Mekanisme Transaksi ETF di Pasar Primer, Investor Institusi Wajib Tahu

Image
Dhea Anggraini
Bisnis | Monday, 07 Mar 2022, 11:27 WIB

Dalam transaksi Exchange Traded Fund (ETF) dikenal pasar primer (primary market). Pasar primer adalah tempat transaksi ETF langsung melalui dealer partisipan dengan transaksi minimum 1 unit kreasi yang setara dengan 100.000 unit penyertaan (1.000 lot).

Boleh dikata transaksi ini tergolong gede karena melibatkan nominal yang cukup besar. Tak mengherankan, yang biasa bertransaksi di pasar primer untuk ETF ini adalah investor dengan modal gede atau biasanya juga dilakukan investor institusi.

Perlu dicatat di sini bahwa transaksinya ke dealer partisipan, bukan ke manajer investasi (MI). Kenapa ke dealer partisipan? Jelas karena mereka inilah pihak yang sudah ditunjuk oleh MI yang menangani pembelian dan penjualan ETF.

Lantas seperti apa mekanisme transaksi ETF di pasar primer secara konkret? Cukup gampang, investor tinggal melakukan order beli ETF ke dealer partisipan yang minimal nominalnya 1 unit kreasi. Namun sebelum bertransaksi, harus dipastikan investor sudah memiliki rekening efek di anggota bursa (sekuritas) yang menjadi dealer partisipan.

Supaya lebih konkret, ambil saja contoh di Indo Premier Sekuritas yang juga menjadi dealer partisipan transaksi ETF. Berbeda dengan dealer partisipan lainnya, Indo Premier Sekuritas sudah menawarkan transaksi ETF di primary market secara online.

Transaksi ETF di primary market bisa dilakukan dengan smartphone di genggaman tangan karena transaksi di dealer partisipan ini sudah berbasis aplikasi. Transaksi ETF di pasar primer sudah bisa dilakukan dengan aplikasi IPOT karena platform transaksi ETF untuk pasar primer ini sudah diintegrasikan dalam aplikasi IPOT.

Dengan kemajuan teknologi berbasis aplikasi ini investor institusi dan investor dengan modal gede bisa dengan mudah melakukan transaksi jual-beli ETFnya dengan mudah. ETF yang dengan berbagai keunggulannya menjadi gampang ditransaksikan. Subsription dan redemption gampang dilakukan karena di aplikasi ini juga tersedia charting yang memudahkan investor melihat perkembangan dari waktu ke waktu.

Selain charting yang komprehensif, investor bisa juga membandingkan antara ETF dan reksa dana untuk melihat kinerja mana yang terbaik. Alhasil, investasi ETF yang saat ini masih belum banyak dikenal gampang dilakukan.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

3 Prinsip Pengelolaan Reksa Dana Syariah

Seluk-Beluk Investasi Saham Syariah

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Karutan Temanggung ikuti arahan Kadivpas Jateng tentang Kewaspadaan Keamanan dan Ketertiban

Image

Ketua DWP Rutan Temanggung Hadiri Pertemuan Rutin Persatuan Ibu-Ibu Pengayoman dan PIPAS Jateng

Image

Karutan Temanggung ikuti arahan Kadivpas Jateng tentang Kewaspadaan Keamanan dan Ketertiban

Image

Hadapi Indonesia Emas 2045, Begini Pesan Menko PMK Kepada Mahasiswa Baru UM Bandung

Image

Pamerkan Hasil Karya WBP, Rutan Demak Turut Ramaikan Car Free Day

Image

Mencerahkan! 414 Mahasiswa Baru Ramaikan Masta PMB UMS 2022 Gelombang 3

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image
-->