Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mustakim ID

7 Keuntungan Jualan di Marketplace yang Wajib Diketahui

Bisnis | Tuesday, 22 Feb 2022, 07:41 WIB

Marketplace adalah tempat paling tepat digunakan untuk berjualan secara online. Ada banyak keuntungan jualan di marketplace. Kamu tidak perlu repot membuat toko online, semua kebutuhan untuk berjualan sudah disediakan secara lengkap.

Jualan di marketplace adalah solusi tepat bagi kamu yang ingin menjangkau market yang lebih luas. Marketplace dapat digunakan untuk memasarkan produk bahkan hingga ke luar negeri sekalipun.

Buat kamu yang masih ragu dan belum yakin mau berjualan di marketplace, kamu harus tahu 7 keuntungan jualan di marketplace berikut ini nih:

1. Lebih Mudah Dikelola

Toko online di marketplace lebih mudah dikelola. Kamu tidak perlu memikirkan program yang macam-macam untuk membuat desain toko. Karena di marketplace, semua kebutuhan kamu untuk berjualan sudah disediakan.

Kamu hanya tinggal masukkan semua data toko kamu ke marketplace. Ketika sudah selesai dibuat, toko kamu akan siap di online kan dan siap untuk berjualan saat itu juga.

Marketplace adalah salah satu bentuk aplikatif ebisnis atau elektronik bisnis modern era ekonomi 4.0.

2. Lebih Pontensial

Potensi jualan di marketplace jauh lebih potensial ketimbang membuat toko online sendiri atau bahkan jualan di media sosial sekalipun. Dikatakan demikian karena marketplace punya jutaan pengunjung setiap harinya.

Katakan saja Tokopedia, pada kuartal 2021 Tokopedia tercatat memiliki 158,1 juta kunjungan perbulan (katadata.co.id). Dengan pengunjung sebesar ini, kamu bisa manfaatkan untuk jual beragam produk yang kamu punya.

3. Lebih Dipercaya Pembeli

Keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan jika jualan di marketplace adalah lebih terpercaya di mata pembeli. Hal ini karena marketplace menggunakan sistem rekber (rekening bersama).

Di mana transaksi menggunakan pihak ketiga, yaitu dana tidak akan masuk langsung kepada penjual sebelum barang diterima oleh pembeli.

Di samping itu, marketplace juga memberikan layanan garansi dan komplain. Sehingga pembeli bisa menukar barangnya jika tidak sesuai dengan deskripsi.

4. Dapat Menjangkau Jutaan Pelanggan

Jika kamu ingin menjangkau jutaan pelanggan kamu di Indonesia marketplace adalah jawabannya. Toko online yang kamu buat di marketplace, dapat menjangkau jutaan pelanggan di seluruh Indonesia.

Kamu bisa melakukan promosi dengan target market yang sesuai dengan keinginan kamu. Jika kamu punya target market yang spesifik, maka akan sangat mudah menjangkau mereka.

5. Tidak Perlu Optimasi

Toko online yang kamu buat di marketplace ini sangat mudah dan enak dikelola. Bagaimana tidak, kamu tidak perlu melakukan optimasi toko online yang kamu buat tersebut sama sekali.

Semuanya sudah dilakukan oleh tim teknis dari marketplace. Jadi kamu hanya tinggal masukkan data toko dan barang yang akan kamu jual. Sisanya akan dilakukan oleh pihak marketplace termasuk mendatangkan trafik ke marketplace.

6. Biaya Promosi Lebih Murah

Jualan di marketplace tidak membutuhkan biaya besar, jika dibandingkan dengan membuat toko online sendiri. Di marketplace, ketika kamu melakukan promosi, maka hal itu bisa langsung menjangkau kepada pembeli dan lebih mungkin untuk terjadi penjualan.

Promosi di marketplace jauh lebih tertarget pada audience yang potensial dan bisa meningkatkan konversi penjualan yang lebih tinggi.

7. Tidak Perlu Maintance

Selain itu, keuntungan lain yang akan kamu dapatkan jika kamu jualan di marketplace tidak perlu melakukan maintance. Seperti yang dikatakan sebelumnya, marketplace punya tim teknis sendiri yang dapat melakukan maintance sendiri pada server mereka.

Selain 7 hal ini, masih ada banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan jika berjualan di marketplace. Cari tahu informasi kaya gini secara lengkap di ebisnis.co.id, situs informasi bisnis digital dan ide kreatif bisnis rumahan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image