Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image R Sianturi

Mirip SuntonFX, Robot Trading Fahrenheit Di MC Kan

Info Terkini | Tuesday, 08 Mar 2022, 18:54 WIB
Sejalur dengan SuntonFX pada Tahun 2021, Robot trading Fahrenheit Juga Scam

Robot trading Fahrenheit dikabarkan scam dengan sengaja dibuat MC atau margin call.

Situasi tersebut ikut membuat member robot trading DNA Pro ketar-ketir.

Pasalnya, Fahrenheit dan DNA Pro diketahui memiliki keterkaitan.

Kabar Fahrenheit scam dengan cara sengaja dibikin MC beredar luas di kalangan trader, Senin 7 Maret 2022 malam.

Tangkapan layar yang menunjukan akun member Fahrenheit mengalami kerugian betebaraan di grup-grup komunikasi trader.

Pakar keuangan Roy Shakti bahkan sengaja melakukan siaran live di kanal YouTube untuk memperlihatkan terjadinya MC pada salah satu akun member Fahrenheit.

Roy menunjukkan salah satu akun member Fahrenheit yang mengalami kerugian kehilangan depositnya menjadi minus 326.162,76 dolar AS.

"Robot trading Fahrenheit akhirnya di MC kan secara massal," kata Roy lewat tayangan langsung via YouTube Senin 7 Maret 2022.

Modus sengaja MC banyak dilakukan oleh manajemen robot trading yang berujung scam. Yang masih hangat adalah EA Copet.

EA Copet menaikkan lot dan menggeser stop loss hingga deposit member terkuras.

Roy menyatakan modus akun sengaja dibikin MC akan diikuti oleh robot trading lain. "Menyusul DNA (Pro), karena itu saudara," kata dia.

Informasi yang beredar di kalangan trader, Fahrenheit yang punya nama lengkap FSP Akademi Pro memang memiliki keterkaitan dengan DNA Pro.

Dalam bagian frequently asked questions (FAQ) atau pertanyaan yang sering diajukan di laman fspbot.com manajemen Fahrenheit memberi jawaban bersayap atas pertanyaan Apakah FSPBOT masih bagian dari DNA Pro? "Tidak ada kaitan dengan DNA secara resmi," demikian jawaban yang diberikan.

Situasi yang dialami Fahrenheit ikut membuat ketar-ketir member DNA Pro.

Seorang member DNA Pro yang tak mau disebut namanya berharap apa yang terjadi pada Fahrenheit tidak merembet ke DNA Pro.

"Apalagi manajemen baru saja menjanjikan member bisa melakukan WD," kata dia.

Untuk diketahui, Fahrenheit dan DNA Pro termasuk salah satu perusahaan yang diblokir oleh Bappebti Kemendag dan Satgas Waspada Investasi. Ada juta Net89, Auto Trade Gold, dan Viral Blast.

Total sampai Februari 2022 lalu, Bappebti memblokir 336 perusahaan robot trading ilegal.

Perusahaan-perusahaan itu diduga melanggar Undang-Undang Tentang Perdagangan Berjangka Komoditi.

Mereka juga diduga menyalahgunakan legalitas Surat Izin Usaha Penjualan Langsung (SIUPL) yang diterbitkan Kemendag.

SIUPL merupakan izin usaha melakukan kegiatan usaha penjualan langsung yaitu sistem penjualan barang tertentu melalui jaringan pemasaran yang dikembangkan penjual langsung yang bekerja atas dasar komisi dan/atau bonus berdasarkan hasil penjualan kepada konsumen di luar lokasi eceran.

Barang yang termasuk produk komoditi berjangka sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan/atau jasa dilarang dipasarkan melalui sistem penjualan langsung. ***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image