Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Redaksi Harian

7 Panduan Belajar Investasi untuk Pemula Sampai Mahir

Bisnis | Monday, 28 Mar 2022, 09:02 WIB
Source : Brilio

Tiap orang tentu bermimpi hidup yang terjaga dan sejahtera di periode kedepan. Bagaimana triknya? Satu diantaranya ialah lewat investasi. Tetapi, ada banyak dari kita yang belum mengetahui beberapa dasar belajar investasi dari sejak awalnya, hingga susah untuk mengawalinya.

Pada artikel ini kali, Prospeku akan menolong Anda pahami langkah belajar investasi untuk yang baru memulai dimulai dari 0 sampai menguasainya. Bila tertarik mengawali investasi, baca pembahasan berikut sampai habis!

Apakah itu Investasi?

Investasi adalah taktik untuk menambahkan penghasilan dengan simpan dana sepanjang masa tertentu. Dan menurut Kewenangan Jasa Keuangan (OJK) investasi ialah penanaman modal dalam periode waktu tertentu untuk penyediaan aktiva atau pembelian saham atau surat bernilai lain agar mendapatkan peruntungan.

Beberapa orang belajar investasi dari 0 karena memandang jika investasi akan datangkan uang tanpa perlu usaha besar bahkan juga walau mereka tertidur. Hal itu bisa disimpulkan jika beberapa investor atau orang yang lakukan investasi perlu menanam modal dan menanti uangnya semakin bertambah dari imbal hasil investasi itu.

Panduan Belajar Investasi untuk Pemula

Untuk Anda yang tertarik mulai melakukan investasi tetapi sangsi karena masih seorang pemula dan harus belajar investasi dari 0, tenang, berikut sudah kami kumpulkan beberapa panduan langkah belajar investasi untuk yang baru memulai supaya investasi tidak berbuntut percuma.

1. Ketahui Pengetahuan Dasar Investasi

Langkah belajar investasi yang pertama ialah pahami knowledge base sekitar investasi, dimulai dari beberapa jenisnya, arah investasi, resiko, dan sebagainya. Ini akan menolong Anda untuk tahu investasi apa yang terbaik dengan watak dan keinginan Anda sebagai investor.

2. Ketahui Resiko Investasi

Tiap tipe dan produk investasi tentunya mempunyai tingkat resiko yang berbeda, dimulai dari resiko rendah, menengah, sampai tinggi. Sesudah pahami tingkat resikonya, Anda bisa menyesuaikan dengan keinginan keuntungan nantinya.

Bila Anda tidak siap melakukan investasi bermodal banyak, karena itu Anda mulai bisa melakukan investasi pada produk beresiko rendah lebih dahulu. Karena investasi beresiko rendah biasanya membutuhkan modal lebih kecil.

3. Tidak boleh Sangsi Mengawali Sedini Kemungkinan

Waktu sebagai salah satunya aspek khusus yang memengaruhi investasi, maka janganlah sangsi untuk memulai melakukan investasi sedini mungkin.

Karena makin awal Anda dapat berencana dan mengawali melakukan investasi, maka semakin cepat juga peluang Anda untuk capai arah di masa datang.

4 Buat Arah Investasi dengan Baik

Sama dengan menabung, mempunyai arah terang saat belajar investasi akan berikan motivasi Anda untuk selalu stabil melakukan investasi. Oleh karenanya, tetapkan arah investasi yang detil, misalkan seperti tabungan pengajaran, tabungan hari tua, beli rumah, berlibur, dan lain-lain.

5. Tetapkan Sasaran dan Periode Waktu Sama sesuai Keperluan

Langkah belajar investasi selanjutnya ialah tentukan sasaran dan periode waktu sama sesuai keperluan Anda. Harus diingat jika waktu ialah aspek khusus, makin pendek periode waktu investasinya, karena itu makin besar nominal yang perlu dikeluarkan untuk mendapat keuntungan optimal.

6. Tentukan Instrument yang Sudah Dipantau OJK

Dengan makin tingginya ketertarikan investasi pada warga, karena itu makin ramai beragam instansi keuangan yang sediakan jasa untuk melakukan investasi. Janganlah bingung belajar investasi di mana, cukup yakinkan bila instansi keuangan itu sudah tercatat dan dipantau langsung oleh OJK (Kewenangan Jasa Keuangan).

Simak : Indikator Trading Forex

Disamping itu, Anda dapat pelajari sejarah dari instansi keuangan itu, seperti aksinya dalam usaha pasar modal, reputasi perusahaan, pimpinan, dan sebagainya.

7. Lakukan Pemantauan Secara Periodik

Walau investasi ini hal waktu, tetapi janganlah lupa untuk menilai performa produk investasi Anda dari hari ke hari. Hal itu bisa Anda kerjakan dengan memperbandingkan harga sekarang ini dan harga membeli, atau mungkin dengan Index Harga Saham Kombinasi (IHSG) sebagai referensi pasar.

Kemudian akan kelihatan apa produk investasi Anda alami perkembangan positif atau perlu taktik baru untuk mendapatkan keuntungan lebih banyak.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image