Batik Ecoprint MTsN 6 Bantul Selalu Menghadirkan Karya Seni Baru

Image
Rina Harwati
Eduaksi | Thursday, 17 Mar 2022, 10:17 WIB

Dalam rangka memberi bekal dan mengasah keterampilan kepada anak didik dalam mempersiapkan generasi yang mandiri MTs N 6 Bantul memberikan pembelajaran membuat batik ecoprint kepada siswa kelas IX. Semua siswa kelas IX diajak untuk berkreasi dengan mencoba berbagai bahan yang ada di lngkungan agar bisa menghasilkan karya seni yang inovatif.

Bahan dasar ecoprint berupa daun dari semua tumbuhan yang ada di sekeliling rumah. Dalam menghasilkan karya yang fenomenal tinggal bagaimana memproses dengan berbagai bahan pendukung yang alami, hal tersebut dikatakan guru pembimbing batik ecoprint, Fauka Nurul sekaligus pengajar keterampilan di ruang praktik, Selasa (15/3).

“Dalam batik ecoprint sangat mungkin muncul karya unik. Dari satu bahan yang sama dengan perlakuan berbeda akan menghasilkan warna berbeda,” jelas Fauka. Lebih jauh dikatakan bahwa batik ecoprint memungkinkan membuat karya pada semua media. Bisa pada kain seperti batik pada umumnya namun bisa juga menggunakan keramik, kulit, dan lainnya sehingga tinggal kreasi dari setiap anak dalam mengembangkan ilmu dasar yang sudah dimiliki.

Kepala Sekolah MTs N 6 Bantul, Mafrudah sangat mendukung kegiatan yang mendidik anak untuk bisa berkarya secara mandiri ini. Sekolah siap memberi dukungan fasilitas yang dibutuhkan untuk mendidik anak mengembangkan bakat. “Batik ecoprint merupakan karya yang unik dan cantik. Dalam menghasilkan karya juga melibatkan felling sehingga tiap orang bisa berbeda-beda hasilnya walaupun bahannya sama. Untuk itu kreativitas siswa harus dikembangkan” papar Mafrudah.

Ke depan pihak sekolah mempunyai program untuk bisa menyediakan tempat yang bisa menampung semua karya anak. Tamu yang berkunjung bisa menyaksikan langsung karya siswa yang dipamerkan dan ditawarkan sehingga ada nilai jual. (fnr/rin)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Lapas Permisan Nusakambangan Diserbu Lanal Cilacap

Image

Membangun ekosistem industri halal yang kuat dan merata di indonesia

Image

Bantuan Pendanaan Startup Oleh Pemerintah Indonesia Untuk Para Mahasiswa

Image

Ceramah Agama Habib Hadi Asegaf di Ponpes AT-TAUBAH LAPAS KELAS I MALANG

Image

Esay APBN 2022

Image

Black Market Polemik Pengusaha Elit

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image