah Kita Mampu Menjaga Hubungan

Image

Lapas Perempuan Palembang Ikuti Rapat Persiapan Peringatan Hari Dharma Karya Dhika Ke - 77 Secara Hy

Image

5 Strategi Mahasiswa Kupu-Kupu saat Membuat CV agar Dilirik HRD

Image

Surat Terbuka Kepada Walkot Bekasi agar menutup Holywings di Wilayah Bekasi

Image

Lapas Empat Lawang Kemenkumham Sumsel Ikuti Kegiatan Touring Riding Sumatera Selatan

Image

Kenapa Harus Investasi Property di Bali?

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image