Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image taufik sentana

Ramadan Karim yang Dirindu

Eduaksi | Monday, 28 Mar 2022, 15:38 WIB
Ilustrasi. Pixabay

Ramadan Karim

====

Sesungguhnya dalam Alquran telah difirmankan bahwa ada 12 bulan dalam hitungan Allah, 4 diantaranya bulan mulia. Namun di situ tidak termaktub khusus nama bulannya.

Adapun kata " Ramadan" disebut khusus dalam Alquran dengan beberapa sebutan. Ini menjadi indikasi bahwa Ramadan memang spesial. Ramadan Karim. Ramadan yang penuh kemuliaan.

Banyak pula sebutan lain untuk bulan ramadan. "Bulan Suci,", adalah salah satunya. Karena puasa yang diwajibkan di dalamnya menjadi jalan ketaatan tertinggi untuk mencapai kesucian lahir dan batin.

Pun, ibadah puasa tidak hanya sebatas menahan lapar dan dahaga, (ketentuan lainnya) namun juga menjaga dari segala hal yang membatalkan pahalanya, seperti dusta dan mengadu domba.

Di bulan ini, ekosistem lingkungan sosial juga relatif mendukung dalam hal ketaatan yang dimaksud. sehingga memungkin setiap muslim untuk lebih khusuk beribadah dan memaksimalkan jalan ketaatannya.

Secara spesifik, selain karena puasa, suci dan mulianya bulan ramadan dikarenakan Alquran diturunkan ke Baitul izzah pada bulan ini.

Lalu Alquran diwahyukan pertama kali di bulan ramadan juga. Maka ramadan sering disebut sebagai bulan Alquran. Bulan yang selalu dirindu, insya Allah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image