3 Cara Penting Membantu Anak Anda Suka Membaca

Image
Suko Waspodo
Eduaksi | Thursday, 10 Mar 2022, 10:10 WIB
image: buzzpo.com

Membaca membuka mata kita pada banyak petualangan dan gaya hidup berbeda yang mungkin tidak pernah kita alami dengan cara lain. Itu bisa membawa kita ke negeri lain dan membantu kita benar-benar menggunakan imajinasi kita. Namun, sebagai seseorang yang suka membaca, bagaimana cara Anda mewariskan kegemaran ini kepada anak Anda? Bagaimana Anda membantu anak-anak Anda menemukan kesenangan dalam membaca seperti halnya Anda?

Pertama, adalah ide yang sangat bagus untuk mengelilingi mereka dengan buku-buku dan membantu membuat membaca menjadi pengalaman yang positif untuk mereka bagikan kepada Anda. Berikut adalah beberapa ide bagus lainnya untuk membantu Anda mengajari anak-anak Anda cara suka membaca.

Baca untuk Mereka

Mulailah membacakan untuk anak-anak Anda sesegera mungkin. Anda pasti akan terkejut dengan seberapa besar perbedaan yang dapat dibuat. Bahkan ketika mereka baru lahir, Anda dapat berinvestasi dalam buku papan bayi yang kokoh dan berbicara dengan mereka tentang gambar-gambarnya. Pada titik ini, sebenarnya membaca kata-kata di halaman tidak sepenuhnya diperlukan. Saat mereka tumbuh sedikit lebih tua, kebanyakan bayi masih tidak akan duduk diam cukup lama untuk mendengarkan buku dan ini dapat membuat orang tua frustrasi.

Namun, pastikan untuk duduk bersama mereka dan beri nama item di halaman. Saat rentang perhatian mereka memanjang, Anda mungkin bisa mulai membacakan untuk mereka. Setelah cerita pendek dengan gambar, Anda dapat memperkenalkan buku dengan bab yang pendek dan menarik. Diskusikan karakter dan apa yang Anda baca bahkan ketika Anda tidak sedang duduk dengan buku itu. Itu benar-benar dapat membantu meningkatkan pemahaman.

Baca bersama Mereka

Setelah anak Anda belajar membaca untuk dirinya sendiri, jangan biarkan mereka lepas! Pilih buku dengan kata-kata yang mudah dan bacalah bersamanya. Coba minta mereka membaca satu kalimat atau paragraf dan Anda membaca yang berikutnya. Setelah mereka menguasai membaca paragraf, lanjutkan ke halaman. Bantuan dengan kata-kata yang sulit dan dengan lembut mengoreksi kata-kata yang salah diucapkan. Dorong mereka untuk mengucapkan kata-kata yang tidak dikenal, tetapi berhentilah jika Anda tampaknya membuatnya frustrasi.

Ini seharusnya menjadi waktu yang menyenangkan bagi Anda berdua, terpisah dari pekerjaan rumah atau tugas sekolah lainnya. Anda juga dapat mengizinkan mereka pergi ke toko buku atau perpustakaan dan memilih buku yang mereka minati. Anda bahkan mungkin ingin menyarankan genre yang berbeda untuk melihat di mana minat mereka berada.

Baca sekitar Mereka

Anak-anak yang melihat orang tuanya membaca lebih cenderung melihat membaca sebagai kegiatan yang diinginkan. Sediakan buku-buku yang sesuai dengan tingkat usia untuk setiap anggota rumah setiap saat. Juga, jika Anda memiliki minat yang sangat besar pada buku, Anda bahkan bisa mendapatkan gelar master dalam ilmu perpustakaan. Dengan begitu, Anda bisa bekerja di perpustakaan dan bisa berbagi pengetahuan tentang buku dengan anak-anak Anda. Ini juga akan membantu menunjukkan kepada mereka betapa berartinya membaca bagi Anda.

Jika memungkinkan, Anda bisa membuat perpustakaan keluarga di rumah Anda. Mungkin Anda bahkan bisa membuat sudut baca keluarga di mana anggota keluarga dapat membaca bersama dan menikmati kebersamaan satu sama lain. Anda bahkan mungkin ingin mendiskusikan buku-buku yang Anda baca dengan anak-anak Anda. Jika ada bagian yang mungkin menarik bagi mereka, beri tahu mereka! Bahkan jika itu hanya seekor anjing besar yang mengingatkan Anda pada berbulu halus, Anda dapat melibatkan mereka dalam dunia buku Anda dan mereka akan ingin menjelajahi buku untuk diri mereka sendiri.

Jelas tidak ada yang lebih baik daripada bisa sepenuhnya muncul dalam buku yang bagus. Itulah mengapa penting bagi Anda untuk mulai menjangkau anak-anak Anda dengan membaca sekarang. Anda tidak pernah tahu, dengan mengikuti langkah-langkah sederhana ini, Anda berpotensi menciptakan pembaca seumur hidup.

***

Solo, Kamis, 10 Maret 2022. 10:04 am 'salam hangat penuh cinta'

Suko Waspodo

suka idea

antologi puisi suko

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Ordinary Man

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Mencari Pemimpin Visioner PMII Cabang Tangerang

Image

Kuliah Kerja Profesi untuk Mendukung Kerja Sama Dunia Usaha dan Dunia Indsutri

Image

Bersiaplah Menyambut Hiruk Pikuk Pesta Demokrasi

Image

Staff Registrasi Bapas Semarang Siap Menyajikan Data yang Akuntabel

Image

APK Bapas Semarang Turun Ke Ladang Untuk Melakukan Pengawasan Program Asimilasi Dalam Lapas

Image

Tingkatkan Akuntabilitas Bapas Semarang Laporkan Capaian Output Melalui E-Monev

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image