Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Bustanol Arifin

Membangun Karakter Anak Melalui Model Pembelajaran

Eduaksi | Tuesday, 08 Mar 2022, 16:09 WIB

Bandung, (12-02-2022) "Trial Sentra Class, Tema Air" menjadi pilihan tema perhelatan kegiatan pembelajaran yang diadakan oleh unit pendidikan Day Care, RA dan MI Yayasan Hayatan Thayyibah Pondok Pesantren Hidayatullah Bandung.

Mengambil spirit Al-Qur'an yang berbunyi: “Dan hendaklah takut (kepada Allah) orang-orang yang sekiranya mereka meninggalkan keturunan yang lemah di belakang mereka yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan)nya. Oleh sebab itu, hendaklah mereka bertakwa kepada Allah, dan hendaklah mereka berbicara dengan tutur kata yang benar.” (Q.S. al-Nisa’/4:9).

Berlandaskan dari firman Allah tsb. Kita harus mempersiapkan anak - anak kita menjadi generasi yang kuat dan berkualitas.

Bagaimana caranya????

Setiap manusia yang terlahir dalam keadaan fitrah, jiwa yang suci dan memiliki potensi menerima kebaikan dengan berbekal akal pikiran dan hati nurani.

Untuk menjaga fitrah serta mengembangkan potensi yang sudah ada pada diri anak tidak bisa berkembang begitu saja perlu adanya ikhtiar dan do'a, ikhtiar berupa stimulus serta arahan dari lingkungan sekitar, namun apakah stimulus yg diberikan itu akan mengembangkan potensinya atau bahkan mematikan potensi yang ada.

"Jika melihat dari karakteristik cara belajar anak usia dini juga karakteristik pembelajaran anak usia dini tentu arahan atau stimulus tidaklah sama dengan anak yang sudah menginjak usia SD atas atau SMP. Maka perlunya stimulus yang tepat dengan memperhatikan tingkat pencapaian perkembangan, karakteristik, kelebihan dan keunikan setiap anak." Tutur Sa'adah Al-Munirah selaku kepala madrasah RA Yaa Bunayya Hidayatullah Bandung.

"Maka dari itu kami berikhtiar dalam mempersiapkan generasi yang kuat serta berkualitas dengan kegiatan pembelajaran anak usia dini menggunakan model pendekatan pembelajaran yang berfokus pada anak dan dalam proses pembelajarannya berpusat di sentra bermain dan saat anak melingkar adalah model yang tepat dengan karakteristik cara anak belajar dengan membangun pengetahuannya melalui media main juga saat sircle, anak belajar secara alamiah melalaui bahan alam, pembelajaran yang memperhatikan seluruh aspek perkembangan anak ( spiritual, sosial emosional, bahasa, kognitif, fisik dan seni), menarik , bermakna dan fungsional." Lanjutnya penuh semangat.

Usia dini adalah masa keemasan atau dikenal dengan sebutan golden age. Jika usia emas ini kita sia - siakan, maka mustahil kita akan melahirkan generasi yang kuat dan berkualitas. Maka pertingnya Pendidikan Anak Usia Dini karena sebagai pondasi awal yang akan menjadi bekal anak dimasa yang akan datang.

Kegiatan ini cukup mendapat respon positif dari para orang tua. Terbukti, kurang lebih 100 peserta ikut dalam perhelatan Sentra Class dari awal hingga akhir. Ditemani oleh para orang tua masing-masing anak, guru dan panitia pelaksana.

Selain itu, kegiatan Sentra Class ini menjadi program unggulan di RA Yaa Bunayya Hidayatullah Bandung. Menariknya lagi, kegiatan pembelajaran berbasis Sentra Class merupakan yang pertama kali dilaksanakan khususnya di wilayah kecamatan Cimenyan Kab Bandung.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar
 

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image