Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ide Kado

Ide Kado: Membeli Kado untuk Orang Tersayang

Gaya Hidup | Monday, 28 Mar 2022, 14:11 WIB

Sebelum memberikan hadiah kepada orang tersayang, baik itu untuk merayakan tanggal spesial ataupun sekadar ingin memberi kejutan, pastikan untuk mencari tahu lebih dulu ide kado apa yang bisa membuat orang tersayang Anda berjingkrak kegirangan.

Jika Anda sudah mantap dengan inspirasi kado yang akan diberikan, langkah selanjutnya adalah menentukan di mana akan mendapatkan barang tersebut.

Ada beberapa tempat yang bisa Anda cek. Masing-masing dari tempat itu bisa saja berbeda cara membelinya.

Mencari Ide Kado Secara Online

Hari ini, banyak toko online yang bisa Anda pilih untuk mendapatkan kado sempurna bagi orang kesayangan Anda.

Bagi sebagian orang, toko online memang lebih disukai. Tidak perlu keluar rumah, Anda bisa melakukannya cuma dari ponsel atau komputer. Toko online juga seringkali menawarkan promo dan diskon yang lumayan membantu dompet Anda bernapas lebih lega.

Kekurangannya, Anda tidak bisa melihat barangnya secara langsung. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan biaya tambahan untuk pengiriman, meski terkadang hal ini bisa diatasi dengan diskon. Proses pengiriman pun biasanya memakan waktu yang cukup lama.

Jika Anda merasa toko online adalah pilihan tepat, yuk simak cara-cara membeli kado dari berbagai jenis toko online di bawah ini.

Cara Mencari Inspirasi Kado Dari Situs Resmi Toko Online

Thiqla." />
Contoh kado yang bisa dibeli di situs resmi Thiqla.

Hari ini memang banyak toko online yang mulai memiliki website resminya sendiri. Biasanya, website tersebut berisi katalog dan informasi lain yang Anda butuhkan untuk mengetahui produk yang dijual secara lebih rinci.

Cara membeli kado dari situs resmi tidak kalah mudah dari marketplace maupun media sosial. Anda bisa mencarinya lewat Google ataupun memasukkan alamatnya langsung di peramban.

Setelah halaman situsnya terbuka, Anda bisa meng-klik tombol yang disediakan untuk terhubung langusng dengan Customer Service mereka.

Cara Mencari Inspirasi Hadiah Dari Marketplace

Sebagian orang mungkin sudah familiar dengan istilah marketplace. Tempat ini bisa diibaratkan seperti mal, hanya saja lokasinya di internet. Untuk mengunjunginya, Anda bisa menginstal aplikasi marketplace tersebut atau langsung membuka situsnya dari peramban ponsel Anda.

Ada banyak marketplace yang bisa Anda buka. Masing-masing lebih lengkap dari yang lain tergantung jenis barang yang dicari. Berikut daftar marketplace yang bisa anda kunjungi untuk membeli kado:

1. Shopee, marketplace dengan lebih banyak pilihan fashion. Di marketplace satu ini, Anda bisa memilih berbagai jenis baju dan aksesori untuk dihadiahkan kepada orang tersayang. Klik disini untuk kunjungi Shopee.

2. Lazada, marketplace favorit untuk membeli barang elektronik. Jika Anda mengincar barang elektronik tertentu untuk dijadikan inspirasi kado, Lazada bisa menawarkan pilihan yang lebih lengkap dibanding marketplace lain. Klik disini untuk kunjungi Lazada.

3. Etsy, marketplace yang menawarkan bermacam barang unik. Meski tidak setenar marketplace lain, Etsy punya lebih banyak produk unik seperti gantungan kunci dan karya seni yang sangat cocok dijadikan ide kado.

Meski berbeda-beda, cara membeli dari marketplace pada dasarnya sama. Secara sederhana, langkah-langkahnya adalah seperti ini:

1. Membuka marketplace melalui aplikasi atau situsnya

2. Mendaftar dan membuat akun

3. Mencari barang yang diinginkan melalui kolom pencarian

4. Memasukkan barang tersebut ke keranjang

5. Memilih jasa pengiriman dan mengisi alamat tujuan

6. Melakukan pembayaran

Setelah langkah-langkah itu selesai, Anda hanya perlu duduk manis menunggu barangnya sampai ke rumah Anda.

Cara Mencari Ide Hadiah Lewat Media Sosial

Media sosial ternyata tidak hanya untuk saling terhubung dengan teman saja, lho. Tempat tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk mencari ide kado bagi orang tercinta.

Di media sosial, Anda bisa terhubung langsung dengan para penjual. Berikut media sosial yang bisa Anda jelajahi untuk terhubung dengan mereka:

1. Facebook, tempat mencari barang second yang terjamin kondisinya. Jika Anda berniat membeli barang second berkualitas untuk dijadikan ide hadiah, Anda bisa membuka berbagai forum jual-beli di Facebook untuk menemukannya.

2. Instagram, tempat mudah mencari brand lokal berkualitas. Di media sosial satu ini, Anda bisa dengan mudah menemukanbrand lokal dengan produk orisinal yang tidak kalah dengan brand internasional.

3. Twitter, tempat berkumpulnya penjual jasa akun premium. Inspirasi kado tidak harus berupa barang fisik. Jika ingin sedikit berbeda, Anda bisa membelikan orang kesayangan Anda akun premium seperti Netflix, Spotify, atau Disney+ Hotstar dari para penjual yang ada di Twitter.

Membeli barang untuk dijadikan kado dari media sosial sangat mudah. Anda hanya perlu mengirimkan pesan melalui inbox atau direct message kepada penjualnya langsung.

Mencari Rekomendasi Kado Secara Offline

Meski mencari rekomendasi kado kini lebih mudah dilakukan lewat toko online, masih banyak orang yang lebih memilih mencari referensi kado secara offline.

Alasannya bermacam-macam. Ada yang merasa lebih mantap setelah bisa melihat barangnya langsung. Ada pula yang merasa puas karena barangnya bisa langsung ada di tangan tanpa perlu menunggu proses pengiriman.

Jika Anda termasuk yang lebih senang membeli secara offline, ada beberapa tips yang bisa Anda pakai untuk mendapatkan barang yang akan dijadikan kado.

1. Pastikan untuk mengecek toko tersebut lebih dulu lewat Google. Dengan begitu Anda bisa mengetahui lokasi toko tersebut, apakah buka atau tutup, dan informasi lain yang diperlukan.

2. Hubungi penjualnya, tanyakan ketersediaan barang. Anda bisa menghubungi nomor toko yang Anda dapatkan dari Google untuk menanyakan ketersediaan hadiah yang ingin anda beli. Tentu Anda tidak mau, ‘kan, sudah jauh-jauh ke toko tersebut tapi ternyata stok barangnya kosong.

3. Bandingkan harga dan kualitas barang dengan toko lain. Sebagai pembeli, Anda harus pintar agar bisa mendapatkan barang terbaik dengan harga yang paling tepat. Caranya, Anda bisa menghubungi beberapa penjual sekaligus dan membuat perbandingan.

Kira-kira begitulah beberapa cara dan tips membeli kado yang sempurna untuk diberikan kepada orang tersayang.

Yang jelas, pastikan ide kado yang akan Anda berikan bisa membuat orang tersayang merasa terkesan. Dengan begitu, ikatan yang terjalin antara Anda berdua bisa makin erat dan lebih kuat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image