Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Proinov CNT

Cara Buat Suara Google Bahasa Sunda di HP tanpa Apliikasi

Teknologi | Saturday, 26 Feb 2022, 00:29 WIB

Kumaha damang? Sehat? Nah untuk kamu yang urang Sunda pasti ingin selalu menambahkan nuansa Sunda meskipun mungkin kamu berada di kota yang jauh kampung halaman. Untuk membuat situasi semakin mirip dengan kampung halaman, kamu bisa membuat nada dering dengan lagu Sunda dan sound of text Sunda sebagai notifikasi pesan masuk. Memang bisa?

cara buat suara google urang sunda asli
cara buat suara google urang sunda asli

Iya bisa, dengan sound of text Sunda kita akan membuat seakan akan HP atau smartphone kita berbicara dengan bahasa Sunda saat ada pesan masuk. Asyiknya lagi, kita bisa membuat berbagai macam teks secara kreatif. Contohnya seperti, “Kang, mangga parios HPna” untuk pesan Whatsapp masuk. Nah sekarang kita coba langkah-langkahnya.

Untuk membuat suara Google dalam bahasa Sunda, kamu hanya perlu modal HP dan juga jaringan internet. Kamu tidak perlu menginstal aplikasi apapun karena kamu melakukan editingnya secara online, seperti dikutip dari situs teknologi https://www.mobilintec.net/. Langsung saja kita ikuti langkahnya.

#1 Pertama, siapkan HP mu dan buka browser, kunjungi link sound of text

#2 Selanjutnya, masukkan teks yang hendak kamu ubah ke bentuk suara. Kamu bisa memasukkan teksnya sepanjang 200 karakter termasuk spasi dan juga tanda baca ya. Ini tidak masalah karena kita tidak memerlukan nada notifikasi yang terlalu panjang atau lama.

#3 Selanjutnya, klik “Convert to Voice” yang berada di bawah kolom teks

#4 Tunggu proses pengubahan suara, akan terbuka link baru yang menampilkan hasil audionya

#5 Klik Play untuk mendengarkan hasil sound of text Sunda nya. Apabila sudah sesuai dengan yang kamu inginkan, kamu bisa menyimpan hasilnya. Bila belum sesuai, kamu bisa tutup tabnya kemudian mulai lagi dari langkah nomor dua.

#6 Unduh file audionya kemudian simpan di folder yang mudah untuk ditemukan

#7 Selesai

Bagaimana? Sangat mudah bukan? Sayangnya ada keterbatasan dari situs Voiceoftext.com untuk perubahan teks ke suara bahasa Sunda ini. Yang pertama adalah kita tidak bisa merubah suara pengucapnya, disini kamu hanya menemukan pengucap perempuan saja. Padahal di beberapa situs lainnya dimungkinkan untuk mengubah suara ke pengucap lainnya.

Yang kedua adalah kita tidak bisa mengatur kecepatan ucapannya sehingga terdengar seperti robot. Meski demikian, pengucapan bahasa Sunda yang dilakukan sudah sangat baik dan tidak terdengar kaku seperti ucapan Bahasa Inggris yang mengucapkan bahasa Sunda.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image