10 Makanan dan Minuman Terbaik Untuk Penderita Sakit Asam Lambung ( Maag )

Image
kuy
Gaya Hidup | Friday, 18 Mar 2022, 07:59 WIB

Obat maag biasanya menjadi solusi pertama untuk meredakan gejala yang mendadak kambuh. Selain itu, sebenarnya ada satu hal lagi yang tidak kalah penting, yaitu selektif memilih asupan makanan dan minuman sehari-hari.

Beberapa makanan dan minuman justru dapat meningkatkan produksi asam lambung atau memperparah keluhan maag. Itu sebabnya pemilihan jenis makanan menjadi salah satu perawatan untuk mencegah komplikasi serta kekambuhan gejala maag.

Berikut adalah pilihan makanan yang tepat untuk Anda yang bermasalah dengan sakit maag.

1. Oatmeal

Oatmeal diyakini baik untuk mengurangi gejala gangguan pencernaan, terutama akibat naiknya asam lambung. Pasalnya setelah dimakan, olahan yang berasal dari gandum ini ternyata mampu membantu menyerap kelebihan asam di dalam lambung.

Oatmeal juga membantu melindungi lapisan lambung dari risiko iritasi akibat asam lambung yang meningkat. Menariknya, serat dalam oatmeal juga dapat melancarkan kerja usus, mengurangi risiko sembelit, dan memberikan rasa kenyang lebih lama.

Agar lebih nyaman untuk sistem pencernaan, sebaiknya hindari penggunaan krim kental ke dalam oatmeal. Sebagai gantinya, Anda bisa mencampurkan susu rendah lemak atau susu almond ke dalam semangkuk oatmeal.

2. Pisang

Pisang adalah makanan dengan kandungan asam yang rendah sehingga baik untuk orang yang sedang mengalami sakit maag. Teksturnya yang lumat juga membantu membentuk lapisan pelindung pada kerongkongan yang mengalami iritasi.

Pisang tak hanya baik untuk asam lambung, berkat kandungan seratnya yang tinggi, pisang juga mampu melancarkan kerja usus dan mencegah sembelit. Dengan begitu, keluhan seperti sakit perut, perut kembung, atau rasa tidak nyaman pada perut dapat berkurang.

3. Melon

Sama seperti pisang, melon juga termasuk makanan dengan sifat asam yang rendah sehingga baik untuk penderita penyakit lambung. Bahkan, melon sebenarnya memiliki sifat basa yang cukup tinggi berkat kandungan mineral berupa magnesium.

Magnesium adalah salah satu bahan utama yang banyak ditemukan dalam antasida, yaitu salah satu obat tanpa resep untuk meredakan sakit maag. Obat ini bekerja dengan menetralisasi asam lambung sehingga gejala berangsur membaik.

4. Yogurt

Jika dimakan dalam jumlah secukupnya, yogurt ternyata bisa membantu meredakan gejala maag. Ini karena yogurt memberikan efek menenangkan bagi dinding lambung sekaligus membantu mengendalikan rasa tidak nyaman pada perut.

Alhasil, gejala maag yang kerap timbul akibat kenaikan asam lambung pun bisa lebih dikendalikan. Tidak hanya itu, kandungan probiotik alias bakteri baik di dalam yogurt dapat membantu menjaga kesehatan dan kelancaran sistem pencernaan.

5. Sayuran berwarna hijau

Ada berbagai jenis sayuran hijau yang bisa dengan mudah Anda temukan di pasar tradisional maupun swalayan, mulai dari sawi, bayam, kangkung, dan lain sebagainya.

Selain padat zat gizi, sayuran hijau seperti sawi, bayam, kangkung, dan lainnya bisa menjadi pilihan makanan yang baik untuk penderita sakit maag. Kandungan gula beserta lemaknya yang rendah bisa membantu mengurangi peningkatan asam lambung.

Sayuran juga dicerna dengan cepat sehingga membantu mempercepat pengosongan lambung. Dengan begitu, hal ini dapat menurunkan kemungkinan asam lambung untuk bergerak naik dan menimbulkan iritasi pada kerongkongan (esofagitis).

Tak perlu bingung bagaimana Anda harus mengolah makanan yang satu ini. Jika Anda bosan dengan olahan sayur yang itu-itu saja, sesekali Anda bisa berkreasi lebih dengan membuat semangkuk salad sayuran hijau yang telah direbus sebelumnya.

6. Pepaya

Populer sebagai makanan pelancar buang air besar, tidak banyak yang tahu bahwa pepaya ternyata baik untuk penderita sakit maag. Manfaat ini berasal dari enzim papain yang banyak ditemukan pada getah pepaya.

Tubuh menggunakan enzim pepsin yang dihasilkan lambung untuk mencerna protein. Namun, enzim ini hanya aktif pada kondisi lambung yang asam. Bagi penderita GERD, kadar asam yang tinggi dapat merusak lapisan lambung dan kerongkongan.

Enzim papain pada pepaya membantu melancarkan kerja sistem pencernaan dengan cara mempermudah proses pemecahan protein. Alhasil, proses pencernaan menjadi lebih singkat dan lambung tidak terlalu lama terpapar asam lambung.

Dengan kata lain, enzim papain secara tidak langsung bisa meredakan gejala asam lambung. Enzim ini bekerja dengan mengurangi beban kerja sistem pencernaan. Atas dasar itulah, pepaya dinilai bisa menjadi makanan yang baik untuk penderita GERD.

7. Seafood dan daging rendah lemak

Daging memang bisa memicu gejala maag apabila mengandung banyak minyak (baik dari cara pengolahannya maupun bagian lemak daging). Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena makanan ini tetap bisa dikonsumsi oleh penderita maag.

Anda bisa mengonsumsi semua daging merah, daging ayam, dan seafood asalkan rendah lemak. Kandungan lemak yang rendah dalam makanan ini dapat membantu memulihkan berbagai keluhan yang muncul karena naiknya asam lambung.

Selengkapnya>>>>

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

PK Bapas Purwokerto Tindaklanjuti Usulan Pembebasan Bersyarat

Image

Pastikan Kondisi Aman, Petugas Rutan Jepara Rutin Lakukan Trolling

Image

Pembayaran Pajak Sarang Burung Walet Menuai Pro dan Kontra

Image

Mengenal Apa Itu Delik Pers. Apakah Hanya Berkutat Pada Kesalahan Pers?

Image

Kunjungi Rutan Jepara, Ustadz Abdurahman Berikan Tausiyah Kepada Ratusan WBP

Image

Gelar Yasinan Rutin, Kalapas Brebes : Intropeksi Diri Sarana Jadi Pribadi Baik

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image