Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Deffy Ruspiyandy

5 Alasan DKM Patut Menyediakan Speaker Bagus Untuk Umat

Agama | Saturday, 26 Feb 2022, 19:52 WIB

Hakikatnya suara yang terdengar nyaring, jelas apalagi enak di telinga maka tak bisa dipungkiri itulah yang diinginkan kaum muslimin dari speaker yang disediakan oleh pihak masjid. Dapat terbayangkan jika kualitas speaker masjid tidak baik bisa jadi banyak orang yang kecewa karena hal itu tak sesuai harapannya. Artinya kualitas suara dari masjid sangat diharapkan baik oleh seluruh kalangan muslim di manapun mereka berada.

Karenanya menyediakan kualitas sound sistem atau speaker masjid yang baik menjadi mutlak adanya sebagai layanan dari pihak pengurus DKM kepada khalayak kaum muslimin. Oleh sebab itu pihak DKM sudah semestinya memperhatikan hal yang satu inui karena telah menjadi kebutuhan umat di dalam mendukung peribadatan dan kegiatan yang dilakukan baik di dalam maupun diluar masjid.

Penyempurnaan speaker masjid mesti dilakukan agar kualitas suara yang dihasilkan bsia nyaring dan jelas terdengar oleh umat. (FOTO : Republika.co.id/Putra M Akbar)

1. Kualitas sound yang baik mendukung pelaksanaan ibadah

Kita semua tak bisa memungkiri jika kumandang azan atau bacaan imam akan terdengar jelas dan baik jika peralatan sound sistem di masjid memiliki kualitas yang dapat diandalkan. Penyediaan speaker yang bagus merupakan kebutuhan yang tak bisa terbantahkan setelah tempat ibadah yang nyaman dan bisa memberi kekhusyukan serta tempat wudhu yang bersih dan menyenangkan.

Karena seorang imam atau mubaligh yang paham akan kondisi seperti itu dan untuk mendukung apa yang dilakukannya biasanya akan selalu mencoba mic, speaker atau kualitas speaker yang ada agar mendukung aktivitas ibadah yang tengah dilakukannya. Jika kualitas osund, mic atau speaker yang kurang baik maka biasanya para dai atau ustad terkadang lebih capek berbicara tetapi jika peralatannya baik biasanya membantu penampilan mereka termasuk untuk para muazin.

2. Membantu Orang yang hendak beribadah Shalat wajib dan Shalat Sunnah

Tentu saja azan itu diukamndangkan yang wajib lima kali dalam satu nhari dan itu sangat baik karena mengingatkan orang-orang karena sudah waktu Shalat wajib. Setidaknya siapapun yang melaksanakan aktivitas apapun maka tersadarkan jika ia harus segera melaksanakan Shalat wajib karena suara azan harus terdengar sampai ke pelosok.

Bahkan jika azan awal yang dilakukan satu jam sebelum waktu Subuh setidaknya membantu orang yang hendak melakukan Shalat Tahajud, melakukan sahur untuk Shaum Sunnah bahkan dapat memungkinkan orang terbangun sejak awal sehingga Shalat Subuhnya tidak kesiangan.

3. Membantu orang yang tak bisa hadir di pengajian dapat mendengharkan di rumah

Kegiatan pengajian rutin yang diselenggarakjan pihak DKM atau Tablig Akbar pada hari-hari besar islam biasanya tak sepenuhnya orang bisa datang ke masjid. karena jika kualitas sound siste atau spoeaker baik dan nyaring terdengar maka orang yang berhalangan hadir dqapat mendengarnya langsung di rumah.

Jika suara tidak jelas dan nyaring terdengar dari masjid kadang membuat orang menjadi kesal karenanya. Penulis pun mengalaminya ketika menunggu pelaksanaan Shalat jenazah. Karena pengumuman tak terdengar menganggap pelaksanaan hal itu belum terjadi. Tetapi setelah ditunggu lama ternyata jenazah sudah dibawa ke pemakaman karena tak terdengar pengumumannya.

4. Bentuk pelayanan dan pertanggung jawaban kepada umat

Mengkondisikan sound siste dan speaker yang baik yang diperuntukkan kepada umat adalah sebuah layanan yang memang harus diberikan. Di sini tentu saja perlu diperhatikan karena umat akan merasa puas karena layanan yang baik dari DKM.

Juga yang tak kalah penting di mana DKM kan selalu mendapatkan penghasilan dari kencleng atau donatur. Dengan mampu memberikan kualitas sound sistem atau speaker yang baik maka menunjukkan pertanggung jawaban yang baik di mana uang yang diterima dapat digunakan untuk hal yang bermanfaat.

5. Motivasi bagi kaum muslimin untuk datang ke masjid

Kualitas suara dari speaker yang baik ketika mendengar azan, pengajian atau ceramah biasanya menjadi daya tarik tersendiri bagi kaum muslimin karena setidaknya ia akan datang ke masjid karena mendengar sesuatu yang enak didengar oleh telinganya. Bukan saja azan yang indah karena memiliki seni tetapi kualitas pengeras suara pun akan menentukan semua itu.

Oleh sebab itu menyediakan mic, sound sistem, pengeras suara atau speaker yang baik jelas menjadi sebuah kebutuhan bagi umat. Kini tinggal pengurus DKM sendiri yang mesti menyiasatinya agar semuanya dapat dihadirkan secara baik karena jika itu tercipta secara baik maka pengurus DKM sendiri akan mendapatkan pahala dari kebaikan itu sendiri.***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image