Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Andri Mastiyanto

Laptop ASUS Zenbook 14X OLED UX5400, Powerfull Buat Bikin Konten dan Gaming

Teknologi | Wednesday, 16 Mar 2022, 08:34 WIB
Laptop ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) I Sumber foto : ASUS Indonesia

ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) sepertinya laptop yang cocok buat sosialita, executive muda, content creator maupun photographer professional. Karena laptop ini memiliki desain yang mewah, dapur pacu yang mumpuni dan layar OLED nan cantik.

Nah, kalau mendengar nama ASUS Zenbook pasti terlintas di pikiran kita kata-kata premium, elegan dan canggih. Laptop ini diseluputi dengan body metal dengan warna Lilac Mist, Pine Grey dengan branding ASUS terlihat di cover depan.

Asyiknya laptop ini bisa diajak kerja bikin konten, klo rada bete bisa diselingi buat main games. Jadi content creator kayak daku (saya) nggak akan mandek inspirasinya.

Laptop modern ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) sudah diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᵉ graphics.

Setelah daku (saya) membaca di website ASUS (DI SINI) , ASUS Zenbook Classic terbaru ini hadir dengan berbagai penambahan fitur serta dirancang agar dapat lebih meningkatkan produktivitas penggunanya karena performa dan desainnya yang ringkas dan ringan.

_

Lebih Produktif Berkat Panel ASUS OLED yang Menyehatkan Mata

Bikin konten itu nggak sebentar, sering kali daku sebagai creator perlu berjam-jam didepan komputer dan bisa jadi dilanjutkan dikemudian hari.

Layar laptop ini begitu spesial karena sudah menggunakan panel OLED. Panel OLED ini ketika di cek melalui AIDA 64 telah menggunakan SDC4154 yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya.

Keberadaan panel OLED memiliki kelebihan yang superior karena dibandingkan dengan jenis panel layar lainnya, memang panel ini lebih baik.

Zenbook 14X OLED telah menggunakan layar OLED yang memberikan kenyamanan saat digunakan I Sumber Foto : IG @asusid

Semua laptop yang menggunakan layar ASUS OLED telah mengantongi sertifikasi low blue-light dan anti-flicker dari TÜV Rheinland.

Sehingga, layar Zenbook 14X OLED (UX5400) tidak hanya lebih aman untuk kesehatan mata penggunanya, tetapi juga lebih nyaman saat digunakan.

Berkat fitur tersebut, user Zenbook 14X OLED (UX5400) mata tidak mudah lelah dan berujung dapat berkerja lama dengan laptop ini.

Tentunya, panel layar OLED pada Zenbook 14X OLED (UX5400) akan sangat berguna bagi para desain grafis professional, dimana panel OLED menawarkan tingkat akurasi warna DCI-P3 100 %, AdobeRGB 99%, NTSC 97 % dan sRGB 100%.

Layar Zenbook 14X OLED (UX5400) memiliki spesifikasi Display HDR true black 500 berstandar industri melalui sertifikasi PANTONE Validated Display.

Layar Zenbook 14X OLED (UX5400) memiliki spesifikasi Display HDR true black 500 I Sumber Foto : ASUS Indonesia

Bagi para gamers tentunya panel OLED menawarkan respon time super cepat, panel ini ada diangka 0,2 milisecond dan 90 Hz refersh rate.

Panel OLED ini memiliki resolusi tinggi banget sampai 2.8 K atau 2.880 x 1.800 dengan aspek rasio 16 :10. Pastinya, resolusi dan aspek rasio seperti ini membuat produktifitas dan desain bisa jadi lebih lega, sehingga user akan menjadi lebih produktif.

Ditambah juga dengan fitur touchscreen atau layar sentuh yang mempermudah user dalam melakukan navigasi di Zenbook 14X OLED (UX5400) saat membuat konten.

_

ScreenPad™ 2.0 Membantu User Lebih Produktif

Panel OLED bukan satu-satunya layar di laptop ini, ASUS juga menyematkan layar touch screen pengganti touchpad yang dinamakan ScreenPad™ 2.0.

Screenpad ini menggunakan panel IPS dari dengan kode TSB 888. Layar kecil ini memiliki full HD plus atau 2160 x 1080, yang terbilang gede banget buat ukuran layar 5.6 inchi.

