Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Saungwriter

Press Release, Cara Mudah Mengenalkan Bisnis kepada Publik

Eduaksi | Friday, 04 Mar 2022, 23:35 WIB
press release indonesia

Press release adalah sarana yang bisa digunakan untuk memperkenalkan sebuah bisnis atau produk kepada publik melalui media massa berupa tv, radio, media cetak, dan media online.

Informasi yang dapat dipublikasikan melalui press release pun beragam seperti kegiatan sebuah lembaga/komunitas/perusahaan, peluncuran perusahaan, peluncuran produk, maupun informasi lainnya yang perlu untuk diketahui publik.

Dengan kata lain, press release merupakan sebuah sarana untuk melakukan soft selling. Press release dinilai punya peran penting dalam menyukseskan strategi pemasaran karena media memiliki pencapaian traffic yang besar dan jangkauan publisitas yang luas, apalagi jika diterbitkan di media-media besar dengan jutaan pembaca/pendengar.

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh sebuah lembaga/perusahaan dari press release diantaranya membangun reputasi bisnis yang baik, membangun kepercayaan publik terhadap suatu bisnis yang berimbas kepada potensi meningkatnya penjualan, dan membangun branding.

Oleh karena itu, banyak perusahaan dan lembaga yang memilih press release sebagai sarana mempromosikan bisnis atau produknya. Tidak hanya dari segi manfaat, dari segi harga press release pun lebih murah dibandingkan iklan advertorial.

Melihat besarnya peran press release dalam strategi pemasaran dan branding suatu bisnis/produk, beberapa perusahaan bahkan memiliki karyawan khusus yang bekerja di bagian public relation.

Public relation atau yang lebih dikenal dengan hubungan masyarakat (humas) inilah yang bertugas membuat press release untuk diterbitkan ke media.

Namun, tidak semua lembaga atau perusahaan memiliki staf public relation atau humas, sementara press release memiliki kriteria khusus baik dari segi konten maupun penulisannya agar dapat terbit di media.

Kini, ada banyak layanan jasa press release yang menawarkan berbagai kemudahan dan keuntungan dalam memperkenalkan suatu brand atau produk. Penyedia jasa layanan press release biasanya memiliki jaringan yang terhubung langsung dengan media-media di Indonesia.

Sehingga dengan menggunakan layanan jasa ini, Anda tidak perlu khawatir karena press release yang diorder sudah dipastikan akan terbit. Jadi, Anda hanya tinggal menunggu dan terima jadi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image