Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ayyasa Kurnia Essa Putri

Apresiasi ECOEDVENT Sebagai Event Perdana Mahasiswa Pariwisata UPN Veteran Jatim

Kabar | Wednesday, 10 Jan 2024, 17:40 WIB

(PRESS RELEASE) Surabaya, 10 Januari 2024 - Sebagai pemenuhan kewajiban dari mata kuliah MICE II, mahasiswa semester lima Prodi Pariwisata Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur menyelenggarakan sebuah acara yang bernama ECOEDVENT. Acara tersebut telah diselenggarakan pada tanggal 05 s/d 06 Desember 2023 secara hybrid, yaitu online melalui zoom meeting dan offline yang berlokasikan di Gedung Giri Loka, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. ECOEDVENT sendiri merupakan sebuah singkatan dari Ecotourism, Education, and Event dimana tiga kata tersebut adalah kunci dari tema acara ini yaitu acara yang mendukung dan mengedukasi peserta terkait pariwisata berkelanjutan serta dilengkapi dengan rangkaian acara yang menarik berupa Seminar Nasional Achieving SDGs Through Sustainable Tourism, Festival Permainan Tradisonal PERKASA (Permainan Kesatuan Bangsa), serta open booth bersama UMKM lokal. Acara ini mendapatkan dukungan dari berbagai perusahaan seperti “Mayora”, “Miejelajah”, “Merapi Mountain”, hingga “Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Olahraga Pemerintah Kota Surabaya”.

Seminar Nasional Achieving SDGs Through Sustainable Tourism

Seminar Nasional ECOEDVENT

Antusias peserta dalam mengikuti seminar ini membuat acara berlangsung dengan penuh semangat. Seminar ini dihadiri oleh tiga narasumber ternama yang kompeten dalam bidang konservasi, ekowisata, dan SDGs yaitu, Ibu Dr. Ir. Ar. R.A. Retno Hastijanti, M.T., IPU., IAI, APEC.Eng dari ketua tim ahli cagar budaya pemerintah Kota Surabaya, Bapak Arifudin Kurniawan dari Tour Consultant Miejelajah, Perwakilan generasi Z yaitu Setya Mukti Maharani dari Paguyuban Cak dan Ning Kota Surabaya, dan dipandu oleh moderator yang istimewa Bapak Joko Mijiarto, S.Hut., M.Si. Tidak kalah dengan hari pertama, pada hari kedua acara yang dilakukan di kanal zoom meeting ini pun berlangsung kondusif. Pada hari kedua ini adalah pelaksanaan diseminasi Karya Tulis Ilmiah dari mahasiswa program studi Pariwisata Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur semester 7 yang merupakan kelanjutan dari rangkaian acara Seminar Nasional Achieving SDGs Through Sustainable Tourism. Acara hari kedua ini dihadiri oleh beberapa dosen program studi pariwisata dan seluruh mahasiswa pariwisata Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. Mekanisme dalam diseminasi ini yaitu dengan membagi tugas breakout room 4 buah yang diisi oleh LO dari panitia yang telah terbagi sebelumnya. Untuk peserta diseminasi yang tercatat oleh panitia terdapat 10 orang dengan 10 penelitian yang dipresentasikan. Adapun tujuan diadakannya diseminasi ini adalah sebagai wadah latihan untuk mahasiswa semester tujuh prodi Pariwisata Universitas Pembagunan Nasional “Veteran” Jawa Timur dan edukasi bagi mahasiswa pariwisata semester lainnya untuk mempelajari bagaimana presentasi Karya Tulis harus dilakukan.

Festival Permainan Tradisional PERKASA (Permainan Kesatuan Bangsa)

Festival Permainan Tradisional Perkasa

Tidak seperti Seminar Nasional yang dilaksanakan selama dua hari, Festival Permainan Tradisional ini hanya dilaksanakan pada hari pertama. Di festival ini pengunjung dapat melihat berbagai macam jenis permainan tradisonal serta mengetahui sejarah dari permainan tersebut. Berkolaborasi dengan komunitas lokal Sidoarjo “Kampung Lali Gadget” yaitu salah satu komunitas pelestari permainan tradisional, festival ini menyediakan lima macam lebih permainan tradisional yang diantaranya adalah: panahan, gangsing, bakiak kayu, egrang, dakon, dll. Tentunya pengunjung juga dapat memainkan permainan yang telah disediakan dengan dipandu oleh komunitas “Kampung Lali Gadget” dan panitia PERKASA. Sebagai pelengkap acara, di festival permainan tradisional ini juga menyuguhkan beberapa penampilan yang masih berkonsepkan kebudayaan seperti tari tradisional, vocal group medley lagu-lagu daerah serta terdapat penampilan akustik yang menarik. Pengunjung yang datang tidak hanya dari kalangan mahasiswa Pariwisata Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur saja, namun juga terdapat mahasiswa jurusan-jurusan lain. Tujuan dari adanya Festival Permainan Tradisional PERKASA ini adalah untuk melestarikan dan mengedukasi pengunjung terkait permainan tradisional Indonesia, melihat saat ini globalisasi telah sedikit demi sedikit menggerus eksistensi permainan tradisional. Acara berlangsung sangat meriah dilihat dari antusiasme pengunjung untuk mencoba bermain permainan-permainan tradisional yang telah disediakan.

Dengan demikian, kegiatan “ECOEDVENT” yang tercatat dihadiri kurang lebih 800 orang, sebagai agenda MICE pertama yang diselenggarakan oleh mahasiswa program studi Pariwisata Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur memperoleh keberhasilan dan kelancaran.

Terima Kasih,

Contact Person:

 

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image