Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Maula falih

Soekarno sang putra fajar part 2

Sejarah | Saturday, 05 Mar 2022, 09:56 WIB

Pada tanggal 18 Agustus 1945 Bung Karno selaku ketua Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) ditunjuk oleh peserta sidang menjadi presiden Republik Indonesia pertama.Beliau didampingi oleh Bung Hatta menjadi wakil presiden. Masa jabatan Bung Karno menjadi presiden sekitar 22 tahun berkisar antara tahun 1945-1967.

Menjadi presiden pertama Republik Indonesia tidaklah mudah apa yang dihadapi sebab Indonesia pada saat itu belum memiliki konstitusi negara kemudian juga belum memiliki badan pertahanan negara yang resmi.

Pada masa awal jabatannya, Belanda datang kembali ke Indonesia dengan alasan ingin menguasai kembali Indonesia dan tidak mengakui kemerdekaan yang telah diproklamasikan itu.

Akhirnya Bung Karno dan rakyat Indonesia berusaha mempertahankan kemerdekaan yang telah diraih itu. Bung Karno,Bung Hatta bersama tokoh-tokoh lainnya berjuang melalui jalur diplomasi sedangkan rakyat banyak berjuang dengan pertempuran.

Salah satu pertempuran yang paling heroik adalah pertempuran di surabaya. Kemudian pada tahun 1948 Yogyakarta ibukota indonesia saat itu diserang Belanda akhirnya Bung Karno.

Bung Hatta dan tokoh-tokoh lainnya ditangkap dan diasingkan oleh Belanda.kemudian pada bulan Desember 1949, Bung Karno dilantik menjadi presiden RIS. Dan pemangku jabatan presiden RI ditunjuk Mr.Asaat.Akhirnya pada tanggal 27 Desember 1949, Belanda mengakui kedaulatan Indonesia maka sejak itu maka berakhirlah penjajahan Belanda di Indonesia.

Pada tahun 1950, negara Indonesia masih bentukkan serikat dianggap masih kurang effesien dan masih belum mempunyai konstitusi yang tetap. Kemudian pada 17 Agustus 1950, negara Indonesia kembali kedalam negara RI dan kostitusi negara berhaluan pada UUDS 1950. Setelah itu masa pemerintahannya diwarnai dengan perlawanan dan pergolokan antar daerah seperti PKI di Madiun,Andi Azis,PRRI,Permesta dan paling berbahaya adalah pemberontakan G 30 S PKI.

Kemudian masalah ekonomi yang dimana rakyat Indonesia semakin sulit dan terjadi inflasi mata uang yakni memperbanyak percetakan mata uang. Dan salah satu peristiwa penting pada masa jabatannya adalah dikeluarkan dekrit presiden pada 5 Juli 1959 yaitu penetapan konstitusi negara yang tetap yaitu kembali kepada UUD 1945, kemudian pembubaran Dewan Konstitusi dan segera dibentuknya DPAS. Pada tahun 1966 membuat surat perintah sebelas Maret (SUPERSEMAR).

Isi surat itu berisikan perlimpahan tugas dari presiden Soekarno kepada jenderal Soeharto untuk mengerjakan, menjalankan yang dianggap perlu untuk ketertiban umum. Akhirnya pada tahun 1967 Soekarno menyerahkan kekuasaannya kepada MPRS setelah pidato pertanggung jawabannya ditolak oleh MPRS.

Kemudian jenderal Soeharto diangkat menjadi presiden kedua RI. Selanjutnya soekarno menjadi tahanan politik hingga beliau diasingkan di rumah wisma Yaso hingga akhir hayatnya.Dan akhirnya Bung Karno wafat pada 21 Juni 1970 dan dimakamkan di samping makam ibunya yakni di Blitar.

Kehilangan Soekarno menyisakan duka yang mendalam bagi bangsa Indonesia. Tokoh Proklamator itu dikenal baik di Indonesia maupun di luar negeri. Akhirnya pada tahun 1986, Ir Soekarno digelari bapak proklamator Indonesia.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image