Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sutanto

Dukung Literasi, Guru MTsN 3 Bantul Kolaborasi dengan Guru TK Solo Membuat Lagu Anak.

Eduaksi | Monday, 14 Mar 2022, 00:02 WIB

Ayah ibuku yang kucinta/ Terimakasih buat semua

Jerih lelahmu setiap hari/ Membuatku hidup berarti

Trimakasih ayah trimakasih ibu/ Nasihatmu kan kuingat slalu

Kumenghormati berbakti padamu/ Hidup dalam teladanmu

Lirik di atas merupakan lirik lagu anak berjudul Terimakasih Ayah Ibu merupakan kolaborasi daring Guru MTsN 3 Bantul Sutanto dan Guru TK Marsudirini Solo Bunda Vivin, telah diunggah di chanel youtube, Sabtu (12/3/2022).

Sutanto selaku Music Arranger menjelaskan dirinya merasa terpanggil turut menyemarakkan khasanah lagu anak Indonesia dengan karya yang sesuai dengan karakter anak dengan syair yang mengandung Pendidikan.

“Sangat disayangkan kalau anak-anak kecil dijejali dengan lirik lagu orang dewasa. Hal tersebut akan berdampak negatif pada perkembangan jiwa mereka. Melihat lirik yang dibuat Bunda Vivin sarat dengan nilai baik dan sangat pas dengan usia anak, maka saya menyambut baik ajakannya untuk mempersembahkan karya ini untuk anak Indonesia.” Jelas Sutanto

Bunda Vivin menambahkan, lagu tersebut ditulis selama 2 minggu. Berawal dari mengajar siswa dengan tema Pekerjaan Orang tuaku. Dirirnya ingin mendidik karakter anak-anak melalui lagu itu. Lagu berisi pesan kepada anak-anak untuk selalu mengasihi dan menyayangi orangtuanya. Sejak dini menaruh rasa hormat dan berbakti kepada orang tua.

Apalagi saat-saat ini tugas orang tua tambah berat, selain bekerja mereka juga harus menjadi guru dan teman belajar di rumah.

“Saya juga tambahkan pesan pada anak-anak utk setiap hari memeluk orang tuanya, mengucapkan terima kasih pada mereka,” ujarnya.

Vivin adalah bukan guru TK biasa, namun memiliki multi talenta, selain menyanyi juga seorang penulis. Awalnya menuliskan praktik baiknya daalm karya ilmiah best practise tentang membuat media pelajaran. Vivin juga telah menulis beberapa Laporan Penelitian Tindakan Kelas, salah satu laporan PTKnya sudah diterbitkan dalam bentuk buku pada tahun 2018 dalam even GMB. Karya-karya tersebut telah mengantarnya menjadi Pendidik PAUD terbaik Kota Surakarta, selama 2 tahun berturut-turut (2014 dan 2015) dan sebagai runner up di Provinsi Jawa Tengah.

Melalui Komunitas Yuk menulis (KYM) pimpinan Vitriya Mardiyati, Vivin yang senang menyanyi dan belajar mencipta lagu. Vivin bertemu dengan Sutanto, sesama anggota KYM yang berprofesi guru seni budaya dan seorang music arranger.

“Saya merasa terhormat bisa berkolaborasi dengan beliau, karena baginya sebuah lagu adalah karya literasi, banyak pesan yg baik yg bisa disampaikan melalui lagu, apalagi untuk anak usia dini. Mereka akan cepat belajar bila materi pembelajaran dibuat dalam bentuk lagu.

Bapak Sutanto juga berperan banyak sebagai editor lirik dan tempo lagu, sehingga lagu tersebut menjadi lebih ceria saat dinyanyikan,” pungkasnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image