Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image M.Rizal

Luhut ke Purwakarta Pantau Progres Program Citarum Harum

Info Terkini | Tuesday, 15 Mar 2022, 15:41 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Wahyu Sakti Trenggono, berkunjung ke Perum Jasa Tirta II Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Selasa 15 Maret 2022.

Dalam kunjungannya, kedua menteri Jokowi itu, didampingi Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana dan pimpinan unsur TNI-Polri.

Mereka berkunjung ke Kabupaten Purwakarta untuk meninjau progres pelaksanaan program percepatan, pengendalian, pencemaran dan kerusakan daerah aliran sungai (DAS) Citarum Harum.

Luhut Binsar Pandjaitan, dalam sambutannya menyampaikan, dalam penanganan Citarum Harum semua sektor saling bahu-membahu agar program ini ada kemajuan di setiap harinya.

"Hasilnya cukup baik dan ada kemajuan berkat dorongan dari semua pihak, di antaranya gubernur, bupati, staf ahli dan lainnya. Kalian termasuk dansektor merupakan pahlawan-pahlawan yang tidak diketahui orang," ucap Luhut.

Dijelaskannya, semua harus ditata dengan baik agar program Citarum Harum ini dapat mencapai target. Jika ada persoalan maka harus diselesaikan dengan baik sehingga tidak menimbulkan persoalan dikemudian hari.

"Mengenai keberadaan Keramba Jaring Apung (KJA) bukan tidak boleh, namun harus sesuai dengan daya tampung dari danau itu sendiri. Lebih dari itu mohon maaf, karena enak dikalian tidak enak ke orang lain. Pengaturan ini harus kita sepakati bersama," tegas Luhut.

Luhur juga mengapresiasi kinerja Menteri KKP dalam penanganan ini, memberikan solusi terhadap persoalan yang ada, termasuk juga gubernur dan bupati.

Ditempat yang sama, Menteri KKP, Wahyu Sakti Trenggono, menyampaikan Citarum merupakan sungai terpanjang di Jawa Barat yang melintasi 12 kabupaten/kota mulai hulu di kabupaten Bandung dan muara di Kabupaten Bekasi.

Ia mengaku mengapresiasi dan mensuport program Citarum Harum di Jawa Barat yang di bawah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

"Kami di KKP sangat mengapresiasi dalam penangan Citarum ini, diharapkan progresnya semakin baik," tutur Wahyu dalam sambutannya.*

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image