Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Supadilah

Warga Semanan Senang Banget, GEREGET Hadirkan Taman Bermain dan Lapangan Bulu Tangkis

Lomba | Sunday, 20 Feb 2022, 18:00 WIB

Gotong royong merupakan kearifan lokal bangsa Indonesia yang menjadi kekuatan kita. Dengan gotong royong, pekerjaan menjadi semakin ringan dan mudah serta bisa menyelesaikan masalah.

Gotong royong bisa juga menumbuhkan solidaritas dan mempererat persatuan antar sesama. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan gotong royong.

Misalnya dalam sebuah lingkungan masyarakat. Ada kalanya masyarakat tidak bisa memiliki fasilitas yang dibutuhkan misalnya taman bermain. Pengadaan taman bermain ini biayanya tidak sedikit. Bisa puluhan juta bahkan ratusan juta biayanya.

Kadang masyarakat tidak punya biaya. Apalagi saat pandemi seperti sekarang ini, ekonomi masyarakat turun. Jangankan untuk hal lain, masyarakat lebih mementingkan untuk kebutuhan pokok.

Pengadaan taman bermain dan lapangan bulu tangkis, Kel. Semanan, Kalideres, Jakarta Barat yang disokong oleh Yayasan Erick Thohir jelas saja menjadi angin segar bagi warga.

Lapangan bulu tangkis hasil kerja bareng GEREGET dan Yayasan Erick Thohir (Sumber foto: tangkapan layar IG bergerakserentak.id)

Dalam peresmiannya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir juga datang. Dihadapan ratusan warga Semanan, orang nomor satu di lembaga BUMN ini menyatakan sudah sejak lama beliau ingin berbuat sesuatu yang bisa dirasakan manfaatnya untuk warga.

"Saat Covid datang kemarin, saya ingin berbuat apa yang bisa saya lakukan secara pribadi diri. Jadi, perjuangannya kakak-akak ini bantu saya masih panjang. Sekedar menjaga api-api kecil, yang saya harap bapak ibu jaga," kata Pak Menteri Erick Tohir.

Menteri BUMN Erick Thohir dalam peresmian taman bermain dan lapangan bulu tangkis (Sumber foto: tangkapan layar IG bergerakserentak.id)

Saat itu Erick Thohir melakukan peresmian taman bermain dan lapangan bulu tangkis di RW 01 Kelurahan Semanan, Jakarta Barat. Warga pun senang bukan kepalang. Mereka punya taman bermain untuk anak-anak di tempat mereka. Anak-anak punya alternatif bermain yang bisa memberikan kebahagiaan bagi mereka.

Taman bermain untuk anak-anak di RW 01 kelurahan Semanan (Sumber foto: tangkapan layar IG bergerakserentak.id)

Hal ini sangat penting. Sebab selama pandemi ini mereka dianjurkan mengurangi mobilitas, jadi jarang bepergian. Jarang pula atau malah tidak bisa ke tempat-tempat wisata. Tentu saja mereka berpotensi jenuh di rumah saja. Dengan hadirnya taman bermain, mereka pun bisa memanfaatkannya untuk bermain. Mereka juga bisa bertemu dengan teman-teman lainnya.

"Terima kasih, Pak Erick." Seru anak-anak kegirangan mendapatkan taman bermain itu.

Bersosialisasi dan menjalin solidaritas sangat baik untuk anak-anak. Agar mereka mendapatkan pengalaman yang semakin luas pula. Wah, senangnya!

Tak hanya anak-anak saja yang bahagia. Orang dewasa pun bahagia juga. Saat ini telah ada lapangan bulu tangkis yang bisa memfasilitasi aktivitas olahraga warga. Warga bisa memanfaatkannya untuk olahraga, cari keringat, dan supaya sehat.

Lapangan bulu tangkis ini selalu ramai digunakan warga. Biasanya sore hingga malam. jam-jam olahraga, lah. Meskipun ramai, warga tetap menerapkan protokol kesehatan. Kadang pagi juga dipakai terutama anak-anak. Mereka juga tertarik main bulu tangkis. Sementara itu, kalau akhir pekan sedari pagi sudah ramai oleh orang dewasa yang berolahraga. Jadi warga tidak perlu susah payah mencari tempat olahraga karena di tempatnya sudah ada.

Aktivitas olahraga ini sangat penting. Kita harus banyak bergerak agar terus sehat dan bugar. Ada yang bermain, ada yang menonton. Sambil menonton itulah warga bisa bersilaturahim. Saling mengobrol, bertegur sapa, dan mempererat kekeluargaan antar warga. Jadi banyak sekali manfaat adanya sarana olahraga.

Begitulah hebatnya kekuatan gotong royong. Banyak manfaat bagi perorangan maupun bersama-sama. Dengan guyub rukun kita bisa menyelesaikanberagam masalah yang terjadi di masyarakat. Pandemi akibat Covid-19 memang berat. Tapi, dengan bergotong royong, akan lebih ringan kita hadapi.

Menteri BUMN Erick Thohir berfoto bersama warga dalam peresmian taman bermain dan lapangan bulu tangkis (Sumber foto: tangkapan layar IG bergerakserentak.id)

Gotong royong merupakan nilai luhur yang dimiliki bangsa Indonesia. Meskipun zaman semakin maju, jangan sampai gotong royong ini tergerus apalagi hilang. Kearifan budaya itu harus terus dipertahankan. Bahkan nanti kita wariskan untuk generasi mendatang.

GEREGET Yang Kece Banget

Yayasan Erick Thohir menginisiasi gerakan gereget. Gereget adalah Gerakan Gesit Bangun Negeri. GEREGET mengajak kita untuk #BangkitSamaSama mengahadapi kondisi yang terjadi saat ini.

GEREGET ini mengingatkan kita tentang pentingnya gotong royong melakukan pemulihan baik dari sisi sosial, olahraga, ekonomi, serta seluruh kegiatan warga yang sebelumnya terdampak Covid 19.

Saat ini lebih dari 850 fasilitas umum dikerjakan baik di Sumatera maupun Jakarta/Banten. Fasilitas umum tersebut ada yang berupa renovasi dan ada juga yang baru dibangun. Rinciannya 130 fasilitas umum di Jakarta, 200 di Banten, dan 520 di Sumatera.

Melalui GEREGET, kita Bangkit Sama-sama secara gotong royong dengan berbagai pihak untuk memulai kembali aktivitas dan kegiatan warga yang sebelumnya terhenti. Kita Bangkit Sama-sama untuk memperbaiki fasilitas publik dan fasilitas sosial agar bisa digunakan kembali seperit sebelum Covid 19 melanda.

Sumber:

https://gereget.id

IG bergerakserentak.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image