Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Haikal Luthfi

6 Ciri-Ciri Hamil yang Umum di Awal Kandungan, Calon Ibu Harus Tahu!

Gaya Hidup | Saturday, 26 Mar 2022, 17:04 WIB

Memiliki momongan merupakan hal yang diidam-idamkan oleh setiap pasangan yang telah berumah tangga karena merupakan satu-satunya jalan untuk meneruskan keturunan mereka. Sehingga tak sedikit dari mereka yang mendambakan segera memiliki anak demi melengkapi keluarga.

Kehamilan merupakan momen yang paling ditunggu, dari situlah akan lahir keturunan yang akan melanjutkan kehidupan. Oleh sebab itu, mengetahui datangnya kehamilan akan membuat mereka sangat gembira.

Ciri-ciri hamil diawal periode

Mengetahui sedari awal tanda akan datangnya si kecil tentu membutuhkan berbagai persiapan. Oleh sebab itu, pastinya calon ibu akan menunjukan ciri yang mengisyaratkan kehadiran buah hati mereka.

Periode awal kehamilan merupakan masa yang paling rentan karena kondisi kandungan yang masih mengalami perkembangan. Nah calon ibu harus tahu nih apa saja gejala umum kehamilan muda yang kerap terjadi. Dirangkum dari laman Haibunda, berikut cara mengetahui ciri-ciri hamil yang perlu diketahui:

1. Penciuman sensitif

Indera penciuman yang meningkat merupakan ciri awal kehamilan yang membuat bau yang sebelumnya ringan menjadi kuat dan tidak menarik.

Sebab ini merupakan salah satu ciri pertama kehamilan yang dilaporkan banyak wanita, gejalanya seperti tiba-tiba lebih sensitif dan mudah tersinggung.

2. Kram pada perut

Saat fase pembuahan, sel telur yang sudah dibuahi akan berubah menjadi janin. Hal itu membuat beberapa pembuluh darah menjadi bengkak, sehingga membuat perut terasa kram dan amat sakit.

Gejala tersebut biasanya meninggalkan beberapa bercak darah seperti noda layaknya menstruasi pada umumnya. Selain itu, kram pada perut yang terjadi di awal kehamilan juga bisa memicu sulit tidur lho.

3. Sering buang air

Hormon yang digunakan demi mempertahankan kondisi kehamilan ibu akan membuat aliran darah terpusat pada pinggul lho. Oleh sebab itu, dalam kondisi kehamilan ibu akan lebih sering buang air kecil dan juga besar.

Tingginya intensitas buang air kecil disebabkan karena rahim yang membesar menekan kandung kencing. Sedangkan pada buang air besar dapat mengakibatkan diare.

4. Perubahan payudara

Perubahan pada payudara adalah gejala umum yang dialami oleh para calon ibu. Hal tersebut disebabkan tubuh mereka akan menyiapkan diri untuk menyusui sejak awal periode kehamilan.

Ketika hamil payudara akan mulai terasa lunak, bengkak, dan umumnya terlihat penuh. Begitu pula pada area sekitaran puting yaitu areola yang dapat menjadi semakin gelap.

Gejala tersebut biasanya diikuti dengan rasa sakit pada puting beserta perubahan warna yang mengikutinya.

5. Mudah lelah

Saat hamil, tubuh akan menjadi lemas dan gampang lelah. Hal Ini karena banyaknya energi yang terbuang saat mengandung janin.

Peningkatan pada hormon progestron dapat membuat ibu merasakan kantuk yang luar biasa. Hormon inilah yang membuat mereka tampak kelelahan.

6. Mual dan muntah

Yup, mual dan muntal merupakan kondisi paling umum dan paling mudah untuk mendeteksi kehamilan.

Biasanya gejala yang ditunjukan terjadi pada pagi hari (morning sickness), namun tidak menutup kemungkinan ibu hamil dapat mengalami pada siang atau pun malam hari lho. Selain itu, morning sickness dimulai ketika periode awal hamil atau berlangsung sekitar 6 minggu kehamilan.

Itulah beberapa ciri hamil muda yang umum terjadi. Semoga bermanfaat!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image