Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Proinov CNT

Cara Terbaru Download dan Cek Sertifikat Vaksin, Lakukan Ini Sekarang Juga

Eduaksi | Thursday, 24 Feb 2022, 19:41 WIB

Pandemi Covid-19 merupakan masalah besar yang dihadapi oleh berbagai negara di dunia. Tentunya kondisi ini menyebabkan krisis kesehatan bagi seluruh kalangan masyarakat. Bahkan tidak hanya dari segi kesehatan tetapi juga seluruh aspek kehidupan masyarakat seperti di bidang sosial, budaya, pendidikan, hingga pemerintahan pun terdampak Covid-19.

Namun, seiring bertambahnya waktu mulai beredar vaksin yang digunakan untuk kalangan masyarakat. Dalam hal ini, masyarakat akan memperoleh sertifikat vaksin sebagai bukti telah melakukan vaksinasi sesuai dengan dosis yang diberikan. Lalu, apakah sertifikat vaksin itu? Adakah fungsi yang dimiliki oleh sertifikat tersebut? Bagaimana cara download dan cek sertifikat vaksin?

Apa Itu Sertifikat Vaksin?

cara cek sertifikat vaksin covid terbaru

Sertifikat vaksin merupakan bukti yang akan diperoleh seseorang setelah melakukan vaksinasi. Umumnya setiap kali dilakukan vaksinasi maka akan ada sertifikat vaksin yang akan diberikan oleh petugas kesehatan.

Selain itu, terdapat pula sertifikat vaksin dalam bentuk soft file yang bisa Anda peroleh melalui aplikasi PeduliLindugi. Namun, Anda juga bisa download dan cek sertifikat vaksin melalui website PeduliLindungi tanpa harus menginstal aplikasi terlebih dahulu.

Akan tetapi, nantinya setelah Anda menyelesaikan vaksinasi di setiap dosis pemberian akan ada konfirmasi melalui SMS yang menyatakan bahwa sertifikat vaksin bisa Anda download. Dengan ini, Anda tidak perlu bingung untuk melakukan pengecekan ataupun pengunduhan sertifikat vaksin yang saat ini bernilai penting untuk kebutuhan tertentu.

Apa Sajakah Fungsi dari Sertifikat Vaksin?

Terdapat beberapa fungsi dari sertifikat ini, yakni :

1. Untuk penggunaan transportasi umum

Di masa pademi Covid-19, perjalanan antar kota saat ini mulai dibatasi untuk menghindari adanya penyebarluasan kontaminasi virus Covid-19. Bahkan, pada awal terjadinya kasus pandemi dilakukan penutupan akses beberapa transportasi umum baik itu untuk perjalanan antar kota maupun antar negara.

Namun, dengan adanya penurunan kasus kejadian paparan Covid-19 di masyarakat maka terdapat ketentuan baru yang menyatakan bahwa masyarakat yang akan melakukan perjalanan ke luar kota atau ke luar negara harus menyertakan sertifikat vaksin. Dalam hal ini terdapat ketentuan bahwa sertifikat vaksin menjadi syarat untuk penggunaan transportasi umum.

Oleh karena itu, sertifikat vaksin ini bernilai penting ketika Anda akan melakukan perjalanan. Untuk menghindari adanya ketertinggalan sertifikat vaksin maka Anda bisa mengunduh aplikasi PeduliLindungi untuk mengakses sertifikat tersebut kapanpun dan dimanapun.

2. Mengikuti kegiatan tertentu

Selain untuk perjalanan, sertifikat vaksin juga berfungsi sebagai syarat bagi seseorang untuk mengikuti kegiatan tertentu. Kegiatan ini dapat berupa kegiatan akademik di perguruan tinggi, workshop, atau diklat karyawan yang biasanya dilaksanakan di kantor dan melibatkan orang banyak.

Hal ini dilakukan sebagai bukti bahwa seluruh peserta yang mengikuti kegiatan tersebut telah melakukan vaksinasi. Ketentuan ini bersifat umum yang artinya hampir seluruh kegiatan menjadikan sertifikat vaksin sebagai syarat untuk mengikuti kegiatan tersebut.

3. Untuk mengakses kawasan publik

Sertifikat vaksin juga memiliki fungsi untuk kebutuhan lain seperti mengakses kawasan publik. Umumnya ketentuan ini diberlakukan di mall dan beberapa kawasan umum lainnya seperti tempat wisata. Dengan ini Anda perlu membawa sertifikat vaksin saat melakukan perjalanan.

Dalam hal ini biasanya petugas yang berjaga pada kawasan umum tertentu akan melakukan scan barcode pada sertifikat vaksin yang Anda bawa. Hal ini tentunya dilakukan untuk menghindari adanya sertifikat vaksin palsu yang banyak beredar di kalangan masyarakat.

Cara Download dan Cek Sertifikat Vaksin

Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengunduh sertifikat vaksin, yakni:

1. Akses aplikasi atau website PeduliLindungi
2. Lakukan registrasi saat ketika Anda belum memiliki akun
3. Lakukan log in ketika Anda telah memiliki akun dengan memasukkan email atau nomor HP
4. Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan melalui WhatsApp Mod
5. Klik sertifikat vaksin pada akun yang Anda miliki
6. Kemudian Anda bisa klik sertifikat vaksin yang telah tertera dan mengunduhnya

Demikian penjelasan mengenai cara download dan cek sertifikat vaksin baik itu melalui aplikasi maupun website. Anda bisa memilih alternatif yang paling mudah dan cepat diakses menurut Anda. Selamat mencoba dan beraktivitas kembali!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image