5 Jenis Pisang Goreng Tradisional Khas Indonesia

Image
Ficri P
Kuliner | Tuesday, 15 Mar 2022, 11:57 WIB

Indonesia mempunyai aneka ragam pisang goreng tradisional dari beraneka daerah. Mulai dari pisang goreng kipas khas Kalimantan hingga pisang goroho khas Manado. Orang Indonesia tetap mengandalkan pisang goreng sebagai camilan favorit. Pisang goreng sedap disantap sebagai rekan ngopi atau ngeteh. Rasanya manis gurih dan teksturnya sangat lembut dan empuk apa lagi menggunakan bumbu pisang goreng instan yang akan membuat cita rasanya semakin lezat.

Tak melulu berwujud pisang yang digoreng, beraneka daerah Indonesia mempunyai aneka pisang goreng unik. Masing-masing pisang goreng berikut mempunyai ciri khas dan keunikan sendiri. Mulai dari bahan yang digunakan, proses pembuatan, penampilan hingga langkah menyantapnya. Jenis pisang yang digunakan bisa dibilang berbeda-beda sesuai dengan karakteristiknya.

1. Pisang Goreng Kipas

Pisang goreng kipas merupakan jajanan khas Pekanbaru, Riau dan Pontianak, Kalimantan Barat. Sesuai dengan namanya, jajanan pisang goreng ini punya bentuk seperti kipas. Jenis pisang yang digunakan adalah pisang kepok yang masih tidak terlalu matang. Buah pisang itu diiris memanjang tanpa putus sehingga membentuk seperti kipas setelah di goreng.

2. Pisang Goreng Pasir

Pisang goreng pasir berbahan dasar pisang kepok yang dipotong berbentuk papan sesudah itu diberi susunan putih telur, selanjutnya tepung roti sebelum digoreng, hal ini mengakibatkan pisang mempunyai tekstur seperti kroket, makanan khas belanda yang berasal dari Perancis.

3. Pisang Goreng Kremes

Pisang goreng kremes sekilas terlihat sama sama dengan pisang goreng biasanya namun mempunyai adonan serta teknik penggorengan yang berbeda. Adonan pisang terbuat dari tepung beras, ekstrak vanila dan tambahan santan yang mengakibatkan pisang lebih beraroma dan mempunyai rasa manis dan gurih.

4. Pisang Goreng Madu

Pisang goreng madu merupakan hasil kreasi dari pisang goreng biasa yang adonannya ditambahkan madu, tidak cuman pada adonan madu, pada pisang sesudah digoreng juga ditambahkan madu sehingga membuatnya merasa lebih manis. Warna dari pisang goreng madu ini lebih gelap karena kandungan gula yang tinggi dari madu. Namun diluar penampilannya jenis pisang goreng ini memiliki rasa yang nikmat.

5. Pisang Goreng Goroho

Tak kalah unik pisang goreng dari Manado. Pisang gorengnya ini dikenal dengan sebutan pisang goroho. Masyarakat Manado kerap mengonsumsi pisang goreng goroho ini sebagai camilan. Jenis pisang yang digunakan adalah pisang lokal dari Manado. Tekstur pisangnya sama seperti pisang tanduk. Namun, untuk rasanya pisang ini hambar dan rasanya sama seperti ubi.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

MP3Juice CC Versi Download Lagu dan Musik MP3 yang Dulu 2020

Image

VidMate Apk MP3 dan MP4 Downloader Youtube Versi Lama

Image

Dredown: Download Video Private Facebook HD 1080p Quality Tanpa Aplikasi

Image

Petugas Lapas Lubuklinggau Berhasil Gagalkan Upaya Pelarian Dua Narapidana

Image

SSSTikTok 2022 : Download Video dari TikTok Gratis Tanpa Aplikasi

Image

Mp3 Juice.cc: Converter Youtube Mp4 To Mp3 Musik Tanpa Aplikasi 2022 Anti Ribet

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image