Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ropiyadi ALBA

Republika Kembali Gelar Workshop Online Guru Menulis

Info Terkini | Monday, 28 Feb 2022, 17:55 WIB
Screenshot zoom. Sumber: Republika

Ropiyadi Alba News_Republika didukung Telkom Indonesia kembali menggelar workshop Guru Menulis yang berlangsung secara virtual pada Selasa (28/2/2022). Workshop Guru Menulis yang dikuti oleh ribuan guru se-Indonesia ini rencananya akan diselenggarakan ke dalam 5 kelompok (batch), di mana pada 02 Maret 2022 akan diselenggarakan batch kedua, 09 Maret 2022 (batch 3), 16 Maret 2022 (batch 4), dan 23 Maret 2022 (batch 5).

Bertindak sebagai moderator pada Workshop online Guru Menulis batch 1 ini adalah Yuda Manggala Putra. Setelah acara dibuka dengan membaca do'a, kemudian beliau mempersilahkan pembicara pertama untuk memaparkan materinya.

Foto kiri-kanan: Yuda Manggala Putra (Moderator) dan Irfan Junaedi (Pemred Republika)

Tampil sebagai pembicara pertama adalah Irfan Junaedi selaku Pemimpin Redaksi Republika. Dalam prakata sambutannya, beliau menyampaikan tujuan dari kegiatan Workshop online Guru Menulis ini yaitu untuk meningkatkan kualitas guru sebagai salah satu modal penting dalam membangun bangsa yang kuat sehingga akan tumbuh generasi muda yang tangguh dan berkarakter.

Beliau juga menyampaikan, bahwa banyak sekali manfaat menulis bagi seorang guru/pendidik. Dengan rajin menulis, berarti seorang guru akan rajin membaca. Dua aktivitas itu terbilang penting dalam memperkuat daya tahan sosial, karena dapat mengolah otak, jiwa, dan emosi melalui kata-kata. Selain itu, dengan rajin menulis dan membaca, seseorang akan terhindar dari adanya kemungkinan pikun di usia senja.

Setelah prakata disampaikan oleh Pemred Republika, sesi pemaparan materi pertama dibuka oleh Karta Raharja seorang "abdi dalem" Republika.co.id dengan judul Penulisan Opini & Populer. Dalam paparannya, beliau banyak menyampaikan hal-hal terkalit penulisan opini dan populer yang tentunya sangat bermanfaat buat para peserta yang merupakan para guru hebat di seluruh Indonesia. Intisari dari paparan beliau adalah ada 6 resep dalam menulis opini & populer, yaitu: kuasai bidang, temukan ide, argumentasi yang kuat, teknik penulisan, perkaya diksi, dan temukan media massa yang sesuai.

Sumber foto:Screenzoom Republika

Pembicara kedua adalah Riky Romadon (SEO Specialist), yang memaparkan bagaimana Membuat Materi Pembelajaran Digital. Menurutnya, banyak perangkat yang dapat digunakan untuk membuat materi pembelajaran digital, di antaranya dengan menggunakan google slide maupun template-template gratis lainnya. Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa saat ini para guru bisa membagikan materi pembelajaran yang telah dibuat pada akun YouTube dengan menjadi content creator , sehingga jika dilakukan secara konsisten dan terdistribusi secara masif, maka lambat laun materi pembelajaran yang dibuat akan membawanya pada sebuah pasif income melalui monetisasi.

Foto pemateri kedua: Riky Romadon (SEO Analist)

Setelah selesai pemaparan materi kedua, kegiatan Workshop online Guru Menulis Republika di skor selama 30 menit untuk memberikan waktu para peserta dan panitia untuk melaksanakan ibadah sholat ashar dan istirahat.

Setelah istirahat sejenak, kegiatan dilanjutkan dengan materi pamungkas yaitu Blogging dan Monetizing oleh Elba Damhuri (Kepala Republika.co.id).

Foto pemateri ketiga: Elba Damhuri (Kepala Republika.co.id)

Dalam paparannya, beliau meyampaikan bagaimana caranya seseorang dapat menghasilkan uang dari blog yang ia miliki. Ada beberapa sumber uang yang bisa didapatkan seorang blogger, yaitu bisa dari Adsense Google, Direct Ads, Sponsorored Content, Affilator, maupun bisnis via domain/blog.

Beliaupun melanjutkan, untuk memperluas penghasilan digital, maka seorang blogger harus terus aktif menulis dan membuat konten (blogging aktif, domain aktif, YouTube aktif) serta menggunakan berbagai sarana seperti media sosial untuk menyebarkan konten yang dimilikinya.

Akhirnya, kegiatan workshop online Guru Menulis yang dimulai sejak pukul 13.00 WIB inipun berakhir pada pukul 17.0 WIB. Para peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini, terbukti dengan banyaknya pertanyaan dari para peserta pada kolom chat maupun kolom Q&A.

Semoga kegiatan ini dapat memberi manfaat, khususnya bagi para peserta dan dapat menjadi stimulus demi kemajuan Gerakan Literasi di Indonesia.***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image