Menjaga Adab Di Tempat Wisata

Image
Supadilah
Eduaksi | Tuesday, 15 Mar 2022, 14:19 WIB
Patung di museum yang dinaiki oleh anak-anak (dokumentasi Supadilah?

Wisata menjadi kebutuhan manusia. Di tengah rutinitas sehari-hari yang berpotensi membuat kejenuhan, wisata menjadi solusi agar memberikan hiburan. Setelah berwisata, diharapkan bisa kembali segar.

Saat berwisata, hendaknya orang tua mengajarkan adab ke anak. Sekiranya melakukan hal tak sopan, atau tidak baik, jangan dibiarkan.

Misalnya membuang sampah sembarang. Meskipun ada petugas yang akan membersihkan sampah di tempat wisata, kita juga HARUS membuang sampah ke tempatnya.

Toh, kalau tempat wisata bersih, kita juga yang untung. Kita jadi nyaman berkunjung di sana dan akan datang lagi.

Orang tua terlebih dahulu memberi contoh menjaga kebersihan. Setelah itu, anak diajak untuk melakukan hal serupa. Memang tidak mudah, tapi ini harus dilakukan. Harus dibiasakan.

Misalnya suatu waktu anak lupa atau sengaja Membuang sampah sembarang, jangan dibiarkan. Ajak dia membuang sampah dengan cara yang benar. Boleh sang orang tua mengambil sampah itu lalu membuangnya ke tong sampah, atau ajak anak mengambil lagi sampah itu. Tentu dengan cara yang santun ya.

Adab lainnya adalah menerapkan kesopanan. Misalnya tidak naik dan tiduran di atas patung. Apalagi patung pahlawan. Walaupun hanya berbentuk patung tetap saja harus dihormati.

Kalau tidak menghormatinya, minimal tidak melecehkannya. Kan banyak ya kejadian yang melecehkan simbol-simbol yang harusnya dihormati. Misalnya beberapa waktu lalu ada remaja yang naik dan bercanda pada patung macan Lodaya. Videonya itu viral. Kemudian si pelaku diamankan. Nah, kalau begitu, pelaku juga kan yang repot.

Akhir pekan lalu saya melihat patung di sebuah Museum dinaiki oleh anak-anak. Bahkan mereka tidur di atas patung yang dibikin dengan biaya ratusan juta. Ada orang tuanya lho. Eh tapi orang tuanya diam saja. Membiarkan.

Saya lihat penjaga museum ini juga tak ada. Atau sedang menjaga di tempat lain. Ah, seharusnya tidak dibiarkan kelakuan anak-anak itu.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Guru di SMA Terpadu Al Qudwah Lebak Banten

Menghindari Mubazir Makanan Saat Ramadhan

Uniknya Tarawih di Musola Kami

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

150 Kumpulan Rekomendasi Caption Instagram Yang Sesuai Dengan Tema Fotonya

Image

Apa Fungsi dari Situs Web Lifeat Io Celebrity yang Sedang Ramai

Image

Tutor Pemasangan Apk PUBG 32 Bit Versi 1.5.0 Lengkap Beserta Link Download

Image

PUBG 32 Bit Apk V1.5 (Link Download Terbaru) Gratis 2022 Lengkap Beserta Cara Pasang Aplikasinya

Image

MP4Juice : Situs Gudang Download Lagu dan Musik Selain MP3Juice

Image

Link Nonton Anime Spy x Family Episode 12 Sub Indo Terbaru

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image