Mengenal Tugas Seorang Customer Care dalam Sebuah Perusahaan
Senggang | 2025-08-18 11:42:25
Setiap perusahaan, biasanya memiliki tim customer care (layanan pelanggan), yang mana bagian ini sangat penting untuk diperhatikan. Semakin baik kualitas layanan pelanggan, maka semakin tinggi tingkat kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan.
Customer care tidak hanya sebatas bentuk pelayanan saja, melainkan bagaimana suatu perusahaan memperlakukan pelanggan mereka dengan baik dan penuh rasa hormat serta membangun hubungan emosional dengan mereka.
Setiap tim customer care tidak sekadar memberikan layanan yang diharapkan oleh konsumen dari bisnis atau menyediakan dukungan teknis saja, tetapi juga mampu memenuhi kebutuhan emosional pelanggan serta membina relasi yang baik.
Apa Saja Tugas dari Seorang Customer Care?
Petugas customer care biasa disebut juga dengan customer care officer. Mereka harus paham dan memiliki skill yang baik dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan dan memastikan mereka mendapatkan pengalaman yang memuaskan.
Meski terlihat sepele, sebenarnya tugas customer care itu sangat berat dan harus memiliki pribadi yang sabar, ramah, aktif dan supel.
Nah, berikut ini beberapa tugas dari seorang customer care officer :
1. Memberikan pelayanan sekaligus kesan menyenangkan kepada setiap pelanggan
Seorang customer care harus memahami situasi dari setiap pelanggan, sehingga mampu memberikan solusi yang tepat sesuai dengan kebutuhan mereka. Dengan demikian layanan pelanggan yang efektif akan terwujud.
Ketika pelanggan telah mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan merasa puas, ini berarti tim customer care sudah berhasil menciptakan pengalaman positif secara menyeluruh.
2. Menjaga dengan baik dan berkelanjutan relasi dengan pelanggan
Tugas seorang customer care akan dianggap efektif jika mampu melibatkan koordinasi antar departemen dalam suatu perusahaan untuk bisa saling berinteraksi dengan pelanggan serta menyediakan solusi yang tepat dan optimal.
Ketika customer care mampu menjaga relasi dengan baik terhadap calon pelanggan dan klien, biasanya mereka akan memandang perusahaan sebagai mitra terpercaya dan cenderung akan kembali lagi sebagai customer journey.
Customer journey adalah sebuah rekam jejak perjalanan yang melacak bagaimana calon pelanggan menjadi pelanggan yang loyal. Ini artinya interaksi dengan pelanggan tidak hanya sebatas transaksi saja, tetapi juga bagaimana memberikan layanan after sales yang baik.
3. Memahami dan merespon aspek emosional pelanggan
Dalam job desk seorang customer care officer, klien ataupun pelanggan bukan hanya sekadar “akun” atau “entri” dalam sebuah database. Mereka adalah individu yang memiliki perasaan dan sisi emosional.
Maka dari itu, layanan pelanggan yang baik mampu merespon setiap sisi emosional pelanggan dengan baik. Dengan kemampuan dalam mengidentifikasi emosi yang erat kaitannya dalam pengambilan keputusan pembelian, hal ini mampu meningkatkan pengalaman pelanggan.
4. Mengevaluasi tingkat kepuasan pelanggan
Salah satu aspek krusial dalam layanan pelanggan adalah melakukan evaluasi kepuasan pelanggan. Pada umumnya hal ini mencakup penilaian yang dilakukan secara berkala mengenai sejauh mana pelanggan merasa puas dengan produk dan layanan yang diberikan oleh perusahaan.
Hasil dari evaluasi tersebut nantinya akan digunakan perusahaan untuk mengoreksi apa saja kekurangannya sekaligus meningkatkan kualitas produk serta layanan.
Mengenal Telkom Indibiz Care, Layanan Pelanggan B2B yang Cepat Tanggap Memenuhi Kebutuhan Pelaku Usaha
Salah satu perusahaan besar yang memiliki layanan pelanggan yang prima dan profesional adalah Telkom Indonesia.
Sebagai penggerak percepatan transformasi digital untuk para pelaku usaha di segmen B2B (Business-to-Business), Telkom Indonesia terus berkomitmen menerapkan prinsip simplify to amplify (menyederhanakan untuk memperkuat) dalam proses customer journey.
Catatan perjalanan setiap klien atau pelanggan (customer journey) serta kepuasan dan pengalaman pelanggan menjadi begitu penting bagi Telkom Indonesia. Sehingga menghadirkan layanan pelanggan melalui Telkom Indibiz Care di berbagai kanal komunikasi.
Layanan Telkom Indibiz Care bisa diakses dengan cepat dan mudah selama 24/7 hari tanpa mengenal hari libur di seluruh kanal komunikasi, mulai dari email, call center, media sosial dan direct message.
Layanan Indibiz Care ini sangat memuaskan dan profesional. Bahkan teknisinya dengan sigap siap mengatasi kendala dan masalah di lapangan tidak kurang dari dua jam saja.
Konklusi
Semakin baiknya kualitas layanan after sales dan layanan pelanggan dari Indibiz Customer Care ini menunjukkan bahwa Telkom Indonesia benar-benar sangat memperhatikan setiap pengalaman pelanggan (customer experience) dengan sangat baik.
Berikut adalah kanal komunikasi Telkom Indibiz Care yang dapat diakses dengan mudah oleh pelanggan. Call Center: 0800-1-835566 / 1500250. Email: indibizID.care@telkom.co.id / tenesa@telkom.co.id. WhatsApp: 0812-8323-5566. Facebook: Tenesatelkom. X (Twitter): @tenesa_telkom. Telegram: Tenesa_Telkom_Bot. Instagram: @indibizcare & @indibiz.id dan Virtual Plasa: www.indibiz.co.id
Semoga bermanfaat.
Disclaimer
Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.
