Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rika Andriana

Tips Agar Baterai Smartphone Tidak Cepat Habis

Teknologi | Thursday, 24 Mar 2022, 14:36 WIB

Cepat habisnya daya baterai yang ada di smartphone sering kali dianggap wajar. Karena anggapan pengguna bahwa ponsel dengan basis Android terus bekerja non stop, apalagi koneksi internet dan aplikasi yang terus jalan.

Jika ingin baterai tetap awet sampai berjam-jam sehingga tidak sering dicharger, ada beberapa cara untuk membuat hal tersebut. Berikut tipsnya yang dirangkum dari careercenter.id dan berbagai sumber.

1. Matikan Notifikasi

Notifikasi atau pemberitahuan dari aplikasi baik media sosial atau game memang sering diperlukan. Akan tetapi kelemahan dari seringnya muncul notifikasi adalah pasti akan menguras daya baterai yang tidak sedikit.

Sehingga salah satu jalan terbaik apabila baterai ingin tetap awet adalah dengan mematikan atau menonaktifkan notifikasi. Cara itu juga sangat positif untuk Anda yang sudah termasuk kategori kecanduan smartphone, karena dengan tidak ada pemberitahuan yang masuk Anda tidak akan sering membuka ponsel.

Cara mematikannya, di dalam menu setting yang ada di smartphone pilih Apps, kemudian tinggal Anda pilin aplikasi mana yang akan disembunyikan notifikasinya, dengan menghilangkan tanda centang di bagian Show Notification.

2. Hindari Mengisi Baterai Semalaman

Mengisi daya baterai smartphone memang perkara yang mudah, tinggal dicolokkan charger ke aliran listrik dan ke smartphone. Yang sering diabaikan adalah seringkali meminjam charger padahal bukan pasangannya, atau yang paling fatal adalah mengisi baterai sampai semalaman.

Padahal cara tersebut bisa menimbulkan panas yang berlebihan di bodi smartphone. Walaupun smartphone model sekarang dibekali dengan fitur auto cut-off ketika baterai sudah full, namun mengisi ponsel semalaman tidak dianjurkan.

Agar baterai tetap awet, sebaiknya mencharger baterai ketika dayanya tinggal sekitar 25 persen. Dan jika saat malam hari menjelang waktu tidur, dan baterai sudah minim, lebih baik matikan semua koneksi internet atau aplikasi tujuannya untuk menghemat baterai sampai pagi hari, dan langsung diisi ulang, sehingga tidak perlu mencharger semalaman.

3. Mematikan Fitur Lokasi

Fitur bawaan smartphone memang bisa dikatakan penting. Itu dengan catatan jika diperlukan. Nah apabila tidak diperlukan lebih baik dimatikan, seperti fitur lokasi karena jika fitur tersebut tetap jalan dampaknya daya baterai akan cepat habis.

4. Hindari Mode Getar

Apabila smartphone menggunakan nada dering dengan volume yang lumayan keras, sebaiknya matikan Mode Vibrator. Karena dengan nada getar memerlukan daya yang lumayan besar, sehingga menjadikan baterai cepat habis.

5. Atur Kecerahan di Smartphone

Yang terakhir adalah mengatur tingkat kecerahan pada layar smartphone. Semakin tinggi atau semakin terang tingkat kecerahannya maka bisa menguras daya baterai. Untuk itu, atur kecerahan layar pada tingkat yang rendah yang terpenting bisa dilihat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image