Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image taufik sentana

Mencerna Peristiwa Penting Sebelum Isra'-Mi'raj

Agama | Wednesday, 23 Feb 2022, 17:58 WIB
Ilustrasi. Dok. Astronomy. co

Peristiwa di Balik Isra' dan Mi'raj

*****

Para sejarahwan umumnya mencatat pastinya peristiwa itu pada tahun sebelum nabi Muhammad saw hijrah ke Madinah. secara lazim tahunnya disepakati pada tahun kesebelas kenabian, sekitar dua tahun sebelum hijrah.

Sebagai seorang muslim, kita hanya wajib mengimani isra' dan mi'raj. peristiwa tersebut termasuk bagian di mu'jizat nabi Muhammad saw. meskipun, kita tetap bisa menggali hikmah dan relevansinya secara praktis.

Adalah baik juga bila kita coba menilik beberapa perkara /kejadian yang dialami nabi sebelum Allah swt memperjalankan beliau dalam peristiwa isra dan mi'raj:

Pertama, nabi telah mengalami masa paling sulit di tahapan dakwahnya, demikian juga para sahabat, yang jumlahnya baru puluhan. setidaknya setelah rentang tiga tahun dari fase dakwah sembunyi. bahkan tampaknya akan semakin sulit, sampai Allah menetapkan janjiNya kemudian.

Kedua, penyiksaan terhadap sahabat nabi yang semakin keras dari tahun keempat hingga kesepuluh kenabian, bahkan hingga beliau hijrah.

Ketiga, para sahabat telah mencoba mencari perlindungan ke Raja Habsyah/Etiopia, belasan dan puluhan sahabat telah diterima di sana (dua kali hijrah atas perintah nabi agar terhindar dari kaum kafir Makkah.

Keempat, berlangsungnya pemboikotan oleh pihak Kafir Quraisy terhadap nabi dan sahabatnya. mereka menetap di lembah Bani Thalib.

ini termasuk masa tersulit nabi, beliau sempat memakan dedaunan di fase ini. berlangsung selama tiga tahun. Istri dan pamannya juga wafat di tahun ini. lalu dikenal tahun ini dengan tahun kesedihan.

Kelima, keimanan terhadap nabi Muhammad saw seakan terus membawa mereka pada ujian yang tiada habisnya.

Bahkan, selepas dari masa boikot itu nabi langsung berdakwah ke daerah Thaif dengan maksud agar mendapat dukungan: justeru yang diterimanya hanyalah penolakan, penghinanan dan lemparan lemparan batu yang membuat kakinya terluka: sedang beliau masih memaafkan dan mendoakan, hingga Thaif menjadi kota makmur dan subur hingga sekarang.

Keenam, pada kondisi seperti inilah Allah memuliakan nabi dan ummatnya dengan isra dan mi'raj nabi (melihat tanda dan kebesaran nikmat/kekuasaan Allah) dengan memperoleh perintah shalat lima waktu (nabi nabi sebelumnya juga diperintahkan shalat dengan cara dan waktu tertentu, bukan lima kali sehari).

Ketujuh, Sebelum peristiwa ini, malaikat kembali membedah dada nabi untuk kali yang kedua guna membersihkan" hati nabi Muhammad saw.

Kedelapan, selain sebagai mu'jizat dan perjalanan sejarah ataupun penyejuk jiwa nabi serta hikmah bagi peradaban kita, peristiwa ini juga sebagai UJIAN, khususnya bagi umatnya saat itu: apakah masih tetap beriman kepada nabi atau tidak?:

Padahal mereka baru saja diuji dengan penyiksaan dan pemboikatan. dan ujian ini/penyaringan iman terhadap nabi Muhammad saw serta ajarannya akan terus terjadi, secara bertahap, bahkan sampai ke zaman kita sekarang:

Sehingga Allah benar benar tahu" siapa yang sabar dan siapa yang tetap menolong agamaNya.

***

Demikian beberapa petikan tentang peristiwa di sebalik Isra' -Mi'raj Nabi Muhammad saw.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image