ASUS juga menyematkan layar touch screen pengganti touchpad yang dinamakan ScreenPad™ 2.0 di Zenbook 14X OLED I Sumber Foto : ASUS Indonesia

Pasti banyak content creator panasaran terhadap screenpad ini. Screenpad ini selain bisa dipakai buat touchpad biasa dan menggunakan seperti layar pada umumnya.

User bisa memindahkan dan menggunakan aplikasi yang ada di layar utama ke screenpad ini melalui fitur App Switch. Bahkan, user bisa main games cyber punk di screenpad ini.

Selain itu ASUS juga menyematkan beberapa softwear / aplikasi yang efektif di screenpad ini. User bisa mengetik dengan cara ketik tangan menggunakan aplikasi hand writing.

Bahkan, user tidak perlu repot mengakses berbagai menu di layar utama untuk menggunakan berbagai fungsi di aplikasi Microsoft Office.

Terdapat pula Fitur Quick Key misalnya yang memungkinkan pengguna Zenbook 14X OLED (UX5400) untuk mengakses berbagai shortcut secara lebih cepat tanpa harus menghafal kombinasi tombol di keyboard.

Quick Key juga dapat dikustomasi sesuai dengan aplikasi yang sedang berjalan, dan dapat mempermudah penggunanya saat beraktivitas.

_

Desain yang Mewah, Ringkas, Tipis, Ringan dan Bersertifikasi Militer

Ukuran laptop ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) terbilang asyik untuk dibawa kemana-mana, walaupun punya bentang layar 14 cm tapi terasa kayak laptop 13 cm berkat bezelnya yg tipis.

ASUS Zenbook 14X OLED merupakan laptop yang tipis, ringan dan bertenaga dengan layar OLED I Sumber Foto : IG @asusid

Laptop ini punya demensi 31.12 x 22.12 cm dengan tinggi 1.69 cm dengan berat yang terbilang ringan untuk laptop ultrabook. Laptop ini memiliki berat hanya 1.4 kg saja.

Bikin konten kadang memang butuh imajinasi dan pandangan yang fresh, untuk itu acapkali content creator sering berkerja secara mobile. Laptop ini tentunya memenuhi kebutuhan bagi para content creator.

Bagi content writer (penulis) akan senang ketika laptop ini dibawa presentasi didepan klien, pada bagian keyboard tidak ada aksen-aksen yang mencolok tetapi lebih mengedapankan sisi elegan dan premium.

Keyboard nya menggunakan layout TKL (tenkeyless) yang menyematkan backlight putih dengan 3 tingkat kecerahan.

Tombol power pada keyboard memiliki fungsi rangkap yang juga sebagai finger print scanner, yang terletak di ujung kanan atas keyboard sehingga tidak akan mengganggu pada saat mengetik.

Tidak tanggung-tanggung buat kemana-mana tidak akan resah, laptop ultra-portable ini telah mengantongi sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar US Military Grade (MIL-STD 810H).

Terdapat beberapa pengujian ekstrem yang berhasil dilewati oleh Zenbook 14X OLED (UX5400) di antaranya adalah tes jatuh, tes getaran, hingga tes operasional pada lingkungan ekstrem.

_

Mekanisme ErgoLift Hinge Bikin Laptop Tidak Over Heat dan Nyaman Saat Mengetik

Ada sesuatu yang keren nih, engsel ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) mengusung mekanisme 180⁰ ErgoLift Hinge, sehingga dapat dibuka hingga 180⁰ yang memudahkan skenario penggunaan kolaboratif, tetapi juga mengangkat bodi utamanya saat digunakan.

Mekanisme yang dapat dibuka hingga 180⁰ mempermudah user (pengguna) untuk kerja kelompok dengan sesama rekan kerja sambil presentasi.

engsel ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) mengusung mekanisme 180⁰ ErgoLift Hinge I Sumber Foto : ASUS Indonesia

ErgoLift juga membuat air flow bisa lebih enak mengalir, sehingga laptop mudah menarik udara fresh dari luar laptop untuk membantu pendinginan.

