Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image yokiandika

Cara Memilih Aplikasi Kasir Untuk Bisnis

Bisnis | Tuesday, 15 Mar 2022, 09:42 WIB

Industri software di Indonesia sudah berkembang dengan cepat, dimana saat ini sudah ada banyak sekali pilihan aplikasi kasir online untuk kita pilih.

Seringkali kita bingung bagaimana sih cara memilih aplikasi yang paling tepat untuk bisnis kita. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan coba bahas beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memilih aplikasi point of sales atau kasir.

Secara singkat dalam memilih aplikasi kasir kita harus benar - benar mempertimbangkan bisnis kita sendiri. Dengan pertimbangan bisnis, kita bisa lebih baik dalam pemilihan karena tentunya akan membuat pekerjaan kita menjadi lebih mudah.

Pengertian Aplikasi Kasir

Aplikasi kasir atau Point of Sales adalah sebuah sistem yang mengintegrasikan berbagai jenis software dan hardware untuk memproses transaksi.

Pada mesin kasir konvensional dan tradisional, kita menyimpan transaksi dengan mencetak struk berwujud kertas, sementara dengan aplikasi kasir online modern, kita menyimpannya di sebuah database cloud. Dengan menggunakan aplikasi kasir online dan pos modern kita bisa mengetahui data pembelian, persediaan, bahkan sampai ke data promo produk.

Jadi perbedaan utama mesin kasir konvensional dan juga aplikasi kasir modern terletak pada sistem terintegrasi dan terorganisir dengan lebih baik.

Pertimbangan Fitur Aplikasi Kasir Untuk Bisnis

Ada beberapa fitur yang wajib dimiliki oleh setiap software kasir. Beberapa pengembang bahkan memberikan fitur yang sangat spesifik kepada bisnis retail untuk benar - benar memberikan manfaat kepada bisnis sistem retail.

Inventory Management Systems

Pengelolaan gudang dan persediaan stok adalah fitur utama yang paling dibutuhkan oleh setiap bisnis. Bayangkan jika bisnis Anda memiliki cabang di beberapa tempat dan membutuhkan integrasi dengan gudang, nah dengan sistem management inventory akan memudahkan jalannya pengelolaan stok barang. Kita bisa langsung tahu berapa stok barang, dimana tempat kita menyimpan barang, dan sebagainya.

Integrasi ke Berbagai Metode Pembayaran

Nah, cara memilih aplikasi kasir untuk bisnis selanjutnya adalah mempertimbangkan fitur yang mendukung integrasi ke berbagai metode pembayaran. Saat ini kita bisa bertransaksi dengan berbagai jenis pembayaran digital. Dengan pertimbangan ini, solusi yang bisa melakukan integrasi ke berbagai metode pembayaran sangatlah dibutuhkan. Jadi pertimbangkan fitur ini sebelum memilih aplikasi kasir online.

Loyalty Program

Beberapa bisnis terutama bisnis retail membutuhkan fitur ini untuk tetap berhubungan baik dengan pelanggan. Loyalty program adalah salah satu strategi marketing bisnis retail yang sangat efektif untuk tetap menjaga pelanggan lama maupun menarik pelanggan baru.

Ada beberapa aplikasi kasir online yang menawarkan fitur pengelolaan loyalty program dengan baik. Hal ini bisa menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih aplikasi kasir atau aplikasi pos untuk Anda. Pertimbangkan juga untuk integrasi dengan aplikasi lain seperti customer relationship management software.

Integrasi dengan Hardware

Sistem Point of Sales yang baik akan memiliki fitur yang diintegrasikan dengan berbagai perangkat baik mobile ataupun desktop. Aplikasi pos tetap membutuhkan mesin kasir, namun secara bersamaan data - datanya bisa diakses menggunakan perangkat apa saja misalnya smartphone atau laptop dan komputer.

Memproses Transaksi Dari Berbagai Tempat

Jika kita juga menjual barang kita di berbagai marketplace misalnya, tentu akan lebih mudah apabila sistem mampu mencatat transaksi ini secara otomatis. Nah, software kasir saat ini juga harus dilengkapi dengan transaksi omnichannel dari berbagai media dan marketplace. Fitur ini akan memudahkan pemilik bisnis mencatat semua transaksi dari mana saja.

Cara Memilih Aplikasi Kasir Untuk Bisnis

Walaupun pertimbangan fitur yang ada di atas cukup mewakili dalam pemilihan aplikasi kasir, tapi yang paling mengetahui kondisi bisnis Anda adalah Anda sendiri. Setelah melihat rekomendasi fitur kita harus melihat beberapa faktor lain.

- Terus lakukan riset dan riset

- Pertimbangkan budget

- Pertimbangkan sumber daya manusia

- Pertimbangkan jenis bisnis Anda

Pertimbangkan dampak yang didapatkan oleh pelanggan Anda dan bisnis Anda

Dengan pertimbangan ini pasti bisnis akan menjadi lebih baik. Jadi gunakan beberapa informasi ini sebelum memilih Aplikasi kasir ya? Selamat mencoba, semoga informasi ini bisa digunakan dengan baik.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image