HashMicro Dukung Konsep Cloud Kitchen dengan Software ERP untuk Industri FnB

Image
Abigail Fionna
Bisnis | Tuesday, 22 Mar 2022, 08:46 WIB
Cloud Kitchen dengan Online Delivery | Pexels.com

HashMicro, perusahaan penyedia software enterprise resource planning (ERP) mendukung konsep cloud kitchen melalui implementasi software ERP yang dapat digunakan oleh industri FnB atau Food and Beverages. Implementasi software ERP dapat membantu optimalisasi operasional Cloud Kitchen yang saat ini digunakan oleh berbagai restoran.

Business Development Director HashMicro, Lusiana, menjelaskan bahwa penggunaan software ERP dapat menjadi solusi dalam implementasi cloud kitchen oleh berbagai restoran. “Manajemen restoran dengan konsep cloud kitchen tentu memiliki tantangan tersendiri. Software ERP dapat menjadi solusi untuk menjawab tantangan tersebut” ujar Lusiana.

Cloud kitchen sendiri adalah konsep bisnis F&B dimana sebuah restoran akan menjual makanan dan minuman hanya dengan sistem delivery saja, terutama melalui berbagai layanan online delivery. Konsep dapur daring ini tidak menyediakan fasilitas untuk makan di tempat. Konsep ini dapat mengurangi berbagai biaya operasional seperti biaya gaji karyawan, biaya sewa, biaya peralatan, dan berbagai biaya yang berhubungan dengan layanan dine-in.

Cloud kitchen mulai digemari pemilik restoran dan konsumen akibat pandemi COVID-19 dimana pemerintah melaksanakan aturan pelarangan dan pembatasan pengunjung restoran, serta masyarakat yang juga lebih merasa aman menggunakan layanan delivery makanan dibandingkan mengunjungi restoran. Studi oleh UPN JATIM menunjukan adanya kenaikan jumlah pesanan makanan melalui layanan delivery online sebanyak 34% pada tahun 2020.

Meskipun begitu, konsep cloud kitchen memiliki beberapa tantangan tersendiri, seperti manajemen penerimaan pesanan yang lebih banyak secara kuantitas, pembukuan yang berbeda dengan pembukuan di restoran konvensional, sistem kasir yang tidak terintegrasi dengan sistem delivery, sistem antrean khusus untuk ojek online, manajemen cabang, sistem Point-of-Sales yang harus sesuai dan efektif, serta pembuatan dan pemilihan harga pada menu makanan yang tepat.

Berbagai tantangan tersebut tentu harus diatasi, dan software ERP dapat menjadi solusinya. “Software ERP dapat disesuaikan dengan berbagai kebutuhan para pengelola bisnis, sehingga para pengelola bisnis, terutama bisnis cloud kitchen, dapat percaya diri dalam mengelola bisnis, apapun tantangannya.”, ujar Lusiana.

Software ERP sendiri merupakan seperangkat program atau perangkat lunak yang dapat digunakan untuk melaksanakan, mengelola, dan merencanakan berbagai proses bisnis yang bersifat end-to-end. Dalam industri FnB, software ERP dapat digunakan untuk mengelola berbagai hal, mulai dari pencatatan transaksi, inventaris, pengumpulan dan analisa data penjualan, pengelolaan sistem kasir, manajemen stok bahan baku, dan masih banyak lagi.

“Manajemen bisnis melalui software ERP, termasuk pengelolaan cloud kitchen, akan lebih optimal, sederhana, dan tentunya dapat membantu memangkas biaya karena proses bisnis lebih efisien,” ujar Lusiana. “Software ERP dari HashMicro akan membantu meningkatkan kinerja berbagai restoran dan berbagai bisnis FnB lainnya, dan dapat meningkatkan penjualan dengan adanya layanan pengiriman yang lebih efisien karena terintegrasi dengan online marketplace.” tambah Lusiana.

Luisiana juga menjelaskan mengenai hubungan antara implementasi cloud kitchen dengan industri FnB secara keseluruhan. “Cloud kitchen yang disertai dengan implementasi software ERP dapat menjadi solusi untuk kembali menguatkan industri FnB.” tambah Lusiana.

HashMicro akan terus mendukung perkembangan cloud kitchen di Indonesia. Meningkatnya penggunaan konsep cloud kitchen akan berpengaruh positif bagi industri FnB secara keseluruhan, karena hal ini berarti industri FnB mulai bangkit kembali. “Kami akan terus mengembangkan fitur dan inovasi terbaru dalam produk software ERP kami, yang kami harapkan dapat membantu memulihkan dan menguatkan industri FnB secara keseluruhan.” pungkas Lusiana.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

APBN 2022 Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional

Image

OPTIMALISASI TUMBUH KEMBANG ANAK MELALUI PEMBENTUKAN KADER SMART CEGAH STUNTING DI DESA MANGGIHAN

Image

SMPN 1 Padalarang Salurkan Tanda Kasih Kepada Korban Gempa Cianjur

Image

Sejarah Penamaan Pada Hari Jumat dan Anjuran Salat Wajib bagi Laki-laki Muslim

Image

ANGGARAN PENDIDIKAN DI INDONESIA YANG BELUM BISA DI KATAKAN TEPAT SASARAN

Image

Manfaat Memasak Bersama Anak

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image