Pengertian dan Beberapa Contoh Budaya Organisasi
Edukasi | 2025-01-05 22:52:33Pengertian Budaya Organisasi
Menurut Denison (1990), budaya organisasi adalah kumpulan keyakinan, norma, dan nilai yang diterima oleh anggota yang menentukan bagaimana mereka berinteraksi satu sama lain dan dengan lingkungan luar, dapat dipandang sebagai faktor yang mempengaruhi kinerja.
atau secara keseluruhan,
Budaya organisasi adalah sekumpulan nilai, norma, keyakinan, dan kebiasaan yang diterima bersama oleh anggota organisasi. Ini membentuk pola interaksi dalam organisasi.
Budaya ini menciptakan lingkungan yang memengaruhi bagaimana karyawan bekerja, berinteraksi, dan mencapai tujuan bersama. Setiap organisasi memiliki budaya yang berbeda, yang berkembang seiring waktu berdasarkan pengalaman dan interaksi internal.
Jenis-Jenis Budaya Organisasi
Budaya Clan: Menekankan hubungan yang dekat dan kerjasama. Organisasi dengan budaya ini lebih seperti keluarga besar, di mana kebersamaan dan komunikasi terbuka sangat dijunjung tinggi.
Budaya Adhocracy: Organisasi yang berfokus pada inovasi dan pengembangan. Karyawan didorong untuk berkreasi dan mengambil risiko untuk mencapai kemajuan.
Budaya Market: Fokus pada hasil dan pencapaian tujuan. Kompetisi internal yang sehat dan orientasi pada kinerja menjadi hal utama.
Budaya Hierarchy: Struktur organisasi yang kaku, dengan fokus pada efisiensi, prosedur, dan stabilitas. Biasanya ditemukan di perusahaan yang lebih formal dan besar.
Disclaimer
Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.