UMJ Menggelar Sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan Strategi Lolos PIMNAS

Image
Humas FT-UMJ
Eduaksi | Monday, 14 Mar 2022, 10:37 WIB
Sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa dan Strategi Lolos PIMNAS pada Kamis, 27 Januari 2022. Dok.Zoom Meeting

Jakarta – Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) akan dimulai Kembali. Program tahunan dari Dikristek Kemdibud ini merupakan program paling bergengsi setiap tahunnya. Fakultas Teknik sendiri banyak mengeluarkan alumni PKM yang mencapai tingkat tertinggi yaitu PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) dan mendapatkan beberapa penghargaan. Acara sosialisasi ini diisi oleh beberapa perwakilan dari Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta yaitu Bapak Irfan Purnawan S.T, M.Chem.Eng selaku Dekan dan pembimbing PKM yang pernah mencapai tingkat PIMNAS, Arif Purwadana, ketua tim PKM peraih juara favorit pada PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) ke 33 tahun 2020 dengan kategori PKM PE (Penelitian Eksakta) dan Novita selaku tim lolos ke PIMNAS ke 34 tahun 2021 dengan kategori PKM-Kewirausahaan.

Wakil Rektor IV Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan AIK, Dr. Septa Candra, SH., MH., turut hadir dan memberikan sambutan di awal acara. Menurutnya sosialisasi pedoman mengenai PKM yang diselenggarakan pada awal tahun 2022 ini sebagai ajang persiapan mahasiswa dalam membuat proposal kegiatan PKM. “Melalui Peraturan Rektor No. 5 tahun 2022, PKM ini bersifat wajib minimal 1 (satu) kali dan dibuktikan dengan sertifikat. Hal ini juga tentu menjadi prasyarat tugas akhir skripsi ”

Irfan Purnawan, ST., M. Chem. Eng dalam materinya mengatakan, PKM bisa sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk dapat mempercepat lulus kuliah (tergantung peraturan di setiap program studi), kedekatan dengan dosen, berfikir sistematis, mengasah kreativitas, kemampuan komunikasi dan Kerjasama tim lebih baik dan menambah teman baru. “Kenapa menambah teman baru, karena peluang lolos lebih besar apabila tim PKM berasal dari lintas jurusan dan lintas Angkatan.” Kata Irfan Purnawan, ST., M. Chem. Eng.

Keuntungan bukan hanya akan dirasakan oleh mahasiswa dan dosen tetapi juga akan menguntungkan universitas dalam hal pemeringkatan perguruan tinggi, akreditasi program studi dan akreditasi institusi. PKM sendiri dibagi menjadi 3 bagian yaitu PKM 5 bidang (PKM-R, PKM-K, PKM-PM, PKM-PI, PKM-KC) , PKM GFK (Gagasan Futuristik Konstruktif) dan PKM-KT (Karya Tulis (PKM-AI, PKM-GT)).

Novita dalam sharing strategi lolos ke PIMNASnya mengatakan, “Tips lolos untuk ke pimnas, kita harus mengeksekusi program dengan membuat timeline agar dapat mengevaluasi secara berkala, mempersiapkan presentasi dan perangkatnya, serta memastikan bahwasannya output atau luaran yang kita janjiin harus terpenuhi”

Selanjutnya Arif Purwadana, ketua tim PKM yang juara favorit pada PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) ke 33 tahun 2020 dengan kategori PKM PE (Penelitian Eksakta), memberikan beberapa tips kepada peserta sosialisasi agar proposal yang diajukan dapat lolos dan didanai. “Kita harus mengikuti pedoman dan mematuhi format yang tertera di dalam pedoman, dan juga kita harus membuat judul serta latar belakang yang menarik. Dalam mengikuti PKM ini, kita harus merancang program yang kreatif dan tentunya dengan rekan yang bervariasi”, pungkasnya.

Baca juga : UMJ Menggelar Sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan Strategi Lolos PIMNAS

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Rutan Temanggung adakan FUN GAME untuk Seluruh Pegawai Memperingati HUT RI dan HDKD 2022

Image

Perkuat Tusi Kehumasan, Pengelola Humas Jepara Ikuti Penguatan dari Sekretaris Jenderal Kemenkumham

Image

Jurnal ku hari ini

Image

Rupbasan Surakarta ikuti Penguatan Kehumasan oleh Sekretaris Jenderal

Image

Resmikan Eco Bee Park, Menteri LHK Dorong UMKM Semakin Maju Manfaatkan Madu dan Kelor

Image

Jelang Upacara HUT RI dan HDKD Ke-77 Tahun 2022, LPKA Kelas I Palembang Kemenkumham Sumsel Ikuti Rap

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image