Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Angeline

Sebutkan isi dekrit presiden 5 juli 1959 lengkap dengan pembahasan

Sejarah | Friday, 18 Mar 2022, 18:42 WIB

Sebutkan isi dekrit presiden 5 juli 1959 lengkap dengan pembahasan. Dekrit Presiden merupakan jawaban dari Presiden Soekarno yang bertentangan dengan konstitusi atas kekacauan politik dan ekonomi saat itu.

Lalu bagaimana latar belakang selengkapnya dikeluarkan Dekrit Presiden? Melansir buku yang bertajuk 'Sejarah SMP/MTs' karya Nana Nurliana Soeyono dan Sudarini Suhartono, latar belakang dikeluarkannya Dekrit Presiden bermula pada pemilihan untuk anggota Dewan Konstituante 15 Desember 1955.

Untuk lebih lengkap mengenai pembahasannya, kalian bisa MEMBACANYA DISINI

Pemilihan ini merupakan pemilu tahap kedua yang merupakan lanjutan dari pemilu untuk anggota parlemen (DPR) pada tanggal 29 September 1955.

Konstituante yang dibentuk ini nantinya akan bertugas membuat Undang-Undang Dasar (UUD) untuk mengganti Undang-Undang Dasar Sementara (UUDS 1950) yang disusun pada masa Republik Indonesia Serikat (RIS).

Setelah terpilih, Dewan Konstituante mulai bekerja pada 10 November 1956 di Bandung yang terdiri dari wakil-wakil puluhan partai.

Simak juga ini Ketahui yang bukan factor pengaruh krisis ekonomi global adalah

Sebutkan isi dekrit presiden 5 juli 1959

Ini adalah isi dekrit presiden 5 juli 1959 antara lain sebagai berikut.

1. Pembubaran Konstituante Presiden 1959

2. Berlakunya kembali UUD 1945 dan tidak berlakunya UUDS 1950;

3. Pembentukan Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara (MPRS) dan Dewan Penasehat Agung (DPA).

Jika kamu ingin mendapatkan penjelasan lengkapnya bisa baca DISINI

Dalam hal ini, Presiden Soekarno terpaksa melakukan tindakan inkonstitusional dan menyebabkan kabinet presidensial langsung langsung dipimpin oleh Presiden Soekarno.

Hal tersebut mendapat dukungan dari kalangan militer sebab mereka lebih memperhitungkan keamanan negara.

Terima kasih kakak sudah berkunjung dan membaca artikel aku di website retizen yang paling gokil dan keren. Referensi kunci-jawaban.com

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image