Tentunya, mekanisme tersebut membuat pengguna semakin nyaman, karena posisi bodi utama yang sedikit terangkat. Hal ini dapat membuat posisi mengetik menjadi lebih nyaman saat pada mode penggunaan clamshell.

_

Audio yang Mantap Nemenin Kerja, Nonton dan Gaming

Ngomong-ngomong bikin konten, hiburan dan gaming harus juga dibarengin dengan kualitas audio yang bagus dwonk. ASUS tidak tanggung-tanggung dalam kualitas audio di laptop Zenbook 14X OLED (UX5400).

ASUS mempercayakan konfigurasi audio kepada Harman Kardon dengan konfigurasi dua down firing speaker di bagian kiri kanan depan laptop. ASUS juga menyematkan softwear DTS audio processing untuk memperkaya warna suara yang dihasilkan.

Bener aja, suara yang dihasilkan sangat baik, untuk laptop tipis dan kecil kayak gini. Seluruh frekwensi terasa berisi dan nggak pecah dan suara tentunya memuaskan.

_

Konektivitas Lengkap Bikin Makin Produktif

ASUS melengkapi Zenbook 14X OLED (UX5400) dengan opsi konektivitas yang sangat lengkap. Mulai dari konektivitas menggunakan kabel, Zenbook 14X OLED (UX5400) hadir dengan beragam port yang dapat digunakan untuk menghubungkan berbagai perangkat.

Tidak bisa disangkal bahwa laptop tipis biasanya akan mengorbankan jumlah port nya, karena terbatasnya ruang.

ASUS sudah menyematkan HDMI 2.0, USB 3.2 Gen2 Type-A, USB Type C, hingga MicroSD dan 3.5mm combo audio jack I Sumber Foto : IG @asusid

Namun, ASUS sudah menyematkan HDMI 2.0, USB 3.2 Gen2 Type-A, hingga MicroSD dan 3.5mm combo audio jack yang akan memudahkan pengguna untuk beraktivitas tanpa harus bergantung pada dongle.

Untungnya 2 port USB type C yg ada di laptop ini sudah support Thunderbolt 4. Port modern ini dapat memberikan kecepatan transfer data yang tinggi, yaitu hingga 40Gbps.

Thunderbolt 4 juga dapat digunakan untuk menghubungkan monitor tambahan dengan dukungan resolusi yang tinggi.

Port ini juga telah mendukung fitur USB Power Delivery sehingga dapat digunakan untuk mengisi daya baterai melalui adapter charger maupun power bank.

Bila kita lihat spesifikasinya HDMI 2.0b di laptop ini bisa support sampai 4K 60hz tapi patut diperhatikan apakah sharing monitornya dan kabelnya sudah support. Selain untuk konektifitas nirkabel, ASUS menggunakan Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.0.

_

Dapur Pacu dan Grafis yang Meningkatkan Performance

Laptop ultrabook kecil, tipis dan ringan pasti akan dipertanyakan adalah performa dan manajemen suhunya.

Bagi para content creator dapur pacu dan grafis menjadi hal yang sangat penting walaupun mendesain hanya menggunakan photoshop, canva, renderforest, dan program atau website desain ringan / sedang lainnya.

Zenbook 14X OLED (UX5400) telah menggunakan prosesor intel core i7 generasi 11 (1165g7) dengan 4 core 8 thread yg bisa mencampai 4,7 GigaHz. Memory yang disematkan untuk kerja multitasking pun tidak main-main 16GB LPDDR4X.

Prosesor intel generasi 11 saat di test menggunakan single core performance sudah mampu mendogkrak performa, seperti menjalankan produktifitas seperti office, design-design ringan atau gaming di laptop zenbook ini.

Zenbook 14XOLED ditanamkan dapur pacu yang gahar dan kartu grafis yang mumpuni untuk membuat konten I Sumber Foto : IG @asusid

Prosesor tersebut memiliki patner yang sepadan yakni chip Intel® Iris Xe Graphics dan juga NVIDIA® GeForce® MX450 dengan 2GB GDDR6. VGA ini merupakan versi refresh dengan GTX1050 mobile di generasi sebelumnya.

Chip grafis tersebut membuat Zenbook 14X OLED (UX5400) memiliki kemampuan pemrosesan grafis ekstra yang dibutuhkan oleh para content creator.

