PPSDM Geominerba Ajak Masyarakat Palu Jadi Penyuluh Mitigasi Bencana

Image
Geominerba Geominerba
Info Terkini | Thursday, 24 Feb 2022, 21:36 WIB

Palu – Sulawesi Tengah memiliki kondisi geologi yang rawan bencana. Bencana geologi tersebut terdiri dari bencana gunung api, gempa bumi, tsunami, dan gerakan tanah. Masyarakat harus siap siaga akan terjadinya bencana. Perlunya sosialisasi kepada masyarakat agar memiliki peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana.

Mengingat begitu pentingnya kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana, PPSDM Geominerba bekerja sama dengan Dinas ESDM Provinsi Sulawesi Tengah menyelenggarakan Diklat Penyuluh Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami.

Drs. Ahsan, M. Si. Perwakilan dari Dinas ESDM Provinsi Sulawesi Tengah membuka secara resmi, Senin (21/2/2022) di Swiss Belhotel Silae Palu.

Diikuti oleh sebanyak 20 orang peserta yang merupakan masyarakat tangguh bencana di provinsi Sulawesi Tengah ini mengikuti kegiatan diklat selam lima hari (21-25 Februari 2022).

Dengan tetap memperhatikan protocol kesehatan, para peserta akan dibekali materi seperti: Pengenalan Bencana Gempa Bumi, Pengenalan Bencana Tsunami, Mitigasi Bencana Gempa Bumi, Mitigasi Bencana Tsunami, Penyusunan Bahan Sajian/Bahan Presentasi, dan Teknik Penyuluhan. Para peserta juga akan melakukan praktik secara langsung ke lapangan, dan akan diakhiri dengan seminar simulasi.

Dalam sambutannya, Ahsan berharap dengan adanya kegiatan ini para peserta diklat dapat menjadi manusia yang memberi sumbangsih dalam peningkatan kesadaran dan kemampuan masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana alam geologi.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Pecah Rekor! Pegawai Bapas Lahat Kemenkumahm Sumsel Tembus 7,7 KM

Image

Meriahkan HDKD ke-77, Lapas Sekayu Gelar Fun Bike dan Virtual Run

Image

Aktivitas Gunung Merapi Sepekan: Terjadi Pertumbuhan Kubah Lava Barat Daya

Image

PKKMB Universitas Indonesia 2022, Aditya Yusma: Diplomasi Budaya Cegah Tumbuhnya Paham Radikalisme

Image

Jelang Kesiapan Piala Kasad Liga Santri PSSI Tahun 2022, Kajasdam XII/Tpr Pimpin Technical Meeting

Image

Krisis Berlarut, Partai Baru Punya Peluang Besar Lolos dan Memenangi Pemilu 2024

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image