Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image taufik sentana

Hikmah: Isra dan Miraj

Eduaksi | Monday, 28 Feb 2022, 05:38 WIB
Ilustrasi Pagi. Dok. Taqiya

Berikut petikan hikmah dari peristiwa isra dan mi'raj Nabi Muhammad saw.

1. Sebagai mu'jizat, peristiwa ini menjadi bagian ujian keimanan bagi yang beriman saat itu dan sekarang ini.

2. Sebagai peristiwa sejarah, ini akan mengaitkan relevansi keutuhan ajaran yang Dibawa nabi Muhammad searah dengan Nabi sebelumnya, yang juga mengerjakan shalat, walau tidak lima waktu.

3. Penggambaran Kekuasaan Allah kepada Nabi Muhammad secara metafisik dan fisikal langsung, sekaligus penawar sedih beliau selama tahun tahun di belakang, setelah dakwah sembunyi hingga masa boikot yang begitu menyita energi. Maka Allah mengajaknya Mi'raj ke alam malakut.

4. Sebagai isyarat ilmiah dalam setiap era peradaban kita. Bahwa ada jagat luas dengan hukum yang telah ditetapkan, serta dorongan kepada manusia untuk sadar akan penciptaan dan terus mengkaji seluk beluk semesta sebagai sarana mensucikan Allah.

*****

Maha suci Allah yang telah memperjalankan hambaNya dalam peristiwa isra dan mi'raj.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image