Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Si Klimis

7 Gunung Terindah di Jawa Tengah

Wisata | Friday, 25 Feb 2022, 13:48 WIB

Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai gunung terbanyak di dunia. Ada ratusan gunung yang sangat indah yang membentang dari Sabang sampai Merauke.

Dan salah satu provinsi yang mempunyai banyak gunung yaitu Jawa Tengah, baik itu gunung berapi ataupun gunung yang sudah tidak aktif lagi.

Saking banyaknya gunung yang indah di Jawa Tengah sehingga banyak sekali para pendaki yang rela datang jauh-jauh dari luar Jawa Tengah hanya untuk mendaki gunung-gunung indah di Jawa Tengah.

Buat para pendaki gunung, pasti tidak asing lagi dengan 5 gunung ini, karena keindahannya sangat nyata dan pasti selalu ingin kembali kesana.

Inilah 5 gunung terindah di Jawa Tengah :

1. Gunung Slamet

Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah dan tertinggi kedua di pulau Jawa. Gunung Slamet ini tingginya 3428 mdpl dan terletak 5 di kabupaten, Kabupaten Banyumas, Purbalingga, Brebes, Tegal, dan Pemalang. Keindahan Gunung Slamet sudah tak perlu diragukan lagi,

2. Gunung Sumbing

Yang kedua yaitu Gunung Sumbing, yang mana Gunung Sumbing ini gunung tertinggi kedua di Jawa Tengah dan ketiga di Pulau Jawa. Gunung Sumbing tingginya sekitar 3372 mdpl. Gunung Sumbing inj berada di 3 Kabupaten yaitu Kabupaten Magelang, Temanggung dan Wonosobo. Dan di sisi selatan Gunung Sumbing ini terdapat kampung yang sangat indah yaitu Nepal Van Java.

3. Gunung Lawu

Yang ketiga yaitu Gunung Lawu, gunung yang satu ini berada di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur, dan juga berada di 3 Kabupaten yaitu Kabupaten Karanganyar, Wonogiri dan Magetan. Tinggi Gunung Lawu ini sekitar 3265 mdpl.

4. Gunung Merbabu

Yang keempat yaitu Gunung Merbabu, yang mana Gunung Merbabu ini terletak di 4 Kabupaten yaitu Kabupaten Magelang, Kabupaten Semarang, Boyolali. Tinggi Gunung Merbabu ini sekitar 3145 mdpl. Dari Gunung Merbabu ini kita bisa melihat beberapa gunung lain yang tak kalah keren, seperti Gunung Merapi, Gunung Telomoyo, Gunung Andong.

5. Gunung Sindoro

Yang kelima yaitu Gunung Sindoro, gunung ini berada di 2 Kabupaten yaitu Kabupaten Temanggung dan Wonosobo. Gunung Sindoro ini kalau dari kejauhan seperti gunung yang kembar karena sekilas hampir sana. Gunung Sindoro ini tingginya 3136 mdpl.

6. Andong

Yang keenam yaitu Gunung Andong, yang mana gunung ini berada di Kabupaten Magelang, meskipun tidak terlalu tinggi, namun Gunung Andong keindahannya juga sangat luar biasa. Gunung Andong ini sangat cocok buat para pendaki pemula karena medannya yang sangat mudah dan jaraknya tidak terlalu jauh. Gunung Andong tingginya sekitar 1731 mdpl.

7. Gunung Prau

Yang ketujuh yaitu Gunung Prau, Gunung yang satu ini juga sangat cocok untuk pendaki pemula karena medannya sangat landai. Gunung Prau ini tingginya sekitar 2565 mdpl. Dari puncak Gunung Prau kita bisa menyaksikan sunset yang indah dan juga bisa melihat Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Slamet.

Gunung Prau ini berada di 5 Kabupaten, yaitu Kabupaten Wonosobo, Temanggung, Banjarnegara, Batang dan Kendal.

Jadi gunung mana di Jawa Tengah yang menurut kalian sangat indah?

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image