Rawan Bencana, PPSDM Geominerba Berikan Pelatihan Bagi Masyarakat Tangguh Bencana di Sumatera Barat

Image
Geominerba Geominerba
Info Terkini | Friday, 11 Mar 2022, 18:19 WIB

Provinsi Sumatera Barat sebagai salah satu provinsi di barat Indonesia merupakan salah satu daerah rawan bencana. Berada di zona subdiksi lempeng Indo Australia ke bawah lempeng Eurasia, hal ini memberikan kontribusi tektonik di laut maupun di daratan Pulau Sumatera.

Hal ini memungkinkan provinsi Sumatera Barat menjadi wilayah rawan bencana, diantaranya bencana gempa bumi dan tsunami. Bencana ini merupakan proses alam yang tidak dapat dihentikan.

Usaha untuk memprediksi kapan terjadi bencana pun belum bisa dilakukan, hal konkret yang bisa dilakukan adalah mempersiapkan perencanaan mitigasi. Perencanaan mitigasi dilakukan dengan memberikan sosialisasi mitigasi bencana bagi masyarakat.

PPSDM Geominerba sebagai Lembaga Diklat Pemerintahan memberikan pembekalan terkait penyuluhan mitigasi bencana gempa bumi dan tsunami bagi masyarakat di provinsi Sumatera Barat.

Jumaidi Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumatera Barat membuka secara resmi Diklat Penyuluh Mitigasi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami bagi masyarakat Provinsi Sumatera Barat, Senin (7/3/2022) di Hotel Pangeran, Padang.

Sebanyak 20 orang yang merupakan perwakilan dari masyarakat Tangguh bencana mengikuti kegiatan pembekalan ini selama lima hari (7-11 Maret 2022). Dengan materi seperti: Pengenalan Bencana Gempa Bumi, Pengenalan Bencana Tsunami, Mitigasi Bencana Gempa Bumi, Mitigasi Bencana Tsunami, Penyusunan Bahan Sajian/Bahan Presentasi, Teknik Penyuluhan, Praktik Kerja Lapangan, dan Seminar Simulasi.

Diharapkan dengan adanya pelatihan ini dapat memberikan pemahaman terkait dengan mitigasi bencana Gempa Bumi dan Tsunami serta dapat mensosialisasikannya kepada masyarakat luas sehingga dapat mengantisipasi dan meminimalisir korban dan kerugian apabila terjadi bencana tersebut.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Kepala LPKA Kelas I Palembang Kemenkumham Sumsel Ikuti Webinar Prison Overcrowding

Image

Kenang Jasa Pahlawan, Karyawan Royal Darmo Malioboro Hotel Tabur Bunga di TMP Kusumanegara

Image

UMP Lolos Pendanaan Matching Fund 2022

Image

Tingkatkan Kinerja Kehumasan, Tim Humas Lapas Surulangun Ikuti Penguatan Tugas dan Fungsi

Image

Bapas Nusakambangan Ikuti Penguatan Tugas Dan Fungsi Kehumasan Secara Virtual

Image

Pemegang Paspor RI yang Hendak ke Jerman dapat Ajukan Endorsement Tanda Tangan di Kantor Imigrasi

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image