Walaupun bukan laptop gaming tapi NVIDIA® GeForce® MX450 sudah mampu menjalankan gaming competitive atau bahkan gaming triple-A dengan cukup nyaman.

Game-game seperti dota2, valorant, CSGO bisa banget di pake pada laptop ini yang dapat menembus 100 fps baik di resolusi FHD atau sedikit lebih rendah di resolusi 2.8 K.

Untuk game triple A kayak far cry di 30 fps, bahkan game cyberpunk bisa main di sekitar 20 s/d 30 fps tentunya dengan settingan low, dan resolusi rendah tidak bisa 2.8 K.

Walaupun terbatas untuk game triple-A tapi sudah sangat cukup memuaskan hasrat gaming kalian. Tentunya karena jelas Zenbook 14X OLED (UX5400) bukan laptop gaming.

Performa Zenbook 14X OLED (UX5400) bisa lebih kencang, ASUS memberikan fitur bernama ASUS Intelligent Performance Technology (AIPT) yang hadir dengan tiga mode performa yang bisa dipilih yaitu Performance Mode, Balance Mode, serta Whisper Mode.

Dengan Performance Mode, prosesor dapat dipacu dayanya hingga 40W untuk menghadirkan performa yang lebih kencang.

Untuk menjinakkan prosessor dan kartu grafis, ASUS menggunakan konfigurasi 1 fan dan 2 heat exhaust pipes yang memiliki exhaust disebelah kiri laptop. Untuk itu jangan meletakkan benda elektronik disebelah kiri laptop karena bisa over heat.

Berkat desain ergolift membantu airflow intack dibagian bawah menjadi lebih lega, dan bisa menangkap lebih banyak udara dingin dari luar.

Tidak hanya itu, Zenbook 14X OLED (UX5400) juga dibekali dengan penyimpanan berupa PCIe SSD yang memiliki performa tinggi serta kapasitas ekstra lega yaitu hingga 1TB. Kecepatannya speed read ada di 3000 s/d 3500 mb persecond sedangkan speed rate di 1500 s/d 3000 mb persecond.

Sayangnya ukuran laptop yang ramping membuat tidak ada slot tambahan SSD. Namun, ASUS telah menyediakan 1 micro SD card reader. Pasti dibutuhkan banget bagi para fotografer untuk mindahkan data dari kamera ke laptop.

_

Daya Tahan Baterai yang Bikin Betah Melek

Bagaimana dengan daya tahan baterainya ? untuk mengakomodasi dua layar beresolusi tinggi, serta daya pacu yang garang, Zenbook 14X OLED (UX5400) dibenamkan baterai berkapasitas 63 whr dengan 3S1P, 3-cell Li-ion.

Daya tahan baterai sekitar 8 jam 51 menit, ini terbilang angka yang cukup buat ultrabook bertenaga. Jadi kalian nggak perlu was-was kehabisan daya saat kerja diluar kantor.

Tapi kalian harus tetap bawa charger bisa jadi kondisi baterai low (lupa di charge sebelumnya) pas dibawa kerja luar kantor.

Ditambah dengan fitur fast charging dengan kemampuan pengisian baterai hingga 50% dalam 30 menit, Zenbook 14X OLED (UX5400) semakin dapat diandalkan untuk gaya hidup modern.

_

Spesifikasi Laptop Zenbook 14X OLED (UX5400) I Sumber Foto : ASUS Indonesia

Jadi buat content creator, eksekutif muda, fotografer professional yang diem-diem suka main games, cocok banget pakai laptop ini. Laptop Zenbook 14X OLED (UX5400) punya desain premium dan elegan serta pastinya akan mendongkrak kasta ditempat kerja kalian.

Dapur pacunya juga sangat mumpuni untuk kegiatan desain menengah kebawah dan games kompetitif.

Yang paling spesial ada dilayarnya yang super cantik dengan panel OLED yang mampu memberikan tingkat akurasi warna yang maksimal. Ditambah screenpad yang memudahkan segala kegiatan para user (pengguna).

- Salam Digital -

Blogger Udik dari Cikeas - Andri Mastiyanto

Instagram : @andrie_gan I Twitter : @andriegan

“Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) Writing Competition bersama bairuindra.com,”

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image