Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Kirana Elizabeth

Bacaan Niat Puasa Ramadhan Arab, Latin, dan Artinya

Agama | Friday, 18 Mar 2022, 23:27 WIB

Menjelang bulan suci Ramadhan, tak ada salahnya untuk selalu mengingat membaca niat Ramadhan sebagai langkah mempersiapkan diri.

Meski pemerintah belum memberikan keterangan resmi, namun sesuai keputusan Deklarasi Pimpinan Pusat Muhammadiyah No. 01/MLM/I.0/E/2022, Ramadhan akan dimulai pada Sabtu, 2 April 2022.

Niat puasa di bulan Ramadhan adalah tanda awal puasa dan syarat sah puasa. Menurut Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jaza'iri dalam Kitab Muslim Minhajul, niat puasa Ramadhan harus dibaca sebelum memasuki waktu sholat subuh.

Sementara itu, waktu berniatnya sudah dapat dimulai dari malam hari. Rasulullah SAW juga pernah bersabda:

مَنْ لَمْ يُبَيِّتْ الصِّيَامَ قَبْلَ طُلُوعِ الْفَجْرِ فَلَا صِيَامَ لَهُ

Artinya: "Barangsiapa yang belum berniat (untuk puasa) di malam hari sebelum terbitnya fajar maka tidak ada puasa baginya." (HR. Ad-Daru Quthni dan Al- Baihaqi).

Niat puasa Ramadhan juga perlu dilakukan setiap hari selama sebulan. Namun, Syekh Abdurrahman Al-Juzairi, dalam Fiqh Empat Madzhab Vol 2, menyatakan bahwa ketika seseorang makan sahur, dimungkinkan untuk mengekspresikan diagram.

"Kecuali jika orang itu saat memakan sesuatu pada waktu sahur berniat bukan untuk berpuasa," bunyi keterangan buku tersebut, dikutip Senin (7/3/2022).

Hal tersebut menjadi pembeda antara puasa Ramadhan yang bersifat wajib dengan ketentuan puasa sunnah. Niat puasa sunnah bisa dilafalkan setelah matahari terbit dengan catatan belum makan apapun sejak sebelum azan Subuh.

Adapun bacaan lengkap niat Puasa Ramadhan berikut dengan bacaan latinnya dapat disimak pada ulasan berikut.

Niat Puasa Ramadhan Arab dan Latin

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

Bacaan latin: Nawaitu shauma ghadin 'an adâ'i fardhi syahri Ramadhâni hâdzihis sanati lillâhi ta'âla.

Artinya: "Aku berniat puasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah ta'ala."

Selain mempersiapkan diri dengan mengingat bacaan niat puasa Ramadhan, umat muslim juga bisa melakukan amalan dalam menyambut bulan Ramadhan yang tinggal menghitung hari ini.

Penting juga untuk rajin membaca Al-Quran saat Ramadhan, kita bisa baca online dengan Aplikasi Al-Quran, juga mengetahui jadwal sholat dan imsak dengan aplikasi jadwal sholat dan imsak Ramadhan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image